Beranda > Komputer > Jenis-Jenis Komputer Serta Penjelasannya

Jenis-Jenis Komputer Serta Penjelasannya

Jenis-Jenis Komputer, Saat ini ada banyak jenis komputer yang beredar, komputer merupakan hasil dari kemajuan dari teknologi modern, komputer sangat berperan pentingang dalam masjunya teknologi saat ini. Tidak terbayang apabila tidak ada komputer, karena saat ini setiap pekerjaan hampir melibatkan komputer.

Baca Juga: Pengertian IP Address, Fungsi, Jenis & Pengertian IP Address

Sampai hari ini Teknologi terus mengalami perkembangan, seperti teknologi terbarukan blockchain, teknologi Artificial intelegence dan masih banyak lagi.

Di balik arti semua itu terdapat jenis komputer yang beragam, dasarnya istilah komputer yaitu bagi perangkat yang tertanam mikroprosesor di dalamnya. Walaupun faktanya Kebanyakan orang hanya tahu komputer itu seperti komputer yang ada di kantor atau di warnet, tapi ternyata komputer memiliki beragam jenis.

Jenis-Jenis Komputer

Apabila kamu kuliah di jurusan Informatika atau ilmu komputer kamu akan tahu secara detail sejarah serta jenis-jenis komputer. Komputer dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yang diklasifikasikan berdasarkan beberapa hal, seperti berdasrkan penggunaan, berdasarkan operasional atau berdasarkan Data Pengolahan pada komputer tersebut.

Jenis-Jenis Komputer Menurut Penggunaan

Berikut ini jenis-jenis komputer yang umum kita temui, komputer ini diklasifikasikan berdasarkan kegunaan dan spesifikasi perangkat.

1. Personal Computer (PC)

PC (Personal Computer) atau komputer pribadi menunjukkan bahwa komputer tersebut didesain untuk digunakan oleh satu orang. PC terdiri dari CPU, Monitor, mouse, keyboard dan perangkat tambahan lainnya. PC digunakan untuk penggunaan disatu tempat, tidak portabel. PC biasnaya diidentikkan hanya dengan OS Windows, padahal komputer dengan OS MAC juga merupakan PC.

2. Desknote

Desknote merupakan komputer yang memiliki ukuran lebih kecil dari PC, lebih mirip dengan laptop tapi tidak dilengkapi baterai. Daya listrik langsung dari colokan terminal. Desknote juga sering dibnilang dengan komputer portabel, karena lebih mudah dibawa kemana-mana.

3. Laptop

Laptop atau juga sering disebut dengan istilah notebook merupakan komputer generasi terbaru. Laptop adalah komputer portable yang mengintegrasikan layar, keyboard, touchpad , trackball, prosesor, memori dan hard drive dalam satu paket yang dioperasikan menggunakan listrik pada baterai yang dapat direcharge.

Baca Juga:  Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus di Komputer

4. Netbook

Netbook adalah komputer ultra-portable yang lebih kecil dari laptop yang umum, bisa dibilang laptop versi mini nya. Harganya pun lebih murah dari sebagian besar laptop. Namun, komponen pada netbook kurang lengkap jika dibandingkan dengan laptop, contohnya tidak ada CD Drive.

5. All in One PC (Touchscreen PC)

All in One PC (Touchscreen PC) adalah komputer yang diintegrasikan dengan sistem, All in One PC (Touchscreen PC) lebih sering menggunakan flash memory daripada hard drive untuk penyimpanan data. Komputer ini biasanya tidak memiliki keyboard tetapi mengandalkan teknologi layar sentuh untuk proses input. Komputer jenis ini biasa kita temukan di tempat layanan umum, seperti perbankan, perpustakaan dan lainnya.

6. Server

Server adalah komputer yang telah dioptimalkan dan didesain sedemikian mungkin untuk dan memberikan layanan kepada komputer lain yang dapat diakses melalui jaringan. Server biasanya memiliki prosesor dan komepenen lain yang lebih besar.

7. Wearable computer

Wearable computer atau komputer yang bisa dikenakan/diintegrasikan pada dasarnya adalah aplikasi komputer umum seperti e-mail, database, multimedia, kalender yang diintegrasikan atau diterapkan pada perangkat lain seperti ke dalam jam tangan, ponsel, visor dan televisi.

Jenis-Jenis Komputer Menurut Operasional/Pengolahan

Jenis komputer ini didasarkan atas perbedaan operasinya atau pengolahan data yang dilakukan oleh komputer. Terdapat operasi secara Analog, digital dan hybrid.

1. Komputer Analog

Jenis Komputer ini digunakan untuk menerima sinyal analog, berfungsi melakukan pengecekan data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. Jenis Komputer ini biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan. Contoh penggunaannya melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, dan lain-lain. Komputer ini banyak digunakan pada kegiatan ilmiah.

Baca Juga:  Cara Mengetahui IP Address Sendiri Dengan Mudah

2. Komputer Digital

Jenis komputer ini merupakan komputer kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.

3. Komputer Hybrid

Jenis komputer ini adalah penggabungan dari analog dan digital yang memiliki tugas melakukan pengendalian proses dengan konversi sinyal analog ke digital maupun sebaliknya.

Jenis-Jenis Komputer Menurut Perangkat

Saat ini terdapat komputer dengan perangkay yang handal dan super extra, seperti supercomputer dan mainframe. Adapaun komputer yang kita gunakan sehari-hari adalah Mikrokomputer.

1. Mainframe

Mainframe adalah jenis komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar. Mainframe biasnaya digunakan oleh Pemerintah, Perusahaan atau Organisasi Besar, mainframe digunakan untuk aplikasi yang sangat kritis seperti pengolahan data seperti sensus, riset penelitian, keperluan militer atau transaksi finansial. Mainframe dapat melayani ribuan user pada saat yang bersamaan serta memiliki kapasitas untuk melayani beberapa sistem operasi.

2. Mikrokomputer

Komputer ini khususnya digunakan untuk single user,contohnya desktop atau komputer pribadi (personal computer), laptop, desknote atau netbook. Komputer ini sudah dirancang sedemikian rupa agar mampu berinteraksi dengan penggunanya.

3. Supercomputer

Sesuai dengan namanya Supercomputer adalah komputer yang super, Jenis komputer ini biasanya berharga ratusan ribu atau bahkan jutaan dolar. Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim, analisikrip, dan lain-lain. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer. (SupercomputerWikipedia)

Baca Juga: Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus di Komputer

Sebenarnya masih banyak jenis dan macam komputer dari yang saya jelaskan di atas bila dipandang atau diklasifikasikan dari sisi lain, tapi itulah jenis komputer yang umum dan mungkin perlu kamu ketahui. Setelah membaca artikel ini semoga kamu jadi tahu jenis-jenis komputer.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar