Beranda > Info Menarik > Cara Mengatasi Kode Google Authenticator Salah di Tokocrypto

Cara Mengatasi Kode Google Authenticator Salah di Tokocrypto

Mengatasi Kode Google Authenticator Salah di Tokocrypto – Salahsatu keluhan yang banyak dialami pengguna Tokocrypto yaitu kode Authenticator yang salah, baik saat digunakan untuk penarikan ataupun saat login.

Sedangkan, untuk dapat melakukan penarikan saldo, per 15 Desember 2021 pengguna Tokocrypto diwajibkan untuk megaktifkan fitur 2FA Google Authenticator ini. Jadi mau tidak mau, kamu harus tetap mengaktifkan fitur satu ini.

Cara Mengatasi Kode Google Authenticator Tokocrypto

Hai, pernahkah kamu menerima pesan “kesalahan kode 2FA” saat mencoba masuk ke akunmu? Jangan khawatir, ini adalah masalah umum yang bisa diatasi dengan beberapa langkah sederhana. Yuk, kita bahas kemungkinan penyebabnya dan cara mengatasinya.

1. Kode Google Authenticator Kehabisan Waktu

Kode di Google Authenticator berubah setiap 30 detik. Kalau kamu terlalu lama menginput kode, bisa jadi kodenya sudah kedaluwarsa. Pastikan kamu langsung memasukkan kode begitu melihatnya. Jika kodenya berubah sebelum kamu sempat menginput, gunakan kode yang baru saja muncul.

2. Pengaturan Waktu pada Perangkat Tidak Sesuai

Pengaturan waktu yang tidak akurat di perangkatmu bisa jadi masalah. Pastikan perangkatmu disetel untuk menggunakan waktu otomatis atau sesuai lokasi. Kamu juga bisa menggunakan fitur koreksi waktu di Google Authenticator. Caranya mudah:

  • Buka aplikasi Google Authenticator.
  • Pilih menu pengaturan.
  • Pilih “Sinkronkan sekarang” atau “Sync Now”
  • Jika berhasil, akan muncul notifikasi “Time Already Correct”

3. Perangkat Tidak Diizinkan Menggunakan Google Authenticator

Periksa apakah perangkatmu diizinkan untuk menggunakan Google Authenticator. Kadang-kadang, pengaturan akses perangkat bisa membatasi aplikasi ini. Pastikan di pengaturan akses perangkat, Google Authenticator punya izin yang diperlukan.

Baca Juga:  Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri Yang Baru

4. Tautan Aplikasi Google Authenticator Terputus

Apakah sebelumnya kamu pernah menghapus aplikasi Google Authenticator atau mengganti perangkat tanpa backup? Jika demikian, ini bisa jadi masalah. Untuk memulihkan GA, kamu butuh kode 16 digit yang kamu dapat saat pertama kali mengaktifkan aplikasi ini. Apabila kamu masih punya kodenya, kamu bisa memulihkan kode GA kamu.

Cara Reset/Hapus Google Authenticator Tokocrypto

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, dan kode authentocator kamu tetap salah. Solusi terakhir yaitu kamu daat mengajukan reset atau penghapusan Google Authenticator. Untuk mengajukan reset Google Authenticator kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Cara Reset GA di Tokocrypto

  1. Kunjungi halaman https://support.tokocrypto.com/hc/id/.
  2. Pada bagian “Layanan Mandiri” atau “Self-Service“. Pilih “Reset Reset Google Authenticator“.
  3. Masukan email yang terdaftar di Tokocrypto lalu ceklis check box untuk menyetujui proses
  4. Tekan tombol “Kirim“.
  5. Kamu akan terima email konfirmasi pengajuan reset Google Authenticator.
  6. Selanjutnya pada email yang diterima klik “Confirm Form Request”.
  7. Pada email tersebut juga kamu bisa melakukan tracking request-nya dengan click here di bagian paling bawah.
  8. Setelah klik tombol confirm, user akan dialihkan ke page untuk pengisian dan melengkapi data.
  9. Setelah data dilengkapi, klik Kirimkan.
  10. Selesai, pengakuan reset akan diproses dalam 24 Jam setlah pengajuan dikirimkan.

Pengajuan Reset Google Authenticator Tokocrypto

Perlu kamu ketahui, penarikan akan dinonaktifkan selama 3×24 jam atau 72 jam setelah permintaan reset disetujui. Ini dilakukan untuk menjaga keamanan akunmu.

Kesimpulan

Mengatasi kesalahan kode 2FA di Google Authenticator sebenarnya tidak sulit. Kamu hanya perlu memastikan bahwa kode tidak kedaluwarsa, pengaturan waktu di perangkatmu benar, perangkat diizinkan untuk menggunakan aplikasi, dan tautan aplikasi tidak terputus.

Baca Juga:  Kursi Besi Untuk Interior dan Eksterior Rumah

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa kembali mengakses akunmu tanpa masalah. Semoga artikel ini membantu kamu mengatasi masalah kode 2FA. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar. Selamat mencoba!

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar