Beranda > Keuangan > Alasan Kenapa Harus Investasi Sejak Muda

Alasan Kenapa Harus Investasi Sejak Muda

Alasan Kenapa Harus Investasi Sejak Muda – Kenapa harus investasi sejak muda? Masa muda biasanya identik dengan bersenang-senang. Memang tidak ada yang salah dengan hal tersebut selama kamu juga tidak berlebihan melakukannya. Dalam artian, kamu juga harus tetap memikirkan masa depan. Tidak hanya terus-menerus mengeluarkan uang, kamu juga perlu memikirkan bagaimana cara mendapatkan uang tersebut.

Mendapatkan penghasilan sejak muda bukanlah hal yang mustahil. Kamu dapat berinvestasi sejak muda, alasannya karena invetasi tidak terlalu menguras waktu serta mudah dipraktekkan. Kamu bisa mulai dari cara belajar investasi.

Investasi bisa menjadi cara jitu mengingat potensi keuntungannya yang lebih tinggi daripada tabungan biasa. Agar kamu lebih termotivasi, yuk simak beberapa alasan kenapa kamu harus investasi sejak dini:

Sebagai Sumber Penghasilan Tambahan

Tentu setiap orang menginginkan penghasilan tambahan, kamu bisa nongkrong atau beli barang yang kamu idamkan tanpa harus menunggu transferan dari orang tua? Investasi bisa membantu kamu untuk itu dengan cara menghasilkan sumber pemasukan tambahan.

Asyiknya, uang investasi kamu bakal bertambah seiring berjalannya waktu berkat adanya hasil bagi kentungan dari investasi tersebut. Nah, karena nilai uang kamu yang terus bertambah karena investasi, kamu pun dapat menggunakan uang tambahan tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Investasi Mewujudkan Tujuan

Sebagai generasi milenial, tentunya kamu punya banyak tujuan serta target yang ingin dicapai, misalnya, berlibur ke negara tertentu, membeli kendaraan baru, membeli gadget idaman atau bahkan untuk modal menikah. Nah, tujuan seperti ini adalah alasan kenapa harus investasi. Seperti yang disebutkan di atas, investasi menawarkan potensi keuntungan yang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan menabung.

Baca Juga:  Pengertian Broker Saham, Tugas dan Cara Kerjanya

Beberapa produk investasi memiliki sifat fleksibel, dimana jangka waktu investasi bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuanmu. Contohnya kamu berinvestasi untuk jangka 5 tahun, di mana 5 tahun kemudian uang investasi tersebut dapat kamu tarik dan gunakan.

Kebebasan Finansial

Siapa, sih, orang yang tidak mau bebas finansial? Kamu pun juga pasti mau. Kebebasan finansial adalah suatu kondisi dimana ketika kamu memiliki asset dan uang untuk memenuhi semua kebutuhan hidup tanpa harus bekerja lagi. Bebas finansial juga menjadi alasan penting bagi anak muda kenapa harus investasi.

Tentunya meraih kebebasan finansial membutuhkan proses yang tidak sebentar. Semakin awal kamu memulainya, maka akan semakin banyak pula uang yang bisa kamu kumpulkan sehingga kebebasan finansial lebih cepat tercapai. Yuk, investasi!

Mempersiapkan Dana Untuk Masa Tua

Seiring bertambahnya usia, maka kondisi tubuh tidak akan seenerjetik masa muda. Pada suatu titik, kamu pun harus pensiun dari dunia kerja. Padahal, selama masa pensiun pun kamu tetap membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan. Itulah kenapa harus investasi sejak muda, sehingga kamu bisa mempersiapkan dana untuk masa tua nanti.

Semakin awal kamu mulai berinvestasi, semakin banyak dana pensiun yang bakal terkumpul. Dengan begitu, kamu bisa menjalani masa tua dengan nyaman, kamu dapat memilih produk investasi Dana Pensiun.

Kesimpulan

Investasi akan memberikan banyak keuntungan, mungkin kamu belum bisa merasakan manfaatnya sekarang, tapi investasi membantu kamu menciptakan masa depan dengan kebebasan finansial. Semoga alasan kenapa harus investasi sejak muda dapat memotivasi kamu serta membuat manajemen keungan kamu lebih baik!

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar