Beranda > Bisnis Online > 7 Tips Jualan di Instagram Ampuh Untuk Pemula

7 Tips Jualan di Instagram Ampuh Untuk Pemula

Tips Jualan di Instagram – Saat ini media sosial menjai kebutuhan banyak orang, kamu dapat melakukan banyak aktivitas melalui media sosial. Tidak hanya mencari teman atau kenalan baru, sekarang media sosial bisa kamu jadikan peluang bisnis baru.

Media sosial yang paling banyak digunakan untuk berjualan selain facebook, yaitu instagram. Instagram seperti yang diketahui bersama merupakan media sosial yang memfasilitasi penggunannya untuk berbagi media gambar dan video terbaik.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Instagram

Instagram sangat memungkinkan penggunanaya untuk berjualan dengan mudah. Apalagi saat ini terdapat banyak fitur yang disediakan oleh pihak instagram, seperti instagram bisnis dan instagram ads.

Tips Berjualan di Instagram

Berbicara berjualan di instagram, tentunya kita semua ingin laris manis berjualan di instagram, banyak cara yang dapat kamu lakukan supaya jualan di instagram laris manis.

Nah kali ini Riswan Net akan membahas tips dan langkah-langkah supaya jualan di instagram laris manis, baca selengkapnya di bawa ini:

1. Buat Akun Khusus Jualan

Langkah pertama berjualan di instagram yaitu kamu harus menyiapakan akun khusus untuk berjualan. Ini berarti kamu tidak boleh berjualan di akun instagram pribadi. Buatlah akun instagram khusus berjualan, supaya menimbulkan kesan yang professional.

Tips Laris Jualan di Instagram

Untuk membuat akun khusus jualan ini sebaiknya menggunakan nama akun yang mengandung “kata kunci” yang biasa dicari oleh orang lain. Sebagai contoh, apabila kamu jual pakaian, bisa menggunakan username @ayu.clothing.

Contoh kedua, bila kamu menjual produk sambal bisa membuat akun instagram dengan username @sambal.ayu. lebih kreatif maka akan lebih bagus.

Dengan menggunakan nama akun yang mengandung kata kunci, akun instagram berpeluang muncul di hasil pencarian ketika orang menuliskan nama produk yang merka cari.

Jangan lupa untuk menggunakan akun instagram bisnis, berbeda dengan akun personal akun tipe bisnis memiliki tambahan fitur dan memang didesain khusus untuk akun bisnis dan cocok untuk digunakan berjualan.

Caranya sangat mudah, kamu tinggal mengunjungi menu pengaturan, ubah akun ke bisnis lalu tautkan dengan halaman facebook kamu. Di akun bisnis kamu bisa menambahkan email, alamat dan no hp yang bisa dilihat oleh konsumen.

2. Foto Produk dan Caption Yang Menarik

Langkah ketiga adalah upload foto produk dan membuat caption postingan yang menarik, karena tentunya kedua hal ini yang menjadi konsumsi konsumen.

Baca Juga:  Syarat Mendapatkan Lencana Terverifikasi Akun Instagram

Foto produk harulah terlihat jelas dengan pencahayaan cukup. Kamu bisa menggunakan camera ataupun bila tidak ada bisa menggunakan camera hp dengan kualitas yang bagus.

Upload Produk dan Caption Menarik

Selain gambar yang menarik dan jelas, kamu harus bisa menampilkan caption tulisan yang memuat segala informasi tentang produk tersebut. tidak perlu panjang lebar, yang penting informasi tersampaikan dengan jelas dan dapat dipahami.

Di sini juga kamu bisa menggunakan ilmu copywriting, sehingga pembeli tertarik dengan produk yang kamu tawarkan. Memang tidak mudah, tapi jika kamu sering praktek maka akan terasa gampang.

Selain itu, kamu perlu memperhatikan waktu untuk upload produk. Di hari biasa usahakan untuk upload di jam-jam ketika orang istirahat, contoh jam istirahat siang 12:00 – 13:00 dan jam pulang kerja jam 20:00 – 22:00.

2. Mencari Follower Tertarget

Setelah upload produk, langkah selanjutnya yaitu mencari followers yang sesuai dengan produk yang kamu jual. hal ini biasa disebut dengan follower tertarget.

Misalkan, apabila kamu menjual produk hijab wanita, maka kamu bisa mencari akun instagram yang berjualan produk tersebut (pesaing) lalu lihatlah siapa saja yang mengikuti akun tersebut.

Langkah selanjutnya kamu follow sebanyak mungkin akun yang mengikuti instagram tersebut, lakukan hal ini pada beberapa akun. Otomatis ketika kamu follow, mereka akan mendapatkan notifikasi, dan kemungkinan besar akan follow balik akun kamu.

4. Gunakan Hashtag yang Relevan

Seperti kita ketahui, instagram memiliki fitur yang paling terkenal yaitu hashtag. Hashtag tersebut merupakan kata kunci yang memudahkan seseorang untuk menandai postingan mereka, hashtag ini bisa diibaratkan sebagai label.

Jadi jika kamu selesai upload foto produk dan membuat deskripisnya jangan lupa untuk memberikan hashtag yang sesuai dengan produk dan market kamu.

Menggunakan Hashtag Instagram

Contoh ketika kamu upload produk hijab muslimah, maka kamu bisa menggunakan hashtag #hijab #hijabmuslimah #hijabmurah #jualhijab dan sebainya.

Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu, hashtag mana saja yang sering digunakan dan memiliki fanyak follower. Dan juga jangan lupa untuk menambahkan hashtag bran atau nama produk kamu sendiri.

5. Upload Testimoni Pelanggan

Setalah melakukan empat langkah di atas, yakni membuat akun instagram bisnis, upload produk, dan mencari follower tertarget, langkah selanjutnya yaitu upload testimoni ataupun bukti transaksi.

Dengan adanya bukti transaksi dan testimoni, tentu hal ini dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap yang kamu tawarkan. Semakin banyak bukti transaksi dan testimoni maka semakin baik reputasi akun instagram.

Kamu dapat upload testimoni di feed instagram atau melalui instastory, lalu menambahkannya pada sorotan yang dinamai testimoni. Hal ini untuk mempermudah konsumen ketika mencari informasi toko kamu.

Baca Juga:  Cara Memindahkan Bisnis Offline Menjadi Online

Nah perlu kamu ketahui juga, kebanyakan calon pembeli akan mencari bukti transaksi serta testimoni toko sebelum mereka memuruskan untuk membeli produk kamu.

6. Menggunakan Tool Instagram

Saat ini ada banyak sekali tool instagram untuk membantu kamu membangun follower instagram baik itu instagram pribadi, bisnis atau toko online.

Fitur yang disedidakan lumayan banyak, contohnya seperti fitur auto follow, auto like post, auto unfollow, fitur jadwal post otomatis sampai fitur mencari follower yang tertarget.

Tool Instagram

Tentu fitur yang ditawarkan tools pihak ketiga ini sangat bermanfaat dalam mengembangkan follower, terutama follower akun instagram untuk jualan.

Tool instagram ini dapat kamu nikmati secara gratis dan ada beberapa yang berbayar. Contoh beberapa tool instagram yang populer adalah Virol, Gramshoot dan SocialUpgrade.

7. Endorse dan Paidpromote

Maraknya pengguna instagram dari mulai kalangan artis, pejabat, hingga tokoh lokal menjadikan kesempatan emas bagi pelaku usaha bisnis untuk bekerja sama dengan mereka.

Paslnya akun publik figur pada umumnya memiliki jumlah followers yang banyak serta loyal, maka tidak salah bila kamu menjalin kerja sama dengan mereka untuk mengiklankan produk kamu.

Cara tersebut merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan followers. Selain itu membuat akun jualan kamu dilirik oleh orang-orang sehingga menigkatkan potensi penjualan.

8. Berinteraksi Dengan Konsumen

Tips Jualan di Instagram yang terakhir yaitu meningkatkan interaksi dengan pengguna. Walaupun akun khusus berjualan. Tetapi cobalah seskali untuk membangun interaksi yang lebih dekat dengan follower kamu.

Tool Instagram

Kamu bisa posting konten yang berisikan kutipan ataupun hal lainnya yang dapat membangun interaksi dengan followers. Walaupun terkesan tidak bejualan sebenarnya cara tersebut merupakan teknik berjualan yang bisa bagus.

Selain itu kamu bisa menggunakan fitur instastory, di sana kamu dapat berineraksi dengan fitur question. Dan juga bisa mengadakan giveaway. Buatlah postingan giveaway, lalu buat pertanyaan yang mudah dan suruh followermu untuk mention teman mereka.


Kesimpulan

Nah, demikianlah infromasi mengenai Tips Jualan di Instagram laris manis. Selain tips di atas tentu masih banyak hal yang harus kamu perhatikan supaya jualan laris masni, tips di atas adalah garis besar yang bisa kamu praktekkan.

Hampir 70% penduduk di Indonesia memiliki akun media sosial, salah satunya yaitu instagram, maka tidak salah ketika kamu menjadikan instagram sebagai ladang jualan.

Membangun bisnis online tanpa modal besar memang sangat mungkin, salahsatunya berjualan di instagram. Apalagi bila mahir memanfaatkan fitur yang telah disediakan oleh Instagram. Semoga tips jualan di Instagram ini dapat menjadi bekal kamu sukses di masa depan.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar