Beranda > Perbankan > Ketahui Tugas Relationship Officer, Tugas, dan Persyaratannya

Ketahui Tugas Relationship Officer, Tugas, dan Persyaratannya

Tugas Relationship Officer – Bagi Anda yang tertarik dengan dunia perbankan, tentu saja tidak asing lagi dengan istilah profesi RO atau Relationship Officer. Nah, pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki goals lain dalam melakukan pekerjaan. Ya, menjadi RO artinya, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan seperti menambah networking.

Nah, tentu saja jika Anda tertarik dengan profesi ini, harus mengetahui terlebih dahulu terkait Relationship Officer ini. Yuk, bahas bersama di bawah!

Apa Itu Relationship Officer?

Secara harfiah, relationship memiliki ari hubungan, pertalian, dan perhubungan. Sedangkan officer dapat diartikan sebagai perwira, opsir, ataupun petugas. Jadi, bisa dikatakan jika RO memiliki job desk yakni menjaga hubungan atau relasi, baik intra maupun inter-perusahaan. Jadi, pekerjaan ini cocok untuk Anda yang memiliki kemampuan berinteraksi dan komunikasi yang bagus.

Secara lebih sederhana, pekerjaan dari RO adalah mencari calon debitur. Kemudian, memprosesnya menjadi debitur yang mana Anda bernaung. Dengan banyaknya bank yang kian hari semakin banyak, maka persaingan yang terjadi juga semakin ketat. Sehingga, bank perlu menjemput bola agar semakin banyak calon debitur yang mengajukan pinjaman. Hal inilah yang menjadi tugas utama dari relationship officer.

Salah satu bank terbesar di Indonesia, yakni BCA, juga membutuhkan profesional sebagai Relationship Officer. Nah, setelah mengetahui tugas RO secara umum, maka Anda juga harus tahu bagaimana mekanisme dan tugas Relationship Officer BCA jika bank tersebut menjadi impian tempat Anda bekerja.

Relationship Officer BCA

Relationship Officer BCA merupakan wujud dari enhance relationship dengan para nasabah. RO mempunyai peran yang sangat penting terutama dalam bidang sales dan marketing sehingga bisa memberi solusi perbankan dengan cara menjaga hubungan yang baik dengan para nasabah. Selain itu, bertujuan untuk menggali potensi saling menguntungkan untuk dua belah pihak.

Baca Juga:  Pengalaman Kirim Uang ke Pakistan Mudah dan Praktis

Tugas Relationship Officer BCA

Beberapa tugas yang harus dilakukan oleh Relationship Officer BCA meliputi :

  1. Memberi layanan secara total dan juga solusi untuk para nasabah
  2. Mengembangkan hubungan antara bank BCA dengan nasabah
  3. Melakukan koordinasi dengan unit kerja dan lainnya.

Ada banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh profesional yang menjalankan tugas sebagai Relationship Officer di BCA. Diantaranya :

  1. Mendapatkan relasi yang lebih luas serta menjalankan kunjungan ke nasabah.
  2. Mengetahui produk serta kondisi dan trend bisnis yang selalu up to date.
  3. Jenjang karir yang terbuka lebar jika Anda berprestasi
  4. Anda tidak perlu melakukan aktivitas door to door, sebab, database nasabah telah tersedia pada sistem BCA.
  5. Akan mendapatkan support dan reward dari Bank BCA.

Program Relationship Officer BCA

BCA selalu membutuhkan Relationship Officer yang benar-benar profesional dan mengetahui seluk beluk produk bank tersebut. Tak hanya itu saja, kemampuan dalam menjalankan tugas ini juga sangat diperlukan. Sehingga, diselenggarakan program Relationship Officer untuk membentuk profesionalitas kerja yang tinggi.

Program pelatihan ini dilakukan dengan jangka waktu satu tahun. Dimana setelah menyelesaikan program ini, maka peserta pun akan langsung diangkat sebagai karyawan tetap pada kantor cabang BCA. Tak perlu khawatir terkait biayanya, sebab, Anda akan mendapatkan jaminan kesehatan, uang saku, tunjangan akhir tahun, tunjangan hari raya, serta pelatihan berkualitas tinggi dari pihak perbankan.

Untuk bisa bergabung, persyaratannya adalah maksimal berusia 24 tahun, menjadi lulusan S1 dari universitas terkemuka yang memiliki IPK setidaknya 2,75, belum menikah, dan bersedia untuk menjalankan ikatan dinas.

Sekarang, persiapkan diri Anda untuk bisa bergabung dan berkiprah menjadi Relationship Officer BCA yang berdedikasi tinggi. Selamat mencoba!

Baca Juga:  Buka Tabungan TMRW UOB Dapat Saldo Gopay Rp 100.000

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar