Beranda > Bisnis Online > Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Untuk Jualan Online?

Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Untuk Jualan Online?

Persiapan Jualan Online -Dengan digitalisasi membuat berbagai hal mudah untuk dijangkau melalui internet. Apapun itu bisa kita dapatkan melalui internet, termasuk jual beli dapat dilakukan secara online. Di zaman serba digital ini, praktik jual beli secara online hal lumrah di tengah masyarakat. Oleh karena itu bila kamu seorang pelaku bisnis, rasanya kurang afdol apabila tidak mencoba bisnis online.

Sebagian orang berpikir bisnis online hanya butuh internet dan gadget saja, tapi tentunya banyak hal lain yang perlu kamu persiapkan sebelum memulai bisnis online ini. Sehingga kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Nah kali ini Riswan Net akan berbagi beberapa tips apa-apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memlui bisnis online.

Apa itu Bisnis Online?

Banyak cara menghasilkan uang dari internet salahsatunya yaitu dengan jualan online atau bisnis online. Bisnis online sendiri merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan secara online melalui internet atau juga bisa disebut dengan . Jadi, setiap pelaku usaha yang sebagian aktivitasnya, maupun seluruh aktivitas bisnisnya dilakukan dengan internet, dapat dikatakan mereka sedang menjalankan bisnis online.

Aktivitas jualan online ini sendiri, dapat meliputi jual beli barang secara online, ataupun menyediakan jasa secara online, dan masih banyak jenis bisnis lainnya yang dapat kamu temukan di online di berbagai bidang industri. Intinya, apabila kamu mempunyai sebuah bisnis atau produk yang unik, maka kamu bisa langsung mulai untuk menjualnya lewat internet. Artinya semua orang bisa saja mencoba dan memulai jualan online.

Benifit dan Kekurangan

Jualan secara online memang memiliki potensi dan manfaat tersendiri. Benifit paling umum dari bisnis online yaitu tidak perlu tempat khusus untuk berbisnis, kamu bisa melakukannya di rumah, kamar ataupun di tempat nongkrong. Sehingga tidak membutuhkan biaya besar.

Selain itu pada bisnis online kamu dapat menggunakan tools-tools dan software yang dapat membantu pekerjaan kamu lebih cepat, otomatis dan praktis, dan beberapa hal seperti akses internet yang mudah, fleksibel kapan saja dan dimana saja selama 24 jam selama seminggu penuh.

Meski jualan secara online memiliki banyak manfaat, namun dalam prosesnya kamu pasti akan menghadapi berbagai tantangan contoh kecilnya memerlukan sumber daya yang memumpuni, kemampuan teknis tentang internet dan website, pengeluaran untuk biaya perangkat komputer, gadget ataupun software pendukung.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Untuk Jualan Online

Bergelut dalam bisnis online ini tentunya kamu perlu persiapan yang matang. Sama halnya dengan bisnis lain, ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan. Berikut ini akan dijelaskan secara singkat beberapa hal yang dibutuhkan untuk persiapan jualan online:

Baca Juga:  10 Peluang Usaha Menjanjikan di Tahun 2019

Ide Bisnis

Hal pertama yang diperlukan dalam persiapan jualan online adalah ide bisni.. Ide bisnis ini sendiri, bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Ada ide yang muncul secara spontan, entah itu dalam keadaan seperti apa, ada saja yang muncul setelah anda membaca sumber dari media atau mencari tahu. Sebuah ide bisnis yang baik itu adalah biasa, namun bila anda mempunyai ide yang unik itu baru luar biasa. Nah bila anda ingin menjalankan bisnis online yang sudah ada, maka anda perlu mengetahui dan mempertimbangkan jenis bisnis online seperti:

Produk

Produk adalah hal selanjutnya yang harus anda persiapkan. Apabila anda telah mempunyai ide bisnis, tentunya anda sudah tahu dan menentukan produk seperti apa yang nantinya akan dipasarkan serta dijual ke masyarakat. Produk adalah sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar untuk dipakai, dimiliki, diperhatikan atau dikonsumsi, sehingga bisa memuaskan keinginan atau kebutuhan masyarakat.

Bisa disimpulkan, jika hampir semua yang termasuk produksi merupakan benda yang bisa dilihat, diraba dan dirasakan. Memilih produk adalah hal yang tidak mudah dalam bisnis online, terutama untuk orang yang baru pertama kalinya terjun ke dunia digital. Jika anda masih bingung mencari dan memilih produk untuk bisnis online anda, berikut ini ada beberapa caranya:

  • Memilih produk yang benar-benar dibutuhkan d ipasar
  • Memilih produk yang sesuai dengan minat dan kebiasaan customer
  • Menyediakan produk yang sesuai dengan minat dan kemauan anda
  • Memanfaatkan pengalaman dan keahlian yang anda miliki
  • Mengetahui dan memanfaatkan trend yang ada

Channel

Setelah menemukan ide bisnis, konspe serta produk yang akan kamu jual secara online, selanjutnya yaitu mempersiapkan channel bisnis online kamu. Channel ini berfungsi sebagai tempat kamu menjual, memasarkan dan mengkomunikasikan bisnis kamu. Contoh cannel untuk bisnis online di antaranya:

  • Toko online (website)
  • Akun Marketplace
  • Blog
  • Social media

Buatlah list secara khusus untuk ide yang muncul, kemudian tuangkanlah ke dalam bentuk tulisan, sehingga anda tidak akan lupa. Jika ide tersebut sudah cukup terkumpul, selanjutnya mulailah menyaring seluruh ide. Tujuan penyaringan tersebut adalah untuk memilih ide yang terbaik untuk di eksekusi.

Strategi Bisnis

Bisnis tanpa ada strategi tentunya akan menjadi berantakan. Tujuan dari strategi ini, selain untuk mengarahkan bisnis supaya tetap pada track, minimal anda telah menyiapkan harapan yang terbaik, bersiap untuk menghadapi keadaan terburuk dan berharap yang terbaik. Dalam bisnis online sendiri, paling tidak ada 2 strategi yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk yaitu yang gratis dan berbayar.

Cara promosi gratis adalah dengan memanfaatkan akses internet untuk berkunjung ke beberapa blog iklan baris, memasang iklan di blog iklan baris gratis, atau bisa juga memosting promosi pada grub social media seperti instagram, twiter, facebook dan lain sebagainya. Cara yang satu ini bisa dibilang lebih memakan waktu dan menguras pikiran serta tenaga. Selain itu, bicara mengenai hasil juga belum dapat dipastikan. Jadi banyak yang berhasil, namun banyak juga yang mengalami kegagalan

Baca Juga:  Peluang Bisnis Online di Rumah Modal Kecil

Cara Promosi berbayar adalah cara promosi yang terbilang praktis. Jadi anda hanya perlu membayar, maka bisnis anda bisa berjalan dengan sendirinya. Akan tetapi, menggunakan cara promosi yang satu ini mengharuskan anda untuk berani berspekulasi. Maksutnya, meski anda sudah beriklan bisa saja iklannya efektif, namun bisa juga iklan tersebut kurang efektif. Apabila banyak yang membeli maka iklannya efektif. Sebaliknya, jika tidak artinya biaya iklannya akan sia-sia. Anda perlu memiliki strategi yang tepat dalam promosi demi keberlangsungan bisnis online anda.

Segmentasi dan Target Pembeli

Ini merupakan sebuah representasi gambaran dari customer ideal anda yang didasarkan pada riset pasar dan data real mengenai customer yang ada. Persona pembeli ini dapat diidentifikasi dari berbagai hal seperti lokasi, jenis kelamin, usia, minat, kategori, pendidikan dan lain sebagainya. Berbicara mengenai persona pembeli ini, anda juga harus memahami faktor apa saja yang dapat membuat seseorang mengambil sebuah keputusan. Hal ini juga sangat penting sebagai pegangan anda ke depannya saat sudah memulai bisnis online.

Faktor pertama adalah faktor eksternal seperti kelas sosial, keluarga, kelompok, budaya, dan usaha pemasaran. Faktor kedua adalah faktor internal yang lebih menekankan pada faktor psikologi para customer seperti sikap dan keyakinan, pengalaman, dan kepribadian yang dimiliki oleh customer. Dengan mengetahui perilaku konsumen dalam membeli sebuah produk online, anda dapat memperoleh gambaran lebih untuk menghubungkan produk yang akan anda jual dengan persona pembeli.

Finansial dan Sumber Daya

Hal terakhir dan penting yang harus anda persiapkan adalah modal. Jika bisnis offline biasanya memerlukan modal yang sangat banyak, entah itu berupa uang, peralatan dan tenaga kerja, maka dalam bisnis online tidak demikian. Sebaliknya anda akan mendapatkan benefit dari jualan online dalam hal modal yang relatif lebih kecil.

Meskipun benefit tersebut sudah pasti anda dapatkan, mungkin diantara anda ada yang masih ragu menjalankan bisnis online, terutama menyangkut modal. Nah, cara lain yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan modal lebih adalah dengan meminjam uang ke bank atau mengajukan proposal kerjasama. Dengan begitu, modal yang minim tidak akan menjadi penghalang anda untuk memulai bisnis online.

Kurang lebih demikianlha tips apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memuai bisnis online. Semoga informasi yang Riswan Net sampaikan di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar