Beranda > Media Soaial > Cara Menggunakan Whatsapp Web dengan Mudah

Cara Menggunakan Whatsapp Web dengan Mudah

RISWAN.NET Cara Menggunakan WhatsApp Web, Apakah sobat pernah mendengar tentang WhatsApp web? Kalau belum, kita bahas dulu sedikit disini..

WhatsApp web pada dasarnya sama seperti WA biasa. Hanya saja lebih fleksibel, karena kita bisa membukanya dari berbagai macam perangkat. Terutama PC atau Laptop.

Bagi sebagian orang, terutama para pekerja dan mahasiswa yang notabene punya banyak kesibukan di depan komputer, WhatsApp web ini bisa sangat membantu. Karena mereka bisa lebih efektif membagi waktu, dengan cara membalas langsung pesan yang mereka terima di WhatsApp.
Walau bermanfaat, nggak semua orang tahu cara memakai WhatsApp Web.

Nah, untuk itu disini Riswan.net ingin sedikit membahas, tutorial bagaimana caranya untuk memakai WhatsApp Web di Laptop atau Komputer, khusus buat sobat yang tertarik tapi masih belum paham.

Persiapan

Sebenarnya nggak ada hal khusus yang dibutuhkan. Tapi setidaknya sobat harus memenuhi tiga hal berikut :

1. Sebuah PC atau Laptop yang sudah terinstasll browser. Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Edge, atau apa saja juga boleh.
2. HP Android yang didalamnya sudah terinstall WhatsApp (Paling update). Dan akun sudah dalam posisi login.
3. Koneksi internet untuk kedua perangkat. Wajib lancar, agar tidak disconnect waktu sedang dipakai.

Jika sudah memenuhi tiga hal tersebut, langsung kita bahas caranya :

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Langkah 1: Buka browser di Komputer Anda, lalu buka terlebih dahulu halamannya di web.whatsapp.com. Tampilannya seperti ini :
Cara Menggunakan Whatsapp Web dengan Mudah
Langkah 2: Buka aplikasi WhatsApp di HP sobat, klik menu ︙ lalu pilih WhatsApp Web :

Cara Menggunakan Whatsapp Web dengan Mudah

Langkah 3: Setelah sobat memilih opsi tadi, maka kamera WA akan terbuka. Nah, arahkan kamera tersebut, tepat pada barcode yang terdapat pada WhatsApp Web:

Cara Menggunakan Whatsapp Web dengan Mudah

Langkah 4: Jika sudah, tampilannya akan menjadi seperti berikut:

Cara Menggunakan Whatsapp Web dengan Mudah

Disini, sobat bisa langsung memakai WhatsApp-nya. Mudah bukan?

Baca Juga:  Cara Share Lokasi di Whatsapp Dengan Mudah

Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui, Terkait Saat Memakai WA Web

Untuk pemakaiannya, sebenarnya sama saja seperti WA biasa. Paling hanya tampilannya saja yang sedikit berbeda.
Namun, disini ada beberapa hal yang terkadang ditanyakan, terkait WhatsApp Web, yaitu :

Muncul pesan tidak terhubung? : WhatsApp Web ini kita pakai melalui situs website. Otomatis koneksi internet wajib harus selalu menyala. Kalau muncul pesan tidak terhubung, itu berarti internet Komputernya terdapat gangguan.

Muncul pesan “Mencoba menghubungi telepon? : Di HP yang didalamnya ada akun WA, juga harus selalu tersambung ke internet. Karena WA web bekerja dengan cara sinkronisasi dengan WA yang di HP. Sehingga kalau HP disconnect, maka WA web akan berhenti juga.

Gimana cara logoutnya? : Sangat mudah. Buka WhatsApp di HP sobat, klik menu ︙ lalu pilih WhatsApp Web. Setelah itu klik Keluar dari semua perangkat.

Bisakah login juga di browser atau komputer lain? : Baik login di browser lain, maupun di komputer lain, bisa dilakukan kalau sobat mau. Yang penting, membukanya jangan pada saat yang bersamaan, karena nanti akan muncul pesan error.

Bisakah login tanpa memakai barcode? : Kalau ditanya bisa atau nggak, di Google ada banyak sekali pembahasannya. Kalau dibahas disini akan panjang, karena itu sobat bisa coba baca artikel cara login WA web tanpa barcode.

Waktu proses scan barcode, WA Webnya tidak masuk-masuk? : Saya pernah mengalami hal ini juga. Waktu itu, saya mengatasinya dengan cara restart (Komputer dan HPnya), kemudian coba lagi. Kalau belum berhasil, coba bersihkan kameranya.

Bisakah buka WA web lewat HP? : Bisa sekali. Bahkan bisa dilakukan memakai dua perangkat. Seperti yang pernah dibahas di Membuka satu akun WhatsApp di dua HP.

Baca Juga:  Membuka Satu Akun Whatsapp di Dua HP Android

Kalau ada pertanyaan lain seputar WA Web disini, silakan kirim saja lewat kotak komentar.

Jadi Gimana Pendapat Sobat?

Manfaatnya yang sangat banyak, tapi menggunakan WhatsApp web tidaklah sulit. Walau begitu, sayangnya masih banyak orang yang belum paham cara memakainya, terutama yang masih awam soal Komputer dan Android.

Tutorial ini saya buat sejelas mungkin, dan semoga bisa membantu sobat dari yang belum paham jadi paham. Kalau bermanfaat, share ya ke teman atau keluarga.. Atau share ke akun media sosial sobat.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar