Beranda > Info Menarik > Fakta Unik Batam Yang Tidak Dimiliki Tempat Lain

Fakta Unik Batam Yang Tidak Dimiliki Tempat Lain

Fakta Unik Batam – Batam merupakan salahsatu kota besar di Indonesia, dengan trafik transportasi yang begitu besar. Kota Batam merupakan wilayah bagian dari Provinsi Kepulauan Riau dengan luas wilayah daratan seluas 715 km², sedangkan luas wilayah keseluruhan mencapai 1.575 km².

Baca: Liburan Hemat ke Malang

Batam memiliki beberapa etnis seperti Melayu, Jawa, Batak, Minangkabau, dan Tiongha juga ada dari suku Bugis, Banjar, Flores, dan lain-lain. Hal ini dikarenakan Batam merupakan tempat startegis dimana berbagai suku bertemu. Batam memiliki banyak keunikan yang tidak dimiliki oleh pulau lainnya. Ada banyak hal yang membuat Batam ini unik, seperti berikut ini:

1. Ke Luar Negeri Hanya 1 Jam

Secara geografis memang wilayah Batam berdekatan dengan 2 Negara tetangga, yaitu Singapura dan Malaysia. Sehingga untuk pergi ke dua negara tersebut bisa ditempuh hanya dalam satu jam bahkan beberapa menit dari Batam. Salahsatu moda transportasi utama yang melayani rute internasional dari Batam adalah Kapal Ferry Express. Dan saat ini Batam merupakan kota dengan pelabuhan tersibuk di Indonesia.

2. Memiliki Pelabuhan Ferry Tersibuk

Batam memiliki beberapa pelabuhan kapal ferry atau kapal cepat yang sangat sibuk setiap harinya, seperti pelabuhan Harbour Bay dan Batam center. Pelabuhan ferry atau juga biasa disebut terminal ferry di Batam tidak hanya untuk mengangkut muatan penumpang saja melainkan juga barang baik itu antar pulau di dalam negeri atau rute internasional seperti ke Malaysia atau Singapura.

Baca Juga:  Ini 5 Manfaat Liburan di Pantai Bagi Kesehatan

Salahsatu penyedia ferry yang sangat terkenal di Batam yaitu Batam Jet, Batam Jet merupakan salah satu operator kapal ferry express cepat terbaik yang melayani transportasi air antar pulau dengan rute Kota Dumai hingga Kota Batam kepulauan Riau.

3. Tradisi Minum Kaleng di Hari Lebaran

Pada umumnya ketika lebaran datang seperti biasa pasti di setiap isi rumah menyediakan berbagai macam jenis kue, snack camilan serat sirup sirup yang begitu menyegarkan. Tapi di Batam, selain kue dan snack, uniknya minuman yang dihidangkan hanya berupa minuman dalam kaleng, dan biasnaya yaitu minuman kaleng cincau dan soya.

4. Kota Sejuta Ruko

Saking banyaknya ruko di Kota Batam, sampai dijuluki Kota Sejuta Ruko. Hampir disetiap langkah jalan raya terdapat deretan ruko dfengan berbagai macam produk yang dijual. Kamu jangan kaget jika nanti di temukan begitu banyak ruko-ruko kosong atau tidak digunakan sama sekali, sedangkan di tempat lainnya sedang dibangun ruko-ruko baru.

5. Minuman Teh Obeng

Kamu mungkin heran mendengar nama minuman yang satu ini, apakah Teh Obeng ini merupakan miniman yang terdiri dari olahan obeng? Ya tentu bukan, karena sebetulnya teh obeng adalah sebutan untuk es teh manis atau teh manis dingin di kota Batam ini.

Menurut warga Batam, sebutan teh obeng ini berasal dari teh openg. Dalam bahasa Tionghoa yaitu Xi Cia Po, dimana ‘o’ berarti ‘kosong’ dan ‘peng’ berarti es. Dengan demikian, ‘teh openg’ berarti ‘es teh’. seiring berjalannya waktu, maka huruf ‘p’ tersebut berganti menjadi huruf ‘b’. Maka, munculnya nama Teh Obeng, sampai terkenal hingga saat ini.

6. Tempat Pembuangan Barang Seken

Batam terkenal sebagai tempat pembuangan barang elektronik dalam keadaan seken dari Singapura, maka tidak heran di Batam banyak di jual barang elektronik seken dengan harga murah seperti Smartphone, Laptop dan barang elektronik lainnya. Maka jangan heran lagi bila banyak yang menjual HP nurah di Batam ini.

Baca Juga:  Kumpulan Foto Lucu dan Gokil Untuk Menghilangkan Stres

Demikianlah beberapa fakta unik dan menarik mengenai Kota Batam yang jarang dimiliki kota lainnya, sebetulnya masih banyak lagi hal menarik dan uni yang akan bisa kamu temui apabila langsung berkunjung ke kota satu ini. Kamu juga bisa mengenal kuliner khas Batam yang dibahas oleh situs https://rivald.net/.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar