Beranda > Blogger > Kelebihan dan Kekurangan Blog Gado-Gado

Kelebihan dan Kekurangan Blog Gado-Gado

Sebelum membangun blog, setiap orang pastinya akan menentukan topik blog telebih dahulu, dan blog apa yang akan mereka bangun. Membangun blog dengan topik campur (biasa disebut blog gado-gado) atau blog dengan fokus pada satu topik pembahasan.

Lalu apa yang dimaksud dengan blog niche dan gado-gado? Niche merupakan farse kata untuk topik atau subjek bahasan tertentu yang terpusat / terfokus dan diminati oleh kalangan tertentu. Jadi Niche blog merupakan blog yang terfokus pada satu topik bahasan, seperti blog khusus tentang gadget atau khusus tentang kesehatan dan sebagainya.

Sedangkan blog gado-gado merupakan blog yang tidak terfokus pada satu bahasan topik tertentu, yang artinya blog gado-gado mempunyai banyak topik bahasan. seperti blog yang membahas topik kesehatan, digital, komputer, bisnis dan lainya pada satu blog.

Lalu jenis mana yang lebih bagus? jawabannya relatif. karena setiap pilihan itu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Apapun jenis niche blog anda akan tetap bagus apabila anda bisa mengoptimalkan blog dengan baik.

Oleh karena itu, di sini saya akan membahas Kelebihan dan Kekurangan Blog Gado-Gado. Jadi dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan, kita bisa membuat strategi untuk mengoptimalkan blog kita.

Kelebihan Blog Gado-Gado

Berikut ini kelebihan dari blog campuran atau blog gado-gado menurut pengalaman saya:

1. Banyak Topik Bahasan

Salah satu kelebihan yang paling menonjol yaitu kita bisa mempost artikel dengan topik yang tiak terbatas, jadi kamu tidak harus takut kehabisan bahasan atau membuat artikel di luar topik. Karena blog gado-gado tidak mempunyai batasan topik bahsan. Topik apapun bisa dimasukan.

2. Cakupan Pembaca Lebih Luas

Konten blog gado-gado yang berisi banyak topik bahsan, memungkinkan pengunjung blog datang dari barbagai kalangan. Contoh apabila blog anda membahas seputar bisnis, kuliner, kesehatan dan pendidikan. Maka pengunjung blog anda tidak hanya orang-orang yang memerlukan artikel seputar bisnis saja, tetapi orang kuliner pun akanmengunjungi blog anda.

3. Konten Blog Gado-Gado Mudah Dibuat

Kelebihan menonjol lainnya yang dimiliki blog gado-gado berkaitan dengan isi konten. Blog gado-gado kontennya mudah dibuat karena mempunyai banyak opsi topik.  Banyaknya pilihan ini membuat blog gado-gado bisa memiliki berbagai macam artikel. Jadi kamu tidak usah bingung mau buat konten apa lagi?

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Widget Recent Post Simpel di Blog

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Blog Niche

4. Update Artikel Bisa Lebih Sering

Sudah bukan rahasia lagi, jika ingin membuat blog menjadi besar maka update artikel secara rutin adalah keharusan.  Dengan banyaknya opsi topik yang tersedia di blog gado-gado, maka update artikel bias dilakukan lebih sering. Hal ini tentunya menjadi kelebihan tersendiri untuk blog gado-gado.

Kekurangan Yang Dimiliki Blog Gado-Gado

Selain kelebihan, blog gado-gado atau blog campuran pasti memiliki kekurangan atau kelemahan. Berikut ini beberapa kelemahan dan kekurangan blog gado-gado dari pengalaman saya selama nge-blog.

1. Blog Gado-Gado Susah Memiliki Identitas

Kekuatan utama pada blog gado-gado adalah konten. Jadi konten anda haruslah informatif, berguna, dan berkualitas. Jika diolah secara setengah-setengah dan konten kurang berkualitas bagi pembaca, maka bisa dipastikan blog gado-gado anda akan mudah dilupakan karena tidak memiliki identitas yang jelas.

Ini merupakan salah satu kekurangan untuk blog gado-gado. Oleh karena apabila anda belum bisa konsisten mengelola blog gado-gado sendirian, sebaiknya blog jenis ini dikelola secara tim.

2. Visitor blog tidak loyal

Kekurangan lainnya dari blog gado-gado yaitu visitor biasanya tidak loyal. Biasanya visitor masuk hanya untuk mencari informasi yang dibutuhkan saja, setelah itu langsung pergi. Mereka bahkan bisa saja tidak mengingat nama blog tersebut.

3. Dampat Terhadap SEO

Pada dasarnya, prinsip google untuk menentukan peringkat dari hasil pencarian juga berdasarkan niche dari blog kita. Blog yang membahas satu topik bahasan, Google akan menganggap artikel dari website tersebut lebih kompeten dan kredibel.

4. Dampak Terhadap Penghasilan dari Iklan

Seperti yang saya sampaikan diatas, blog gado-gado dapat mendapatkan lebih banyak visitor daripada blog 1 topik. Terus kenapa penghasilan dari ads maupun affiliate jadi berkurang? jawabannya sederhana. Ada website gado-gado dengan pengunjung 10.000 setiap hari, Dengan niche kesehatan, bisnis, digital, dan lain lain.

Baca Juga:  Dampak dari Copy Paste Artikel bagi Blog dan Blogger

Dan website 1 topik dengan jumlah visitor 5.000 dalam 1 hari, Dengan topik bahasan hanya mengenai bisnis onlie, kemudian, website mana yang akan mendapat penghasilan lebih banyak dari iklan maupun affiliates?

Penghasilan dari Iklan :
Pada website gado-gado, ketika seorang pecinta kuliner membaca suatu artikel (anggap saja membaca artikel kuliner) kemudian iklan yang muncul adalah iklan dengan jenis bisnis online. apakah orang tersebut akan tertarik untuk meng-klik iklan tersebut? Secara logika, kemungkinan mengklik iklan ada saja, tapi pastinya kemungkinan tersebut lebih kecil dari kebalikannya. Besar kemungkinan orang tersebut akan membiarkan iklan tersebut. Pengunjung akan lebih memilih untuk meng-klik iklan yang sesuai dengan topik yang dibacanya. Oleh karenanya, hal ini sangat mempengaruhi penghasilan dari iklan.

Penghasilan dari affiliate :
Jika Anda memiliki sebuah produk (Misal saja produk kecantikan) dan hendak memasang iklan tersebut di suatu blog, Apakah Anda akan memilih blog yang membahas tentang otomotif, traveling, dan kecantikan untuk memasang iklan tersebut? Atau anda akan mencari blog niche yang membahas tentang kecantikan saja?

Tentunya anda akan memilih blog khusus kesehatan untuk memasang iklan anda. Kenapa? karena target iklan anda akan terpenuhi apabila menyuguhkan iklan pada orang yang tepat. Dan terbukti blog gado-gado mempengaruhi penghasilan dari sistem affiliasi.

Kesimpulan

Apapun jenis blog anda, blog niche atau blog gado-gado, yang terpenting adalah konten blog anda. Semakin berkualitas, semakin bermanfaat konten blog anda maka dijamin orang-orangpun akan banyak berkunjung ke blog anda. Tapi dengan mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Blog Gado-Gado anda bisa mengoptimalkan blog anda sebaik mungkin, mana yang anda butuhkan, mana yang harus dimaksimalkan dan lainnya.

Baca juga: Cara Melaporkan Pencurian Artikel ke Google DMCA

Demikianlah Kelebihan dan Kekurangan Blog Gado-Gado menurut pandangan saya dan pengalaman saya. Tentunya setiap orang mempunya pandangan tersendiri, silahkan komentar pendapat kamu. Semoga bisa memberi inspirasi kepada Anda, Terima Kasih.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

12 pemikiran pada “Kelebihan dan Kekurangan Blog Gado-Gado”

  1. Mau nanya gan, blog ane kan membahas tentang teknologi, tetapi dalam cakupan lebih luas, ada konten tentang tutorial komputer, android, internet. Nah itu masih tergolong blog berniche atau gado2?

    Balas
  2. Kalau dilihat secara konten, itu termasuk blog gado-gado. Karena tidak berfokus pada satu topik bahasan. Tapi Google tidak akan susah menentukan keyword buat blog agan, karena bahasan masih dalam satu tema yang sama. Komputer, android, internet.. topik seperti itu berhubungan satu sama lain..

    Balas
  3. Itu lebih membahas ke tempat" sama kuliner yaa,,, klo secara general itu masuknya blog gado".. Tapi klo kedepannya terus di fokuskan pada 2 bahasan itu bisa disebut blog niche, karena bahasan tempat" sama kuliner masih ada ada keterikatan…

    Balas

Tinggalkan komentar