Beranda > Kesehatan > Cara Mengenali dan Menghentikan Gangguan Kesehatan Mental

Cara Mengenali dan Menghentikan Gangguan Kesehatan Mental

Membahas tentang kesehatan mental memang menjadi topik yang tidak pernah ada habisnya. Ini disebabkan karena masalah kesehatan mental kadang masih luput dari perhatian kita. Padahal, permasalahan ini erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Mulai dari perilaku yang kadang mudah emosi hingga kadang mood yang suka berubah-ubah secara drastis. Akan tetapi, Sebagian besar orang tidak menyadari jika dirinya mengalami gangguan Kesehatan mental.

Padahal, jika diketahui lebih awal, maka akan mudah untuk menanggulanginya. Terkadang, Sebagian orang pun enggan menerima jika dirinya mengalami gangguan kesehatan mental. Ini dikarenakan lingkungan yang akan mengucilkannya.

Biasanya, seseorang mengalami gangguan kesehatan mental dipengaruhi oleh trauma masa lalu yang dialaminya. Bahkan kadang, ketika keadaannya sudah parah, barulah seseorang itu mengetahui jika dirinya mengalami gangguan kesehatan mental. Jadi, ada baiknya untuk mengenali dan menghentikan gangguan kesehatan mental sejak dini.

Berikut Riswan Net rangkum cara untuk mengenali dan menghentikan gangguan Kesehatan mental yang dapat anda lakukan secara mandiri du rumah:

1. Mengurangi obrolan negative

Mengurangi konsumsi obat negatif - cara mengatasi gangguan kesehatan mental
Ilustrasi obat negatif

Ketika and terlibat obrolan negative bersama seseorang, maka kenalilah diri anda. Bagaimana perasaan anda merespon energi negatif itu. Apakah ada rasa marah? Bosan? Atau anda menjadi korban? Kemudian anda bisa memperhatikan tubuh anda. Dibagian manakah anda merasakan tegang? Rahang mengepal? Gigi gemeretak, bahu dan punggung yang mengencang? Tubuh tidak akan pernah berbohong dan itu akan mengungkapkan pikiran anda. Sehingga lebih baik untuk mengurangi obrolan negative.

2. Mencari tahu mengapa anda bisa depresi

Dengan mencari tahu mengapa anda bisa depresi bisa menjadi Langkah selanjutnya untuk mengenali dan menghentikan gangguan Kesehatan mental. Karena kadang  Sebagian orang tidak mengenali dirinya sendiri sehingga sulit untuk memahami apa yang terjadi pada dirinya. Dengan mengenali diri sendiri dan mencari tahu penyebab mengapa bisa depresi menjadi Langkah ampuh. Sehingga ketika anda telah menemukan penyebabnya, maka anda harus segera menghindari dan menjauhinya.

Baca Juga:  Membersihkan Botol Susu Secara Menual Menggunakan Tangan

3. Hadapi masalah secara langsung

Hadapi Masalah Secara Langsung

Dengan menghadapi masalah yang dialami secara langsung ini dapat membuat anda lebih tenang. Sebab, masalah yang dipendam justru akan memperburuk keadaan. Dengan berani menghadapi masalah berarti anda sudah mulai terbuka dengan diri anda sendiri. Anda berani untuk melakukan sesuatu yang ditakutkan. Dengan menghadapi masalah secara langsung maka anda akan belajar untuk mendapatkan solusi untuk permasalahan anda.

4. Kenali saat Anda menjadi depresi

Ketika anda menjadi korban, tentu saja ini akan merusak hidup anda. Karena anda akan menemukan banyak ketidakbahagiaan dalam hidup anda. Sehingga ketika anda bertemu dengan lingkungan yang berpotensi membuat anda menjadi tidak bahagia, anda harus menghindarinya sejauh mungkin. Karena, jika anda terus-terusan berada di lingkungan itu, tentu saja ini akan membuat anda terus menerus berada dalam tekanan yang menyebabkan depresi.

5. Selalu berpikir positif

Berfikir Positif

Hidup dengan selalu berpikir positif cenderung akan membuat anda menjadi lebih bahagia. Energi positif yang terserap di dalam otak tentu akan membuat kebahagiaan di hidup anda. Anda akan selalu merasa bahagia dan selalu enjoy menjalani kehidupan. Apalagi ketika menghadapi permasalahan dengan sikap positif tentu akan membuat semua permasalahan menjadi mudah untuk diselesaikan. Bukankah untuk bahagia kita memerlukan banyak energi positif?

Selain itu, ada baiknya untuk menemukan tempat bercerita yang tepat. Dengan bercerita kepada orang yang tepat tentang permasalahan dan keluh kesah yang anda alami, ini akan membuat anda menjadi lebih rileks dan lebih positif dalam menjalani hidup.

Kini halodoc, hadir untuk menjadi solusi mudah untuk anda berkonsultasi dengan berbagai dokter spesialis di bidangnya. Anda akan menemukan banyak psikolog terpercaya yang akan membantu anda menyelesaikan permasalahan anda. Selamat mencoba!

Baca Juga:  Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar