Beranda > Android > Cara Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store

Cara Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store

Cara Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store – Sebagai pengguna smartphone Android pasti kamu sering mendownload aplikasi ataupun game dari Google Play Store. Memang sudah sewajarnya, karena Google Play Store merupakan tempatnya download berbagai kebutuhan aplikasi untuk HP android.

Sebenarnya kamu dapat mendownload dan instal aplikasi tangpa melalui Google Playstore, seperti mencari file APK yang tersebar di internet. Namun, cara ini tidak disarankan, karena file-file yang tersebar di internet belum tentu terbebas dari malware ataupun virus. Baca: Cara Menghilangkan Malware di Andoid.

Dengan Google Play Store kamu juga dapat mengetahui berbagai informasi aplikasi yang akan kamu instal, mulai dari jumlah download, rating aplikasi , komentar, deskripsi dan lain sebagainya. Dengan begitu, Google Play Store menjadi penyedia aplikasi bagi Andoid yang begitu andal.

Di sisi lain, mungkin kamu sering mengalami kendala atau eror ketika menggunakan layanan  Google Play Store ini. Contoh yang sering terjadi yaitu Google Play Telah Berhenti atau Download yang tertunda ketika instal aplikasi di Play Store. Sehingga tidak jarang pengguna dibuat pusing dengan masalah ini.

Pada normalnya, kamu hanya perlu menunggu beberapa saat sampai progress download menunjukan hitungan dalam persen, tetapi ketika masalah ini terjadi maka download menjadi tertunda atau pending, dan alhasil instalasi atau pemasangan aplikasi tidak ada selesainya.

Cukup mengesalkan, bukan? Tidak perlu khawatir, kali ini Riswan Net menyediakan beberapa cara mengatasi download tertunda pada Google Play Store dengan mudah dan cepat. Yuk simak di bawah ini:

Penyebab Download Tertunda

Yang menjadi aneh adalah kendala ini sulit ditebak kapan datangnya. Terkadang kamu bisa mendownload dengan lancar, terkadang tidak. Meski kesannya hal ini terjadi secara acak, kamu perlu tahu bahwa ada beberapa penyebab yang memungkinkan ini terjadi.

1. Koneksi Tidak Stabil

Mendownload aplikasi dari Google Play Store tentu saja memerlukan internet. Apabila internet kamu lancar, kemungkinan proses download pun akan berjalan mulus.

Karena itu, kalau kendala “download tertunda” terjadi sama kamu, mungkin perlu diperiksa kembali apakah perangkat Android kamu terhubung dengan internet yang kuat.

Periksa apakah kamu terhubung dengan WiFi yang benar, apakah kamu masih memiliki kuota, dan apakah batas pemakaian FUP (Fair Usage Policy) sudah habis. Kamu juga bisa mengecek kondisi internet kamu dengan coba browsing. Kalau saat browsing lancar tapi kamu masih mengalami kendala “download tertunda”, mungkin kamu perlu pertimbangkan alasan lain.

Baca Juga:  Tips Mengambil Foto yang Bagus dengan Kamera HP

2.  Sedang Mendownload Aplikasi Lain

Saat mendownload aplikasi di Google Play Store, kamu bisa menekan tombol Install pada aplikasi sebanyak apapun. Namun, perlu diingat proses mendownload tetap akan dilakukan satu per satu.

Jadi, kalau kamu bingung mengapa tulisan “download tertunda” tidak hilang-hilang, periksalah apakah ada proses download lain yang belum selesai.

3. Playstore Sedang Update Aplikasi Lain

Sama dengan poin kedua, download di playstore tertunda karena adanya aktivitas download lain yang sedang berjalan di Playstore, contoh yang umum terjadi yaitu Playstore sedang melakukan update aplikasi. Sehingga kamu perlu menunggu hingga update selesai.

4. Memori Internal Tidak Cukup

Aplikasi yang didownload tentu akan memakan ruang memori perangkan Andoid kamu, ketika ruang memro telah habis, maka playstore tidak akan dapat mendownload aplikasi baru. Sehingga download menjadi tertunda. Untuk mengatasinya kamu dapat menghapus beberapa file yang tidak berguna juga menghapus seluruh cache aplikasi.

Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Setelah mengetahui beberapa pengebab download menjadi tertunda, secara tidak langsung mungkin kamu sudah mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Walaupun begitu, tidak sedikit kendala “download tertunda” ini tetap terjadi meski kamu sudah memiliki internet yang stabil, ruang memori yang cukup ataupun tidak sedang download aplikasi lain.

Nah apabilas masalah masih terjadi pada Android kamu, silahkan lakukan beberapa cara simpel di bawah ini untuk mengatasi masalah download pending di Google Play Store kamu, cek selengkapnya di bawah ini:

1. Hidupkan Mode Pesawat Lalu Matikan

Meskipun kamu merasa kecepatan browsing kamu normal, belum tentu masalahnya bukan terletak pada koneksi. Terkadang ada saja gangguan yang terjadi pada koneksi tanpa kamu sadari. Agar semakin yakin, cobalah untuk melakukan reset koneksi dengan mode pesawat, ikuti cara berikut.

  • Tap mode pesawat sekali untuk mengaktifkan mode pesawat
  • Pastikan jaringan data seluler dan WiFi menjadi tidak aktif
  • Tunggu satu menit, kemudian tap sekali lagi pada menu mode pesawat untuk mematikannya
  • Jaringan seluler akan kembali menyala
  • Kemudian batalkan download yang tertunda tadi, dan download ulang

Tunggu beberapa detik hingga tulisan “download tertunda” menghilang dan berganti dengan informasi persentase download. Biasnya cara ini ampuh bilamana kamu memang sedang tidak download apps lain ataupun memori cukup.

Baca Juga:  8 Cara Menghilangkan Tanda R di Sinyal HP Samsung

2. Lakukan Clear Cache

Aplikasi yang pernah kamu buka di perangkat Android akan menyimpan file sementara atau biasa disebut temporary files. File ini tersimpan pada cache aplikasi itu sendiri. File sementara ini berguna agar kamu bisa membuka aplikasi dengan lebih cepat, karena data aplikasi sudah tersimpan dan cepat dimuat.

Namun, terkadang cache juga mengandung data leftover atau “sisa” dari download-download yang pernah kamu lakukan. Hal ini bisa berpengaruh pada proses download selanjutnya, karena itu sebaiknya kamu lakukan clear cache dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Buka menu Setting pada perangkat Android kamu.
  • Pilih menu Storage atau Penyimpanan
  • Pilih menu Other Apps
  • Akan ada tampilan daftar aplikasi yang terinstal di perangkatmu. Carilah dan pilih tulisan “Google Play Services” pada daftar.
  • Pilih menu Clear Cache, informasi ukuran Cache yang tertera akan berubah menjadi 0 B.
  • Hilangkan aplikasi Google Play Store dari daftar aplikasi yang berjalan di latar belakang (running background), buka kembali Google Play Store dan coba download kembali.

Mudah-mudahan metode penghapusan cache ini bisa mengatasi masalah “download tertunda” pada Google Play Store. Jika belum berhasil, jangan kuatir! Masih ada cara lain yang bisa kamu coba.

3. Restart Perangkat Android

Jika sudah melakukan cara-cara tadi namun berhasil juga, saatnya melakukan solusi yang terbilang ampuh mengatasi berbagai masalah: dengan melakukan restart.

Hampir semua perangkat (PC ataupun Android) akan memiliki berbagai macam aplikasi yang berjalan di latar belakang. Hal ini kemudian memberikan efek kepada perangkat yang dapat menjadikannya lemot, tidak responsif, atau bermasalah.

Saat di-restart, perangkat seolah menyala kembali dengan keadaan yang masih “fresh”. Caranya pun cukup mudah, kamu tinggal perlu menekan tombol power yang lama sampai muncul pilihan untuk restart.

Kesimpulan

Download aplikasi tertunda di playstore dapat disebabkan beberapa hal, dan hal yang paling umum karena koneksi internet mati atau tidak stabil serta adanya aktivitas download aplikasi lain di Playstore, sehingga kamu perlu menunggunya hingga selesai.

Adapum Untuk mengatasi download yang tertunda tersebut, kamu dapat memastikan koneksi internet lancar, turn on lalu turn off mode pesawat, kemudian clear cache HP kamu dan terakhir merestart perangkat Android kamu. Karena ini bukanlah masalah yang terlalu serius, kamu tidak perlu melakukan reset pabrik.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi kendala  “download tertunda” di Google Play Store. Untuk dapatkan konten dan artikel seputar gadget dan tekno lainnya kamu dapat mengunjungi https://kangmasian.com/.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar