Beranda > Android > Perbedaan Menarik Antara OS Andorid dan IOS, Kamu Harus Tahu!

Perbedaan Menarik Antara OS Andorid dan IOS, Kamu Harus Tahu!

Perbedaan Menarik Antara OS Andorid dan IOS, Dua sistem yang paling populer di kalangan pengguna smartphone adalah Android dan iOS [Phone], apalagi smartphone OS yang berbasis layar sentuh. Dua sistem operasi tersebut sampai saat ini terus bersaing dalam memperebutkan pasar yang mereka inginkan. Namun bagi iPhone sendiri harga yang mereka keluarkan masih cukup tinggi bagi kalangan menengah ke bawah. Inilah dia perbedaan yang paling menarik diantara OS Android dan IOS:

1. Segi Pengembang [source]

Perbedaan yang mencolok antara OS Andorid dan IOS adalah dari segi pengembangan [ source ]. OS android bersifat open source, artinya setiap pengguna android dapat melakukan pengubahan sesuai dengan selera dan keinginan yang biasa disebut dengan AOSP.  Artinya Google memberikan source tersebut kepada android untuk di gunakan dalam pembuatan Custom rom. Seperti ;

  • OMNIRUM
  • CYANOGENMOD
  • ROM MIUI

Itulah source yang ada di android. Sedangkan source yang ada di OS IOS bersifat closed source yang artinya setiap pengguna tidak dapat melakukan pengubahan terhadap perangkat sesuai yang diinginkan. Semua aplikasi yang dibutuhkan oleh pengguna sudah di sediakan oleh IOSnya, atau kalau memang ada yang kurang dari aplikasinya, bisa minta persetujuan dari Apple untuk memunculkan aplikasi tersebut dalam IOS.

Baca Juga: Cara Membaca artikel Secara Offline di Android

Sejujurnya,open source Android bisa menjadi kelemahan, bisa juga menjadi kelebihan. Namun ‘’tangan-tangan jahil’’ akan memanfaatkan keterbukaan pengembangan ini kepada hal-hal yang negatif yang nantinya akan menyebabkan eror pada OS Android  yang kita pakai.

Sedangkan  source pada IOS akan lebih aman dari pada source yang dimiliki OS Android karena bersifat tertutup, artinya tidak setiap orang bisa menggunakan source tersebut dengan bebas, hanya pihak Apple saja yang bisa melakukannya. Dan ini menjadi salah satu keunggulan dari OS IOS.

Baca Juga:  Cara Menggunakan HP Android Sebagai Webcam di Laptop

2. Segi Aplikasi

Salah satu kelebihan iPhone adalah memiliki satu vendor. Satu vendor ini akan bisa dinikmati oleh pengguna iPhone ketika IOS nya mau di update. Kecuali spesifikasi hadrware yang dimilki  iPhone tersebut tidak mendukung. Sedangkan untuk pengguna Os Android, vendor yang dimilikinya banyak seperti android one, HTC, Samsung, Nexus, dan banyak lagi yang lainnya.

Jadi contohnya seperti samsung, jika samsung ada update terbaru, maka pengguna smartphone merek lain tidak bisa ikut mendapatkannya. Smartphone yang berbasis android bisa update terbaru jika vendor smartphone yang kita miliki mengeluarkan update tan tersebut.

Padahal, lebih dari 60% performa smartphone dipengaruhi oleh software. Itulah kenapa meski RAM iPhone hanya 1 GB dan kamera iPhone hanya memiliki beberapa MP tapi hasilnya memberikan kesan yang bagus. Dan bisa menyaingi smartphone android dengan RAM 3GB.

3. Segi Gaming

Google Play dan App Store adalah dua raksasa aplikasi dengan perkembangan kuantitas dan kualitas game yang paling cepat. Namun kalau kita bedakan dari segi kompabilitas jenis handsetnya, Iphone dan Android memang memiliki perbedaan yang sangat mencolok dengan berbeda jumlah variasinya. Dari berbagai tipe dan mereknya smartphone Android dapat mencapai ratusan jenis, sedangkan smartphone yang berasal dari apple hanya bisa mendapatkan 5 sampai 6 jenis saja.

Baca Juga: Cara menggunakan HP Android Sebagai Webcam di Laptop/PC

Kejadian inilah yang membuat setiap developer game harus memainkan game mereka di setiap device android agar dapat memastikan game yang dibuat oleh mereka bisa berjalan dengan baik. Kendala yang muncul pada game biasanya terjadi saat mencoba game di device yang terkenal aja.  Sedangkan para developer game untuk aplikasi Apple jarang atau bahkan tidak mengalami kejadian ini. Karena variasi dan jenis smartphone nya lebih sedikit.

Baca Juga:  Bingung Memilih antara Samsung S10 vs S10+? Simak Ulasannya Berikut Ini

4. Segi Tampilan

Dari segi tampilan fisik, android umumnya memiliki layar yang lebih besar beberapa inchi dibandingkan iPhone. iPhone memiliki desain yang cenderung monoton, alias ‘’ gitu-gitu saja’. Sedangkan kalau dari segi tampilan desain dan fisik android lebih baik dan unggul, untuk urusan desain bentuknya lebih variatif karena diserahkan sepenuhnya pada vendor. Artinya ada banyak perusahaan ‘’OS Android yang digunakan pada pembuatan  handphone mereka bebas mendesign bagaimana bentuk dan tampilan di handphone nya itu sesau apa yang mereka mau,baik jaringannya, spek, tema, maupun design bentuk handphone nya.

5. Segi Harga

Kalau di lihat dari segi harga android lebih unggul, karena kalau kita lihat di pasaran, banyak para penjual handphone dari berbagai merek hp yag menggunakan os android mereka menjualnya lebih terjangkau atau relative murah, walaupun ada sebagia yang mahal. Bahkan harga di bawah satu jutaan itu ada untuk smartphone android. Sedangkan kalau kita lihat harga untuk IOS, tidak ada smartphone apple yang harganya di bawah satu juta. Rata-rata mereka menjual handphone yang berbasis IOS itu di atas satu juta.

Nah itulah dia 5 perbedaan antara IOS dan android. Untuk kalian yang membaca artikel ini lebih suka yang mana? Kalian bisa menjawabnya di kolom komentar. Itulah dia artike yang bisa di bahas pada kali ini. Mudah-mudahan memberikan manfaat dan bisa mengambil ilmu dari artikel ini.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar