Beranda > Bisnis Online > Ide Bisnis Online Hanya Bermodalkan Komputer & Internet

Ide Bisnis Online Hanya Bermodalkan Komputer & Internet

Sadarkah Anda, semakin pesat perkembangan teknologi saat ini, semakin terbuka lebar pula peluang usaha untuk Anda. Bahkan banyak dari peluang usaha yang tidak memerlukan modal besar untuk memulainya, hanya membutuhkan komputer dan koneksi internet saja.

Bisnis online saat ini sangat diminati banyak kalangan terutama generasi milenial. Alasannya karena bisnis online sangat fleksibel, dapat dilakukan dimana dan kapan saja, modal yang dibutuhkan terhitung kecil bahkan ada yang tanpa modal, namun keuntungan yang dihasilkan dapat lebih besar dibandingkan karyawan kantor biasa.

5 Bisnis Online dengan Modal Komputer & Internet

Berikut 5 rekomendasi bisnis online bermodalkan komputer & internet saja

1. Blogger & Penulis Lepas

Apabila Anda memiliki hobi menulis, coba manfaatkan keahlian Anda untuk dijadikan peluang bisnis. Anda dapat membuat website untuk menampung semua hasil karya Anda agar mudah ditemukan oleh pembaca.

Dalam membuat website sendiri, ada baiknya Anda menggunakan jasa cloud hosting Indonesia agar website Anda dapat berkembang. Kini banyak yang menawarkan jasa tersebut sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu besar.

Cloud hosting akan membantu meningkatkan performa website Anda, website dapat lebih mudah ditemukan pembaca, selain itu tampilan web juga dapat terlihat lebih menarik.

Baca juga: Pengertian dan Komponen pada SEO Off Page

Menjadi seorang blogger juga dapat menjadi pilihan untuk Anda. Jika Anda memiliki blog sendiri, Anda dapat memasang iklan menggunakan Google Adsense. Selain itu Anda dapat menjual jasa untuk review produk.

Semakin banyak Anda mengisi blog dengan berbagai konten artikel, semakin besar kemungkinan jasa yang Anda tawarkan dilirik banyak orang karena dapat menambah daya tarik blog atau website yang Anda buat.

2. Jasa Desain Grafis atau Jual Hasil Foto Online

Saat ini banyak orang atau perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis. Di era digital ini desain grafis banyak digunakan para pelaku bisnis sebagai media promosi. Jasa seperti ini dapat menghasilkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit. Sebuah desain dapat dihargai sangat mahal, ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Pekerjaan ini sangat fleksibel terhadap waktu, Anda hanya perlu memperhatikan deadline pekerjaan, jangan sampai melewati batas waktu yang telah ditentukan agar klien tidak kecewa dan ingin menggunakan jasa Anda kembali.

Baca Juga:  10 Peluang Usaha Menjanjikan di Tahun 2019

Baca juga: Cara Menyusun Webinar yang Baik dan Benar

Anda dapat menjual desain yang Anda buat melalui platform digital yang terpercaya. Bahkan ada platform untuk lelang proyek jasa desain dengan nilai yang cukup fantastis. Buatlah portofolio desain semenarik mungkin agar customer tertarik dengan jasa Anda.

Seringlah melatih skill desain Anda, agar desain yang dihasilkan semakin berkualitas. Apabila Anda memiliki hobi fotografi, hasilkan pundi-pundi uang dari hasil foto Anda. Anda dapat menjual hasil jepretan Anda dengan harga yang cukup menggiurkan.

Gunakan situs yang sudah tersedia untuk menampung hasil foto, Anda hanya perlu menunggu customer membeli hasil jepretan Anda. Namun harus selalu diingat untuk mencari tahu terlebih dahulu situs stok foto mana saja yang popular juga terpercaya agar hasil kerja keras Anda sia-sia.

Baca juga: Strategi Meningkatkan Engagement Konsumen Lewat Foto Produk

Sebelum itu, lakukan riset terlebih dahulu untuk kebutuhan pasarnya, cari tahu keyword yang paling dicari customer, kemudian dijadikan referensi bagi tema foto yang akan dibuat.

Ambilah objek foto dari beberapa angle agar Anda memiliki stok pilihan sehingga dapat menentukan foto mana yang terbaik dan menarik perhatian calon customer. Agar foto Anda lebih menarik, buatlah dengan kualitas tinggi.

Anda juga dapat menggunakan website untuk menunjukkan hasil foto secara online. Gunakan cloud hosting Indonesia untuk mendukung kerja website Anda. Berikan watermark pada setiap foto, agar foto Anda tidak dicuri orang lain.

3. Desain Website Online

Bisnis online yang tidak kalah menjanjikan juga adalah jasa desain website online. Pada dasarnya bisnis ini tidak sulit dilakukan, bahkan tidak perlu memiliki latar belakang teknik informatika atau ahli coding. Anda dapat memanfaatkan CMS (Content Management System).

Website saat ini digunakan sebagai media promosi produk atau jasa yang dijual perusahaan. Desain website yang menarik dan profesional dapat membantu meyakinkan customer untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.

Baca juga: Mengintip Sejauh Mana Kekuatan Storytelling Untuk Penjualan

Berikan harga yang kompetitif, buatlah calon customer berfikir bahwa harga yang Anda tawarkan sangat layak dengan aapa yang akan mereka dapatkan. Apalagi jika Anda baru merintis dan belum terlalu dikenal banyak orang.

Hal wajib yang harus Anda perhatikan juga adalah tepat waktu dalam mengerjakan proyek. Jangan buat pelanggan Anda kecewa. Pertahankan kualitas dan pelayanan yang tepat waktu agar customer merasa puas dan ingin kembali menggunakan jasa Anda.

Baca Juga:  Cek plagiarisme | 03 Pemeriksa Plagiarisme Khusus pada tahun 2022

4. Admin Media Sosial

Menjadi admin media sosial menjadi profesi yang banyak dilirik perusahaan untuk memegang akun media sosial mereka. Dari perusahaan dengan skala kecil sampai besar tentu memiliki akun media sosial, bahkan sampai ada yang memiliki beberapa akun.

Pekerjaan ini tidak hanya dilakukan secara full time, namun bisa dilakukan secara paruh waktu. Untuk meningkatkan promosi produk suatu perusahaan, tentunya membutuhkan keterampilan yang khusus, meskipun terkesan sangat mudah namun pekerjaan ini tidak bisa Anda sepelekan.

Anda perlu menemukan ide juga konsep untuk sistem digital marketing perusahaan yang menjadi klien Anda agar klien Anda memiliki ciri khas dan memiliki keunggulan dibanding kompetitornya.

Baca juga: Pentingnya Strategi Pembuatan Konten Kolaborasi dengan Kompetitor

Sebagai admin media sosial, Anda harus mencari tahu informasi ter-update yang beredar di masyarakat. Perputaran informasi di dalam dunia digital sangat cepat, sehingga untuk menyesuaikannya Anda tidak boleh malas untuk sering mencari tahu perkembangan informasi yang ada.

Ada baiknya Anda juga mencari informasi dari situs-situs luar negeri, karena biasanya situs di luar negeri jauh lebih up to date. Sehingga menjadi kelebihan juga bagi Anda. Profesi ini bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan karena perusahaan sangat terbantu untuk meningkatkan jumlah pengunjung dengan memanfaatkan media sosial.

5. Reseller produk

Bisnis lain tanpa modal yang dapat Anda coba ialah menjadi reseller produk. Hanya bermodalkan komputer atau smartphone dan koneksi internet, Anda sudah bisa menjual produk tanpa harus memikirkan dana atau tempat untuk menyetok barang.

Carilah supplier barang yang memiliki prospek penjualan tinggi, kemudian Anda hanya perlu membuat akun di media sosial lalu mempromosikan barang yang akan dijual. Menunggu konfirmasi pembayaran dari customer, kemudian memesankan barang kepada supplier. Untuk pengiriman sepenuhnya akan ditangani oleh supplier.

Baca juga: Cara Riset Target Audiens Brand Toko Online

Bisnis ini tergolong bisnis dengan resiko kecil, namun kemungkinan keuntungan yang cukup besar. Selain itu bisnis ini sangat hemat waktu, tidak perlu memikirkan sistem produksi, mencari investor, atau mengurus hal-hal rumit lainnya.

Agar Anda menjadi reseller yang dipercaya oleh customer, pastikan penanganan dilakukan dengan cepat dan bertanggung jawab. Meskipun pengiriman barang dilakukan oleh supplier, tapi Anda tetap bertanggung jawab untuk memastikan barang sampai ke tangan customer, sehingga Anda mendapat testimoni yang baik dari customer.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar