Beranda > Tips Trik > Tips Menggunakan Internet Secara Sehat dan Bijak

Tips Menggunakan Internet Secara Sehat dan Bijak

Tips Menggunakan Internet Secara Sehat dan Bijak – Dengan internet maka kamu bisa melihat, menggapai dan terhubung dengan berbagai informasi. Apapun bisa kamu cari di internet. Begitu banyak ilmu ataupun informasi yang dapat kamu temukan di internet, baik itu ilmu pendidikan sekolah, ilmu agama, informasi terbaru, berbagai tutorial dan mulai dari anak kecil sampai orang tua menggunakan internet saat ini.

Internet memang berdampak besar bagi peradaban manusia saat ini, tapi internet tidak selalu mendatangkan hal positif bagi para penggunanya, tidak sedikit dampak negatif yang didapat dari intenet. Seperti terjadinya kejahatan melalui internet, terlalu candu sampai meninggalkan kewajiban, melihat hal negatif dan banyak hal negatif lainnya.

Tetapi semua itu pastinya kembali lagi kepada individu setiap pengguna, bagaimana sikap dan niat kita ketika berinteraksi dengan internet. Apakah digunakan untuk hal positif atau sebaliknya. Karena setiap sesuatu adalah pilihan, tergantung diri kita akan memijakan kaki di sisi mana.

Menggunakan Internet Secara Sehat dan Bijak

Menggunakan internet secara sehat dan bijak perlu adanya pengetahuan dan upaya dari diri kita sendiri. Banyak upaya dan pembelajaran supaya kita sebagai pengguna internet dapat terhindar dari hal-hal negatif yang ditimbulkan oleh internet. Berikut ini beberapa tips untuk berinternet secara bijak dan cermat:

Pembekalan dan Penyuluhan Terhadap Anak

Pentingnya pembekalan dan penyuluhan mengenai teknologi dan internet positif sejak anak-anak, karena anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi dan cenderung meniru apa yang mereka lihat. Anak-anak belum mampu untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Di sini Orang Tua dan Guru sangat berperan penting.

Baca Juga:  Cara Melihat Link Asli dari URL Yang Dipendekkan

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Menggunakan internet memang tidak memiliki batas, namun kita harus belajar untuk membatasi diri kita sendiri. Sesuaikan menggunakan internet dengan kebutuhan kita, jangan sampai berlebihan. Misalnya sebagai seorang pelajar, kita bisa menggunakan internet sebagai sarana pembelajaran dan gudang referensi. Seorang pedagang bisa menggunakan internet untuk promosi dan marketing.

Atur Waktu Penggunaan Internet

Terkadang kita bisa menghabiskan berjam-jam dengan internet hanya untuk hiburan dan mengabaikan waktu yang terbuang dengan sia-sia. Jangan sampai dengan adanya internet membuat kamu meninggalkan kewajiban karena terlalu candu dengan internet. Buatlah jadwal untuk penggunaan internet. Contoh bermain game online 30 menit per hari pada waktu tertentu. Berselancar di media sosial 30 menit per hari, dan lainnya.

Kritis Terhadap Informasi

Internet membuka cakrawala dunia, baik disengaja maupun tidak, beragam informasi dapat diterima dalam waktu kurang dari ukuran detik. informasi apa pun dapat kita temukan dengan internet. Kita harus tetap menanamkan sikap kritis dalam menerima berbagai informasi yang datang dari internet, karena penguna internet bukan hanya kalangan terdidik dan intelektual saja, dan tidak semua orang terdidik membagikan hal yang benar dengan internet. Oleh karenanya tidak boleh langsung menyerap semua informasi yang ada, perlu klarifikasi dan validasi informasi yang didapat.

Melakukan kegiatan positif

Kunjungilah situsyang memiliki konten positif dan bermanfaat yang dapat mengasah kemampuan dan bakatmu. Tidak sedikit orang sukses karena bakat mereka terasah dengan baik. Selain itu kamu bisa mengunjungi situs pendidikan dan pengetahuan sebagai referensi dan gudang buku digital kamu, contohnya seperti situs Buah Pikiran, Menonton video online untuk kebutuhan khazanah pengetahuan dan hiburan yang bernilai positif.

Baca Juga:  Syarat Mendapatkan Lencana Terverifikasi Akun Instagram

Produktif Dengan Internet

Internet bukan untuk digunakan searching informasi atau juga chatingan bersama teman saja. Dengan internet kamu bisa semakin produktif. Contohnya kamu bisa menggunakan internet sebagai ladang bisnis baru, seperti berjualan online, internet marketing dan bisnis digital. Membuat konten positif yang bisa disaksikan banyak orang melalui internet dan menghasilkan uang.

Pengawasan Anak di Bawah Umur

Sangat penting untuk mengawasi anak di bawah umur ketika berselancar di internet, karena mereka belum dibekali pengetahuan yang mendasar mengenai informasi yang ada di internet. Jangan sampai anak-anak dengan mudah mengakses hal-hal yang tidak pantas melalui internet karena kurangnya pengawasan dari orang tua. Oleh karenanya awasilah anak ketika menggunakan internet, memberikan konten yang relevan bagi anak.

Tips di atas merupakan hal fundamental yang harus diterapkan ketika kita menggunakan internet supaya tetap sehat dan bijak. Internet dapat menjadi senjata ataupun bumerang bagi penggunanya, kembali lagi ke individu masing-masing.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

2 pemikiran pada “Tips Menggunakan Internet Secara Sehat dan Bijak”

Tinggalkan komentar