Beranda > Daily Life > Pembahasan Lengkap Mengenai Majas Personifikasi

Pembahasan Lengkap Mengenai Majas Personifikasi

INDOZONE – Pada kehidupan sehari-hari, mungkin tidak menyadari bahwa Anda menggunakan majas dan gaya bicara baik ketika percakapan tatap muka maupun media sosial. Majas yang paling umum digunakan untuk membuat tulisan agar lebih memikat dan enak dibaca adalah majas personifikasi.

Ungkapan ini digambarkan sebagai perumpamaan benda mati dengan sifat yang menyerupai makhluk hidup, sehingga mudah dikenali. Contoh majas personifikasi juga sering dijumpai dalam berbagai puisi, cerpen, novel dll.

Anda pasti bertanya-tanya majas personifikasi itu apa, apa ciri-cirinya dan bagaimana memberikan contohnya. Sekarang Indozone telah menyusun pengertian personifikasi dan contoh personifikasi yang pasti mudah dipahami.

Pengertian Majas Personifikasi

Pengertian Majas Personifikasi

Ilustrasu buku berisi majas personifikasi ( Pinttres)

Personifikasi dalam Bahasa Yunani “prosopopoeia” yang mempunyai makna memanusiakan. Jadi Secara umum, pengertian majas personifikasi adalah suatu gaya bahasa dalam karya sastra yang memberikan sifat-sifat insani (manusiawi) kepada benda mati atau benda hidup yang bukan manusia (hewan, tumbuhan), sehingga seolah-olah dapat bersikap layaknya seorang manusia.beberapa Contoh benda mati berupa langit,  kursi, buku, bunga, & lain sebagainya. Majas Personifikasi satu jenis majas perbandingan sering dipakai pada karya sastra, misalnya puisi.

Ciri-ciri Majas Personifikasi

Ciri-ciri Majas Personifikasi

Ilustrasi majas personifikasi ( Pinteres )

Majas Personifikasi termasuk salah satu Majas Perbandingan, yaitu majas yg dipakai buat membandingkan atau menyandingkan suatu objek menggunakan objek lainnya. Majas ini mempunyai karakteristik-karakteristik spesifik yang membedakannya menggunakan jenis gaya bahasa lainnya. Berikut ini adalah beberapa ciri-cirinya:

  • Gaya bahasa ini menggunakan pilihan kata yang memberikan suasana atau memiliki sifat benda mati dan kemanusiaan.
  • Gaya majas personifikasi mengandaikan benda mati dan benda hidup (hewan, tumbuhan) dibandingkan dan berperilaku layaknya
  • Gaya yang dipersonalisasi menggambarkan situasi dengan gambaran
Baca Juga:  Deterjen Bubuk atau Deterjen Cair? Inilah Sabun yang Sebaiknya Ibu Gunakan untuk Mencuci Pakaian Bayi

Contoh-contoh Majas Personifikasi

Contoh-contoh Majas Personifikasi

Ilustrasi majas pesonifikasi ( Pinteres )

Untuk lebih memahami gaya bahasa ini, kita perlu mempertimbangkan beberapa contoh penggunaannya dalam kalimat. Berikut adalah beberapa contoh majas personifikasi:

  1. Aroma masakan mama pagi ini menggoda para tetangga di sekitar rumah.
  2. Nyiur melambai-lambai ke arah ku seolah tak ingin aku meninggalkan pantai.
  3. Panasnya mentari siang itu membakar kulit tangan wanita cantik itu.
  4. Daun-daun pepohonan berbisik lembut tertiup angin sepoi-sepoi.
  5. Badai tsunami itu menyapu bersih rumah-rumah yang dilaluinya.
  6. Gunung berapi itu akhirnya memuntahkan isi perutnya yang panas ke permukaan.

Selengkapnya dapat di lihat di website Indozone. Demikianlah pembahasan ringkas mengenai pengertian majas personifikasi, ciri-ciri, serta contoh penggunaan gaya bahasa ini di dalam suatu karya tulis. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar