Beranda > Info Menarik > Deretan Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2020

Deretan Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2020

Orang Terkaya di Indonesia 2020 – April 2020 kemarin Majalah Forbes kembali merilis daftar miliarder orang terkaya di dunia. Secara global, terdapat 2.095 miliarder di seluruh dunia dalam daftar yang dirilis Forbes. Dari ribuan miliader tersebut, terdapat 15 miliader yang berasal dari Indonesia, sehingga mereka menjadi 15 orang paling kaya di Indonesia.

Sebagai orang terkaya di Indonesia pastinya mereka memiliki perusahaan yang sukses. Perusahaan yang mereka kelola memang mampu menguasai pangsa pasar di Indonesia. Maka tidak heran jika pemilik dari perusahaan tersebut masuk dalam deretan orang terkaya di Indonesia.

Penasaran siapa saja orang terkaya di Indonesia? Nah berikut ini Riswan Net ringkas 15 orang paling kaya di Indonesia tahun 2020 versi Forber, cek selengkapnya di bawah ini:

1. Budi Hartono

Budi Hartono - Orang Paling Kaya di Indonesia
Budi Hartono

Posisi pertama kembali diduduki oleh Budi Hartono, dimana Budi Hartono ini meneruskan perusahaan pabrik rokok Djarum Group yang didirikan sang ayah, Oei Wie Gwan pada tahun 1951. Kekayaan Budi Hartono mencapai 13,6 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 217,6 triliun.

2. Michael Hartono

Michael Hartono - Orang Paling Kaya
Michael Hartono

Posisi kedua juga diduduki oleh saudara Budi Hartono, mereka memang menjadi orang paling kaya belakangan ini. Sama dengan sang Saudara, Michael Hartono juga mengelola perusahaan Djarum Grup, selain perusahaan Djarum Dua saudara ini juga memilki saham yang besar di Bank Central Asia Tbk. Kekayaan yang dimiliki Michael Hartono mencapai 13 miliar dollar AS atau sekitar Rp 208 triliun.

3. Sri Prakash Lohia

Orang terkaya berikutnya yaitu Sri Prakash Lohia, beliau adalah pendiri dan ketua dari Indorama Corporation. Indorama Corporation adalah perusahaan petrokimia dan tekstil yang bersifat global, memproduksi polietilena, polipropilena, serat poliester, filamen, benang pintal, kain, dan sarung tangan medis. Kekayaannya mencapai 4,3 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 68,8 triliun.

4. Tahir dan keluarga

Selanjutnya adalah Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir, MBA atau biasa disebut Keluarga Tahir. Tahir adalah seorang pengusaha di Indonesia, investor, filantropis, sekaligus pendiri Mayapada Group, yakni sebuah holding company yang memiliki beberapa unit usaha di Indonesia. Kekayaan yang dimiliki mencapai 4,1 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 65,6 triliun.

Baca Juga:  Pop Academy Indosiar, Ajang Pencarian Bakat Indonesia

5. Prajogo Pangestu

Posisi kelima ditempati oleh Prajogo Pangestu, dengan perusahaan Barito Pacific-nya. Prajogo Pangestu memulai kariernya di tahun 70-an menjadi pebisnis kayu. Barito Pasific kemudian mengakusisi 70 persen perusahaan petrokimia, Chandra Asri dan kini Chandra Asri bergabung dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terbesar di Indonesia. Kekayaan yang dimilikinya hingga 3,5 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 56 triliun.

6. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung
Chairul Tanjung

Selanjutnya adalah Chairul Tanjung, yang merupakan pendiri CT Corp, dengan anak perusahaan Trans Corp, Bank Mega, Carrefour, Transmart, Wendy’s, dan lain-lain. Orang yang dijuluki ‘Anak Singkong’ ini memiliki kekayaan sekitar 3,1 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 49,6 triliun.

7. Martua Sitorus

Posisi ke tujuh ditempati oleh Martua Sitorus atau dikenal juga dengan Thio Seeng Haap. Beliau adalah seorang pengusaha Indonesia. Bersama Kuok Khoon Hong, Ia mendirikan perusahaan Wilmar International yang bergerak di bidang perkebunan dan pengolah minyak sawit mentah serta produsen gula. Martau Sitorus memiliki kekayaan 1,8 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 28,8 triliun

8. Mochtar Riady dan keluarga

Mochtar Riady adalah seorang pengusaha terkemuka, beliau adalah pendiri dan presiden komisaris dari Lippo Group. Mochtar Riady adalah salah seorang konglomerat keturunan Tionghoa-Indonesia dan telah berhasil ekspansi bisnisnya hingga ke mancanegara. Total kekayaannya mencapai 1,7 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 27,2 triliun.

9. Peter Sondakh

Peter Sondakh adalah pemilik dari Rajawali Corpora, yaitu induk perusahaan investasi terkemuka yang berbasis di Indonesia. Menurut majalah Forbes, total kekayaan Peter Sondakh  mencapai 1,6 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 25,6 triliun.

10. Murdaya Poo

Murdaya Poo
Murdaya Poo

Murdaya Poo atau Siti Murdaya yang bernama lengkap Dra. Siti Hartati Tjakra Murdaya adalah seorang pengusaha berjiwa fantropi. Beliau merupakan pimpinan dari Central Cipta Murdaya, perusahaan yang memproduksi sepatu terkenal seperti Nike. Total kekayaannya mencapai 1,2 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 19,2 triliun.

Baca Juga:  Cara Memberi Tag Komentar di HTML, PHP, CSS dan JavaScript

11. Theodore Rachmat

Theodore Permadi Rachmat atau yang lebih dikenal dengan TP Rachmat adalah seorang pengusaha, beliau adalah pemilik dari perusahaan Triputra Group dan Adaro Energy. Kekayaan TP Rachmat mencapai 1,2 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 19,2 triliun.

12. Djoko Susanto

Nah mungkin yang satu ini kamu sudah sangat familiar. Djoko Susanto adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang merupakan pemilik dari grup Alfamart, yakni bisnis yang bergerak di bidang ritel dengan mini-mart konsep. Kekayaan Djoko Susanto mencapai 1,2 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 19,2 triliun.

13. Sukanto Tanoto

Sukanto Tanoto adalah pengusaha Indonesia yang memulai usaha di industri pengolahan kayu. Saat ini Sukanto memiliki perusahaan Royal Golden Eagle, yang merupakan grup industri terintegrasi berbasis sumber daya di Asia Pasifik, dengan bisnis di bidang kertas, minyak sawit, konstruksi dan energi, properti, manajemen aset. Kekayaan Sukanto mencapai 1,2 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 19,2 triliun.

14. Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong
Low Tuck Kwong – Orang Terkaya di Indonesia

Low Tuck Kwong adalah adalah pendiri dari Bayan Resources, salah satu perusahaan yang bergerak di sektor tambang batu bara. Majalah Forbes merilis jumlah kekayaan Low Tuck Kwong mencapai 1,1 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 17,6 triliun.

15. Winarko Sulistyo

Winarko Sulistyo adalah pengusaha Indonesia kelahiran tahun 1946 dan menjabat Presiden Direktur Fajar Paper sejak tahun 1987, yang kemudian diangkat sebagai komisaris sejak Mei 2014. Winarko memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam bidang industri kertas. Forbes mencatat Winarko memiliki kekayaan 1,1 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 17,6 triliun.

Nah itulah daftar deretan orang terkaya di Indonesia tahun 2020. Tentu untuk mendapatkan kekayaan itu semua kita harus belajar, berdoa dan berusaha juga jangan bermalas-malasn. Semoga dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi kita semua agar lebih giat dalam belajar dan bekerja.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar