Beranda > Travel > Liburan ke Malang Sepuasnya Dengan Budget 2 Jutaan

Liburan ke Malang Sepuasnya Dengan Budget 2 Jutaan

Liburan ke Malang – Malang dengan sebutan kota apel ini memiliki banyak pesona yang disuguhkan, mulai dari keasrian alam sampai kulinernya membuat tren liburan ke Malang meningkat setiap tahunnya. Hal ini terbukti dari data Dispudpar kota Malang dimana jumlah kunjungan wisatawan, baik domestik ataupun mancanegara meningkat setiap tahunnya.

Bukan sesuatu yang tidak mungkin untuk liburan ke Malang sepuasnya hanya dengan budget Rp 2 jutaan saja. Dan tentunya dengan budget Rp 2 Jutaan Kamu sudah bisa mengunjungi tempat wisata yang terkenal di Kota Malang dan sekitarnya.

Selain terkenal dengan destinasi wisatanya, Kota Malang juga terkenal dengan beragam kulinern yang menarik, mulai dari Bakso Malang yang trekenal ke seluruh Indonesia, Bakso bakar, cwie mie malang, orem-orem, rawon, segu dan masih banyak lagi. Nah, dengan Rp 2 jutaan saja, kamu sudah bisa jalan-jalan, hotel di Malang sekaligus mencicipi kuliner khas Malang tersebut.

Supaya pengeluaran teratur, saya akan coba menghitung setiap pengeluaran dan list destinasi mana saja yang akan dikunjungi ketika di Malang. Anggap saja kamu berasal dari Jakarta dengan waktu menginap 4 hari 3 malam. Yuk cek di bawah ini:

1. Tiket Kereta Api

Liburan ke malang - Transportasi Kereta Api
Kereta Api, Sumber: Tribunnews.com

Anggap saja kamu dari Kota Jakarta, untuk menyesuaikan dengan budget, kamu bisa pilih transportasi kereta api untuk pergi ke Kota Malang. Karena harga lebih murah dibanding pesawat dan durasi perjalanan lebih singkat dibanding menggunakan transportasi bus. Untuk harga tiket kereta rute Jakarta – Malang Juli 2019 ini adalah sekitar Rp 300.000 sekali jalan, jadi sekitar Rp 600.000 pulang pergi. Pastikan kamu booking tiket kereta dari jauh-jauh hari, untuk mendapatkan kursi dan harga yang lebih baik, jangan lupa untuk menggunakan kode promo bial memesan secara online.

2. Hotel dan Penginapan

Kamu bisa cek harga hotel di Malang dengan mudah melalui aplikasi booking hotel. Untuk mendapatkan hotel atau penginapan dengan harga murah kamu bisa booking hotel secara online dan memaksimalkan kode promo. Atau kamu bisa pesan home stay supaya harga kebih mura. Anggap saja per malam kamu dapat harga Rp 150.000, jadi untuk penginapan 4 hari 3 malam, Rp 150.000 x 3 malam = Rp 450.000. Harga bisa lebih murah bila kamu menginap rame-rame bersama keluarga atau teman, biaya hotel bisa sharing bersama mereka.

3. Camilan dan Makan

Tidak usah khawatir untuk urusan makanan, biaya makan di Jawa Timu, khususnya di Kota Malang masih terbilang murah dibanding Kota Jakarta atau Bandung. Tentunya bukan makan di mall atau restoran terkenal yaa. Kamu bisa makan di warung nasi atau rumah makan yang menyediakan makanan khas malang, selain harga murah, kamu bisa mendapat whole culinary experience. Menurut pengalaman teman- teman yang sudah berkunjung ke Malang, harga makanan di sana relatif murah. Kamu bisa anggarkan Rp 300.000 untuk biaya makan dan camilan di Malang selama 4 hari 3 malam.

Baca Juga:  Mudik ke Luar Kota Dengan Bus Ternyata Lebih Seru

4. Transportasi

Untuk tarnsportasi selama di Malang kamu bisa menyewa motor, biaya sewa motor di malang mulai dari Rp 70.000 per harinya, belum termasuk bensin. Sewa motor lebih baik ketika kamu pergi berdua. Bila kamu pergike Malang 3-4 orang lebih baik menggunakan transportasi online seperti GrabCar atau Gocar. Supaya biaya transportasi bisa sharing bersama teman-teman dan harga tentu lebih murah. Kamu bisa anggrakan Rp 200.000 per orang untuk traposrtasi selama 4 hari 3 malam di Malang, tentu ini bisa lebih murah bilakamu datang rame-rame.

5. Liburan ke Jatim Park Malang

Jatim Park
Jatim Park – Sumber: Suryamalang.com

Destinasi wisata hari pertama di Malang yang wajib kamu kunjungi yaitu Jawa Timur Park alias Jatim Park. Jatim Park merupakan sebuah tempat rekreasi dan taman belajar yang terdapat di Kota Batu, Jawa Timur. Jatim Park terletak lumayan jauh dari Kota Malang, yaitu sekitar 20 km dari pusat kota. Jatim Park menjadi salahsatu icon Jatim dengan 36 wahan serunya, jadi kamu wajib banget mengunjungi Jatim Park ini.

Jatim Park beroperasi setiap hari mulai pukul 08:00 sampai 14:00. Untuk tiket masuk dikenakan biaya sebesar Rp 75.000 pada hari Senin – Kamis, dan Rp 120.000 untuk hari Jumat – Minggu (Include Museum Tubuh). berhubung setiap masuk zona berbeda diharuskan bayar, supaya lebih hemat kamu cukup masuk Jatim park I saja. Untuk Jatim Park ini kita anggarkan Rp 120.000. Untuk informasi harga tiket lebih lengkap silahkan cek gambar di bawah ini:

Tiket jatim Park
Tiket jatim Park Juli 2019 Sumber: https://www.jtp.id/tiket

6.  Tour ke Gunung Bromo

Liburan ke Malang - Bromo
Gunung Bromo. Sumber: Wikipedia.com

Tidak lengkap rasanya bila ke Malang tidak muncak ke Gunung Bormo. Setelah hari pertama jalan-jalan ke Jatim Park. Di hari kedua kamu bisa tour ke Bromo. Untuk menuju kawasan Bromo dari Kota Malang bisa menggunakna angkutan umum atau juga ojek online.

Berikut ini rician transportasi dari Malang ke Kawasan Bromo. Pertama dari Stasiun Malang – Terminal Arjosari menggunakan Angkutan Kota Seri AL dengan tarif sekitar Rp 5000 saja. Kemudian dari Terminal Arjosari – Pasar Tumpang menggunakan angkutan umum dengan tarif Rp 5000. Selanjutnya dari Pasar Tumpang ke Taman Nasional Bromo Tengger Semer (TNBTS) kamu bisa menggunakan Mobil Jeep, dengan tarif mulai dari Rp 750.000 per 6 orang.

Setelah tiba di area parkir kamu akan melihat deretan kuda yang bisa kamu sewa untuk menaiki Gunung Bromo, Biaya sewa kuda muali dari Rp 100.000. Sedangkan biaya masuk kawasan Gunung Bromo ini adalah Rp 29.000 untuk di hari biasa, dan Rp 34.000 di akhir pekan. Update per Juli 2019.

[jnews_hero_13 include_post=”2919″]

Untuk wisata bromo ini dapat dianggarkan minimal Rp 350.000 per orang sudah termasuk tiket masuk, biaya transportasi menuju Bromo pulang pergi, mobil Jeep dan Kuda. Tentu harga akan lebih murah bila tidak naim Jeep dan Kuda. Pastikan kamu datang bareng teman atau keluarga supaya biaya bisa sharing.

Baca Juga:  Ini 5 Manfaat Liburan di Pantai Bagi Kesehatan

7. Muncak di Gunung Semeru

Ranu Kumbolo - Gunung Semeru
Ranu Kumbolo, Sumber: Lazone.id

Selanjutnya kamu adalah Gunung Semeru. Rute perjalanan menuju Semeru sama dengan Bromo, hanya saja setelah kamu di Pasar Tumpang, kamu melanjutkan perjalanan ke Ranu Pani. Dari Ranu Pani disarankan untuk menggunakan transportasi Jeep, dikarenakan kondisi jalan yang lumayan terjal. Harga tiket masuk Semeru update per Juli 2019 adalah Rp 19.000. Untuk anggaran wisata Semeru tidak terlalu berbeda dengan Bromo yaitu sekitar Rp 350.000. Termasuk tiket masuk, jeep dan traportasi pulang pergi.

Namun ada info bahwasanya pendakian gubung Semeru akan ditutup pada Juli 2019 ini. Dan pendaki hanya bisa mendaki sampai Kalimati. Walaupun begitu kamu jangan bersedih, karena masih bisa menikmati pemandangan danau Ranu Kumbolo. Selalu cek update terikini untuk wisata Semeru ini.

8. Omah Kayu Malang

Kampung Warna-Warni Jodipan
Kampung Warna-Warni Jodipan Malang, Sumber: Pinterest.com

Destinasi wisata Malang selanjutnya adalah Omah Kayu, di sini kalian bisa melihat pemandangan kota Malang dari ketinggian. Omah kayu sangat cocok dijadikan spot foto kalian, sanagt instagramable. Omah kayu ini sebenarnya penginapan dengan konsep rumah kayu di atas pohon. Tapi kamu juga bisa piknik di sini dengan membayar tiket seharga Rp 5000 saja.

9. Kampung Warna-Warni Jodipan

Liburan ke malang - Omah Kayu
Omah Kayu Malang

Tidak ada salahnya kamu mengunjungi kampung warna-warni yang terkenal di Malang ini. Kampung warna-warni Jodipan merupakan suatu kampung dimana semua rumahnya dicat warna-warni, sehingga menimbulkan kesan yang unik. Tentunya sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang kece. Di kampung ini juga sudah dibangun jembatan kaca, kehadiran jembatan kaca ini semakin menambah daya tarik wisata. Untuk dapat melewati jembatan kaca di kampung warna-warni ini cukup membayar Rp 2000.

10. Jangan Lupa Oleh-Oleh

Setelah puas dengan wisata di Kota Malang kini saatnya kamu pulang ke kampung halaman, tapi jangan lupa untuk bawa oleh-oleh, Tidak afdol rasanya bila liburan ke Mlaang tidak beli oleh-oleh. EWalaupun travel low budget tidak salah bila kamu membeli oleh-oleh untuk orang di rumah. Jadi anggarkan saja Rp 200 ribu untuk beli oleh-oleh khas Malang. Kamu bisa membelinya di Pao Telo, Lancar Jaya Souvenir Store, Malang Karina atau toko oleh-oleh lainnya.

Total biaya Liburan ke Malang

Setelah melihat beberapa destinasi, sekarang saatnya menghitung jumlah total pengeluaran. Karena durasi liburan cuma 4 hari 3 malam, maka wisata kamu bisa memilih salahsatu wisata ke gunung, yaitu Gunung Bromo atau Semeru. Karena bila kamu memilih keduanya ditakutkan akan terlalu melelahkan. Berikut ini detai pengeluarannya:

  • Tiket kereta api pulang pergi: Rp 600.000
  • Hotel/Penginapan: Rp 450.000
  • Transportas: Rp 200.000
  • Makan dan Camilan: Rp 300.000
  • Jatim Park: Rp 120.000
  • Gunung Bromo/Gunung Semeru: Rp 350.000
  • Omah Kayu Malang: Rp 5000
  • Jembatan Kaca Kampung Warna-Warni: Rp 2000
  • Oleh-oleh khas Malang: Rp 200 ribu

Total: Rp 2.227.000

Jadi dengan Rp 2.2 jutaan, kamu bisa liburan di Malang selama empat hari tiga malam di Malang dengan destinasi wisata favorit, kuliner khas Malang sampai Oleh-oleh. Sebetulnya masih banyak destinasi wisata Malang menarik lainnya. Kamu bisa saja memasukkan ke dalam list liburan kamu. Dan tentunya harga di atas sangat relatif, dan dapat berubah sewaktu-waktu. Tetapi setidaknya kamu dapat membuat gambaran ketika hendak berlibur ke Malang.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

2 pemikiran pada “Liburan ke Malang Sepuasnya Dengan Budget 2 Jutaan”

  1. Meraik artikel nya, buat tambahan aja mending main ke kampung kampung di sana banyak air terjun air nya masih alami, harga masuk palingan 5-10 ribu

    Balas

Tinggalkan komentar