Beranda > Investasi > Cuan! Inilah Instrumen Investasi Terfavorit yang Cocok untuk Milenial

Cuan! Inilah Instrumen Investasi Terfavorit yang Cocok untuk Milenial

Instrumen Investasi Untuk Milenial – Sebagai seorang milenial mencari instrumen investasi yang paling tepat sangat penting dilakukan. Melakukan investasi sedini mungkin merupakan langkah yang memang harus dilakukan dan bisa memberikan keuntungan untuk kedepannya. Berikut ini adalah beberapa jenis instrumen investasi yang paling cocok untuk kaum milenial.

Investasi Emas

Emas ini menjadi salah satu instrumen investasi yang terfavorit baik untuk kelompok usia muda maupun tua. Walaupun merupakan jenis investasi yang kuno dan masuk ke dalam golongan konvensional, tetapi imbal baliknya masih akan terasa memuaskan. Emas menjadi instrumen investasi terbaik dan menjanjikan karena mempunyai risiko yang kecil, dan bersifat liquid.

Investasi Saham

Instrumen investasi selanjutnya adalah investasi saham. Menurut pengertiannya, saham merupakan surat bukti kepemilikan dari sebuah perusahaan. Ketika seorang investor membeli saham maka investor tersebut berhak atas keuntungan perusahaan yang bisa didapat dalam bentuk dividen. Selain itu, semakin berkembangnya perusahaan tersebut maka akan mempengaruhi naiknya harga saham. Naiknya harga saham tentu akan menguntungkan apabila investor ingin menjualnya kembali.

Selain itu investasi saham semakin diminati karena bersifat fleksibel. Anda dapat melakukan investasi kapan saja dan dimana saja dengan memanfaatkan aplikasi investasi yang dapat diakses melalui smartphone. Perlu diingat bahwa investasi saham tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, sebelum memulai investasi saham pastikan untuk sudah memiliki pengalaman dalam investasi untuk meminimalisir resiko kerugian. 

Investasi Reksadana

Investasi reksadana adalah pilihan instrumen investasi terbaik untuk pemula. Anda dapat memulai investasi dengan modal kecil misalnya ratusan ribu saja. Walaupun investasi ini dapat dimulai dengan modal kecil, namun Anda dapat memiliki return yang memuaskan. Bahkan return yang diterima jumlahnya akan lebih tinggi dari tabungan berjangka atau investasi emas.

Baca Juga:  Pengertian Broker Saham, Tugas dan Cara Kerjanya

Selain itu sebagai investor pemula yang belum memiliki pengalaman yang cukup mengenai investasi tidak perlu khawatir karena investasi reksadana dikelola oleh manajer investasi. Dimana manajer investasi akan membantu berperan penting dalam pengambilan keputusan yang berkaitan jual beli produk reksadana. Dengan bantuan manajer investasi tentu akan meminimalisir resiko kerugian. 

Investasi Surat Berharga Negara

Instrumen investasi yang menjadi favorit kaum milenial saat ini adalah Surat Berharga Negara (SBN). Berdasarkan pengertiannya surat berharga negara adalah salah satu produk investasi  berupa surat utang negara yang diterbitkan tiap tahunnya untuk membiayai APBN.

Melalui investasi Surat Berharga Negara, secara tidak langsung investor akan ikut serta dalam pembiayaan pembangunan negara. Selain itu, investasi jenis ini memiliki berbagai keuntungan seperti pajak yang dikenakan lebih rendah dari produk investasi lainnya, nilai investasi SBM tidak terpengaruh atas naik turunnya pasar, dan modal yang diperlukan juga terjangkau mulai dari Rp1 juta. 

Deposit Berjangka

Deposito Berjangka

Investasi menggunakan deposito dapat dikatakan mirip dengan ketika kita menabung. Hanya saja yang membedakan pada instrumen investasi pasar modal ini Anda tidak bisa setiap saat untuk mengambil uang tersebut dan sudah masuk ke dalam deposito seperti biasanya Anda menabung. Hampir semua bank memiliki jenis investasi yang satu ini, kelebihan lainnya deposito juga akan dijamin oleh LPS (Lembaga Pinjam Simpan).

Properti

Investasi properti juga tergolong ke investasi yang diminati oleh kaum millennial. Hal ini dikarenakan nilai properti terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bahkan investasi ini juga dapat dijadikan passive income dengan menyewakan properti Anda.  Namun investasi properti tidaklah mudah karena harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal sebagai modal awal. Selain itu dalam perawatannya juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Baca Juga:  Investing Indonesia: Negara Tujuan Investasi Terbaik

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar