Beranda > Kesehatan > Cara Tepat Atasi Radang Tenggorokan saat Hamil

Cara Tepat Atasi Radang Tenggorokan saat Hamil

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan – Kehamilan menyebabkan banyak perubahan pada tubuh wanita. Salah satu yang paling terasa adalah penurunan sistem kekebalan tubuh, yang bikin penyakit lebih mudah terjadi. Tak heran, penyakit seperti radang tenggorokan lebih mudah terjadi pada ibu hamil.

Berdasarkan penuturan dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, radang tenggorokan bisa disebabkan oleh banyak hal. Termasuk, infeksi bakteri, virus, alergi, dan lainnya.

“Penyakit ini ditandai dengan munculnya keluhan sakit saat menelan, batuk, pilek, bersin, kadang disertai demam, suara serak atau hilang, nyeri pada telinga, serta masalah THT lainnya,” dr. Theresia menjelaskan.

Mengatasi radang tenggorokan saat hamil

Ibu hamil tidak boleh sembarang minum obat, karena beberapa jenis obat seperti teratogenik dapat menyebabkan bahaya bagi janin di dalam kandungan. Lantas, bagaimana cara mengatasi radang tenggorokan yang terjadi pada ibu hamil? Caranya mudah, yaitu:

  • Minum air lemon yang dicampur madu
    Peras satu buah lemon dan campurkan dengan madu secukupnya. Kombinasi kedua bahan ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga proses penyembuhan radang tenggorokan juga bisa lebih optimal.
  • Perbanyak air putih
    Air putih bikin tubuh ibu hamil terhidrasi dengan baik. Hal ini bertujuan agar rasa gatal dan kering di tenggorokan tak lagi terjadi, sehingga ibu hamil dapat mengonsumsi makanan sehat yang dapat menunjang kekebalan tubuhnya untuk melawan penyakit.
  • Cukup tidur
    Tidur adalah cara terbaik untuk mengistirahatkan tubuh supaya bisa memperbaiki diri dengan optimal. Oleh karena itu, pastikan Anda tidur malam selama 8–9 jam setiap hari. Hindari begadang sebisa mungkin.
  • Perbanyak sayur dan buah
    Sayur dan buah memiliki kandungan gizi, yang beberapa di antaranya dapat berfungsi sebagai antioksidan. Apabila tubuh mendapatkan pasokan antioksidan yang memadai, maka virus yang umumnya menjadi penyebab radang tenggorokan bisa segera dimusnahkan.
  • Konsumsi sup hangat
    Sup yang kuahnya terbuat dari kaldu ayam terbukti dapat membantu proses penyembuhan radang tenggorokan. Namun, supaya manfaatnya optimal, pastikan sup yang Anda konsumsi berkuah hangat alias tidak terlalu panas.
Baca Juga:  Inilah 4 Kebiasaan yang Bisa Memicu Vertigo, Wajib Dihindari

Nah kurang lebih demikianlah Cara Mengatasi Radang Tenggorokan ketika Hamil, Tips di atas memang sangat mudah untuk dipraktekkan ketika Anda mengalami radang tenggorokan. Apalagi bahan-bahan yang mudah ditemukan seperti lemon, madu, buah-buahan atau sup. Baca Juga: Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan.

Jika cara-cara di atas masih belum mampu mengatasi radang tenggorokan yang terjadi saat hamil, jangan sungkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Takutnya, radang tenggorokan yang Anda alami disebabkan oleh suatu keadaan yang butuh perlakukan ‘khusus’.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar