Beranda > Blog > Bisnis > Cek Haki Merek Agar Tidak Melanggar Hak Orang

Cek Haki Merek Agar Tidak Melanggar Hak Orang

Cek Haki Merek Agar Tidak Melanggar Hak Orang merupakan proses awal sebuah bisnis, banyak yang tidak memikirkan merek nama produk atau logo perusahaan. Awal mereka mencari tempat di pasar dan mengembangkan basis klien. Tetapi dengan perkembangan bisnis, merek juga berkembang uang dan energi diinvestasikan dalam promosi sehingga perusahaan dan produk dikenali.

Tetapi bahkan pada tahap pengembangan cek haki merek, baiknya memeriksa apakah itu akan jatuh di bawah pengaruh merek dagang orang lain. Anda tidak dapat menggunakan merek dagang orang lain pada produk anda.

Sebelum mulai aktif menggunakan dan mempromosikan suatu merek, pastikan tidak melanggar hak orang lain. Peraturan melarang penggunaan nama yang bertepatan dengan merek dagang yang sudah terdaftar.

Untuk penggunaan ilegal merek dagang orang lain, tanggung jawab administratif, perdata dan bahkan pidana terancam. Berikut batas maksimal yaitu denda administrasi sebesar lima kali nilai barang palsu dan penyitaannya, tanggung jawab perdata kompensasi hingga beberapa juta atau dalam jumlah dua kali lipat dari biaya barang palsu, pertanggungjawaban pidana penjara hingga enam tahun dengan denda bernominal besar.

Merek dagang terdaftar di negara lain. Jika Anda tidak berencana melakukan bisnis di luar negeri, periksa hanya merek dagang sebelumnya. Merek dagang hanya dilindungi di negara tempat merek tersebut terdaftar. Merek dagang untuk barang atau jasa yang sama sekali tidak terkait dengan bisnis Anda. Jika Anda menemukan merek dagang yang sama persis dengan nama merek Anda tetapi terdaftar untuk menjual produkberbeda maka tidak ada ancaman.

Merek dagang yang terdaftar lebih dari sepuluh tahun yang lalu dan belum diperpanjang. Merek dagang harus diperbarui setiap sepuluh tahun, setelah itu perlindungan hukumnya dihentikan.

Bagaimana Cara Memverifikasi Merek Dagang Sendiri?

Semua merek dagang yang terdaftar di negara terkandung dalam basis data yang pencariannya dibayar. Tetapi beberapa layanan mengumpulkan informasi dan memberikan akses gratis ke sana. Pencarian ini membutuhkan lebih banyak waktu, tetapi Anda tidak akan melewatkan nama yang mirip. Anda melakukan pencarian menyeluruh dan menemukan banyak dokumen. Mari kita cari tahu cara menganalisisnya.

Buat pilihan merek dagang yang identik dan serupa. Kecualikan dari pilihan tanda-tanda yang telah kedaluwarsa. Kecualikan dari contoh merek dagang yang tidak secara jelas bersinggungan dengan bisnis Anda.
Dokumen-dokumen yang tersisa dalam sampel perlu dianalisis secara lebih rinci. Jika nama dan bidang kegiatan Anda benar-benar sesuai dengan merek dagang yang sudah terdaftar, Anda harus membuat nama yang berbeda.

Tetapi ada juga situasi atau kondisi normal seperti merek serupa untuk barang dan jasa serupa. Anda memproduksi kosmetik dan merek dagang orang lain terdaftar dengan salon kecantikan, maka pembeli menilai bahwa semua ini adalah produk dari satu perusahaan karena banyak perusahaan memproduksi banyak produk barang. Karena itu, pembeli mengenali produknya sebagai produk yang sama dan Anda menggunakan merek dagang orang lain secara ilegal.

Melakukan Cek Merek produk anda adalah loyalitas dapat diperoleh dengan cepat. Keberhasilan bisnis Anda sangat bergantung pada nilai-nilai yang Anda berikan kepada pelanggan Anda. Namun, keyakinan saja tidak menjamin bisnis yang berkelanjutan sehingga anda perlu untuk menyediakan produk atau layanan nyata yang menyertai nilai-nilai ini. Perusahaan berkembang ketika produk anda berkualitas dan pelanggan anda loyal terhadap produk tersebut.

Tinggalkan komentar