Beranda > WhatsApp > Cara Menggunakan WhatsApp Business dengan Mudah

Cara Menggunakan WhatsApp Business dengan Mudah

WhatsApp Business sudah diluncurkan sejak tahun 2017 lalu. Aplikasi ini memang berbeda dari WhatsApp yang biasa. Ini karena aplikasi tersebut memang dirancang untuk kebutuhan perusahaan. Jadi, ideal untuk kamu yang ingin menggunakannya dalam mengelola bisnis kamu. Selain itu, cara menggunakan WhatsApp Business juga mudah.

Mengapa Pilih WhatsApp Business?

Tentu saja karena fitur-fitur yang ada di dalamnya. WhatsApp Business memiliki beragam fitur yang bisa membantu kamu agar lebih mudah dalam berkomunikasi dengan pelanggan kamu. Komunikasi tersebut juga bisa kamu lakukan dengan lebih cepat dan mudah.

Sementara, fitur yang terdapat di dalam WhatsApp Business di antaranya yakni sortir pesan, otomatisasi pesan, serta respon cepat untuk menjawab pesan. Selanjutnya, hal yang penting untuk diketahui adalah cara menggunakan WhatsApp tersebut.

Cara Mudah Menggunakan WhatsApp Business

Tidak sulit bagimu jika kamu ingin menggunakan aplikasi WhatsApp untuk bisnis ini. Pertama, kamu bisa mengunduh WhatsApp Business pada store aplikasi tergantung sistem operasi yang kamu gunakan. Jika sudah terunduh, kamu bisa membuka aplikasinya.

Lalu, kamu klik tombol “Agree and Continue” yang di dalamnya memuat persyaratan untuk menggunakan aplikasi WhatsApp Business tersebut. Kemudian, masukkan nomor seluler yang mau kamu daftarkan. Jika sudah, secara otomatis sistemnya akan mengirimkan dan mendeteksi kode verifikasi yang dikirimkan lewat pesan singkat atau SMS.

Lalu, kamu bisa mulai mengedit informasi kontakmu sendiri. Tuliskan nama bisnis atau usahamu, kemudian pilih foto profil yang mau kamu gunakan. Penting untuk diingat bahwa kamu tidak dapat mengubah nama bisnis kamu tersebut di kemudian hari. Jadi, pastikan memasukkan nama yang tepat. Jika sudah sampai di tahap ini, kamu bisa mulai menggunakan WhatsApp Business.

Baca Juga:  Ukuran Story Whatsapp Sesuai Standar Whatsapp

Cara Mengubah Informasi Tentang Bisnis

Setelah masuk ke aplikasi dan mengatur tentang informasi kontakmu, kamu sekarang bisa mulai mengganti-ganti pengaturan WhatsApp Business kamu. Untuk mengubah keterangan tentang bisnis kamu, caranya yaitu masuk ke menu Settings > Business Settings.

Kalau sudah, kamu akan diberi pilihan untuk mencantumkan kategori bisnis, deskripsi, alamat serta jam operasional bisnis. Selain itu, ada fitur lainnya seperti quick reply atau balas cepat. Ini adalah fitur yang menggunakan kata kunci sesuai dengan yang sudah kamu atur.

Cara Kerja Fitur Balas Cepat WhatsApp Business

Kamu bisa mengaktifkan fitur ini di menu pengaturan juga. Caranya, buka menu Settings > Business Settings > Quick Replies. Aplikasi WhatsApp ini sendiri sudah memiliki satu jawaban cepat default, yakni “Thanks.”

Apabila kamu ingin menambahkan jawaban cepat lebih dari itu, caranya juga mudah. Pilih menu Quick Replies, kemudian pilih Add Quick Reply, lalu tulis satu kata kunci misalnya “pesan”, lalu Save. Nanti, saat pelanggan kamu mengirimkan pesan chat yang memuat kata kunci “pesan”, maka secara otomatis sistem akan menjawabnya dengan kalimat yang telah kamu atur.

Jika kamu ingin menggunakan service WhatsApp Business yang memiliki fitur lebih lengkap lagi, bahkan bisa untuk mengirimkan pesan blast dan kamu bisa memantau report real time dari aktivitas pesanmu, gunakan produk WhatsApp Business Kokatto.

Sebagai Pioneer of Automated Voice Notification di Indonesia, Kokatto sudah berpengalaman di bidangnya. Kokatto menyediakan produk-produk yang akan melengkapi bisnismu untuk bisa berkomunikasi lebih baik dengan pelanggan kamu. Kokatto siap membantu kamu mengembangkan bisnis.

Untuk berkomunikasi lebih lanjut atau bertanya informasi mengenai produk-produk Kokatto, hubungi kami melalui email, telepon atau kamu bisa langsung kunjungi laman Kokatto.

Baca Juga:  Begini Cara Buka WhatsApp di Komputer atau laptop

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar