Beranda > Bisnis > Bagaimana Mendaftar Trademark di Indonesia Yang Mudah dan Aman

Bagaimana Mendaftar Trademark di Indonesia Yang Mudah dan Aman

Karakteristik sebuah produk yang ditampilkan dalam sebuah bentuk kata, frasa, slogan atau simbol dan bisa menjadi pembeda keaslian sebuah produk dengan produk sejenis lainnya dikenal sebagai trademark. Pelanggan bisa lebih mudah dalam menemukan produk yang benar-benar diinginkan dengan adanya sebuah trademark produk.

Semua jenis bisnis di berbagai bidang industri, trademark atau merek dagang menjadi komponen yang sangat penting. Saat ini persaingan bisnis semakin ketat dan seperti yang sudah kita ketahui kemungkinan perusahaan-perusahaan membuat jenis produk yang sama sangatlah besar.

Namun identitas atau keunikan pada masing-masing produk yang ada bisa dibedakan dengan adanya trademark yang dimiliki produk tersebut. Untuk itu akan dibahas mengenai cara mendaftar trademark indonesia dengan aman, berikut ini penjelasannya.

Ini Dia Bagaimana Mendaftar Trademark di Indonesia

1. Mengecek daftar merek

Untuk menghindari terjadinya sengketa merek di masa depan, Anda perlu mengecek terlebih dahulu apakah nama merek yang ingin didaftarkan sudah ada atau belum. Sehingga perhatikan langkah ini demi keamanan usaha Anda nantinya.

2. Mengisi formulir dan melampirkan berkas

Selanjutnya Anda atau pemohon perlu mengisi formulir dua rangkap dalam bahasa Indonesia kepada Menteri Hukum dan HAM dan melampirkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, yaitu:

  • Bukti pembayaran biaya permohonan.
  • Tiga lembar label merek.
  • Surat pernyataan kepemilikan merek.
  • Surat kuasa (jika diwakilkan).
  • Bukti prioritas.
Baca Juga:  Peran Penting Digital Agency Jakarta Untuk Bisnis Anda

3. Pengumuman lolos pemeriksaan

Melalui Berita Resmi Merek, tanggal penerimaan akan diberikan oleh Menkumham setelah 2 bulan melakukan pengajuan merek. Apabila tidak ada kendala dan masalah, maka akan lolos pemeriksaan dan sertifikat merek akan diterbitkan oleh Menkumham.

Pendaftaran Merek Secara Online

Pendaftaran Merek Secara Online

Selain melalui offline, kini para pemilik usaha yang ingin mengajukan merek dagang bisa dengan mudah mengurusnya melalui https://www.dgip.go.id/ atau laman resmi dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Berikut ini panduannya.

  • Registrasi akun.
  • Klik tambah.
  • Mengisi jenis, tipe, dan kelas.
  • Melakukan pembayaran.
  • Isi seluruh formulir.
  • Mengunggah data pendukung.
  • Klik selesai.

Alasan Trademark Penting Bagi Sebuah Bisnis

1. Alat komunikasi yang efektif

Salah satu tool yang efektif untuk media komunikasi informasi mengenai bisnis kepada target pasar Anda adalah trademark atau logo. Pelanggan atau konsumen bisa dengan mudah mengetahui produk apa yang Anda jual saat melihat logo Anda, tanpa harus berbicara secara langsung.

Contohnya saja logo yang ada pada KFC yang terdapat gambar seorang kakek yang memiliki janggut. Pelanggan sudah dapat langsung mengetahui bahwa itu adalah produk KFC tanpa perlu mencari tahu dulu.

2. Pelanggan dapat dengan mudah menemukan produk

Seperti fungsinya yang bisa menjadi media untuk membedakan produk Anda dengan produk lainnya, pelanggan juga dapat dengan mudah menemukan produk-produk yang Anda jual dari trademark yang Anda miliki. Apalagi sebagian besar pelanggan akan mencari tahu dan berbelanja melalui internet di era digital seperti saat ini.

Kepemilikan trademark akan mempermudah pelanggan saat mencari produk Anda di dunia bisnis online. Sehingga merek atau trademark yang kamu miliki bisa digunakan oleh pelanggan untuk melakukan pencarian di internet.

Baca Juga:  Modal 100 Ribu, Ini Peluang Usaha Yang Bisa Kamu Jalani

3. Menghindari plagiarisme

Aset penting yang perlu dijaga dalam sebuah bisnis adalah trademark. Akan ada banyak pihak yang berusaha meniru bahkan memalsukan produk Anda, ketika produk yang Anda miliki telah terkenal. Sehingga Anda bisa melindungi produk-produk Anda secara hukum jika telah mendaftarkan merek dagang Anda.

Plagiarisme dapat dihindari melalui berbagai cara termasuk mengutip sumber, mengutip, atau
menggunakan Parafrase online.

Dari pembahasan dalam artikel ini dapat diketahui bahwa sangat penting bagi seorang pengusaha mendaftarkan merek untuk usahanya. Apalagi dengan berbagai manfaat yang bisa didapatkan, tentunya Anda bisa menjalankan bisnis Anda dengan aman.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar