Beranda > Kesehatan > Di Mana Toko Alat Kesehatan Terdekat? Dan Apa Fungsi Alat Kesehatan

Di Mana Toko Alat Kesehatan Terdekat? Dan Apa Fungsi Alat Kesehatan

Sebelum Saya Membahas Tentang Toko Alat Kesehatan Terdekat Saat ini dunia kesehatan berkembang sangat pesat dengan perkembangan ilmu kesehatan yang semakin maju ditunjukkan dengan canggihnya alat kesehatan (alkes). Berbagai fitur canggih disematkan dalam alkes yang digunakan di rumah sakit atau pun klinik modern. Sangat penting bagi sarana kesehatan untuk terus mengupdate alkesnya guna meningkatkan pelayanan. Sebenarnya apa itu alkes? simak ulasan lengkapnya.

Pengertian Dan Fungsi Alat Kesehatan

Alat kesehatan adalah barang, instrument aparat atau alat yang dibuat dengan tujuan untuk digunakan dalam pelayanan kesehatan. Dengan tujuan pembuatannya baik untuk penelitian, perawatan, diagnosis, penyembuhan penyakit, pencegahan penyakit atau kelainan pada manusia. Intinya semua benda yang dimaksudkan untuk membantu pelayanan kesehatan dinamakan alkes.

Contoh Alat Kesehatan Dasar

Ada berbagai macam alat kesehatan mulai dari yang dasar sampai yang sangat canggih dan kompleks yang digunakan untuk memberikan layanan kesehatan. Berikut ini contoh alkes dasar yang sering kali digunakan dalam layanan kesehatan dasar:

  • Abocath (Jarum Infus). Alkes ini adalah jarum yang digunakan untuk memasukkan infus ke dalam tubuh pasien, memiliki berbagai ukuran sesuai kegunaannya. Ukurannya mulai dari ukuran anak-anak sampai ukuran paling besar untuk dewasa.
  • Infus Set/ Transet (Selang Infus). Alkes ini berupa satu set selang dan pengatur volume infus yang menempel pada selangnya. Satu set selang infus ini dibutuhkan untuk memasukkan cairan infus atau cairan makanan ke dalam tubuh pasien.
  • Cairan Infus. Alkes ini berupa cairan infus yang digunakan sesuai kebutuhan dan kondisi pasien saat masuk ke pelayanan kesehatan. Cairan infus ada berbagai macam isinya mulai glukosa, RD5, Ringer Laktat, elektrolit dan lainnya.
  • Stetoskop. Alkes ini digunakan untuk mendengarkan suara yang ada di dalam tubuh pasien, mulai dari jantung, pencernaan dan lainnya. Hanya dokter dan tenaga kesehatan (nakes) terlatih yang memahami arti suara-suara tersebut.
  • Tensimeter. Alkes ini digunakan untuk mengukur tekanan darah pada pasien yang datang ke pelayanan kesehatan. Untuk membantu diagnose dokter apakah pasien mengalami hipertensi (darah tinggi) atau hipotensi (darah rendah).
  • Termometer. Alkes ini digunakan untuk mengukur suhu pasien yang melakukan pemeriksaan, berguna untuk mengetahui apakah ada demam atau tidak.
    Pinset (Jepitan). Alkes ini digunakan oleh nakes saat melakukan tindakan operasi atau lainnya yang membutuhkan jepitan.
  • Spuit (Suntikan). Alkes ini dibutuhkan dokter atau nakes terlatih untuk melakukan injeksi pada pasien. Wajib ada pada setiap layanan kesehatan karena berguna untuk memasukkan obat ke dalam tubuh.
Baca Juga:  Cara Merawat Perban Luka Agar Cepat Sembuh

Beberapa contoh alat kesehatan di atas adalah alkes yang paling sering digunakan dan wajib ada pada layanan kesehatan dasar. Selain alkes dasar tentunya masih banyak alkes yang kompleks dan bahkan penggunaannya sangat beresiko, sehingga Menteri kesehatan melakukan penggolongan alkes.

Penggolongan Kelas Alat Kesehatan

Dalam peraturan Menteri kesehatan alkes digolongkan menurut akibat yang ditimbulkan pada pasien jika terjadi kesalahan penggunaannya. Penggolongan alkes menurut resiko menyebabkan akibat ini digolongkan menjadi 4 golongan kelas, yaitu:

  • I (Satu): Kelas IA adalah golongan alkes yang jika digunakan dan terjadi kesalahan penggunaan tidak akan menyebabkan akibat berarti. Penilaian untuk alkes golongan ini hanya dilihat pada mutu produknya saja.
  • IIa (Dua A): Kelas IIa ini adalah golongan alkes yang jika digunakan dan terjadi kesalahan bisa menyebabkan akibat pada pasien tetapi bukan sebuah kecelakaan yang serius. Penilaian alkes ini sebelum beredar harus memenuhi persyaratan yang lengkap tapi tidak perlu melakukan uji klinis.
  • IIb (Dua B): Kelas II b ini adalah golongan alkes yang jika digunakan dan terjadi kesalahan akan mengakibatkan akibat sangat berarti tapi bukan kecelakaan yang serius. Penilaian alkes ini sebelum beredar cukup ketat, mulai dari persyaratan, analisa resiko dan bukti keamanan tapi tidak butuh uji klinis.
  • III (Tiga): Kelas III adalah golongan alkes yang jika digunakan dan terjadi kesalahan akan berakibat serius pada pasien dan operatornya. Penilaian alkes ini sebelum beredar sangat ketat mulai dari persyaratan, analisa resiko, bukti keamanan hingga uji klinis.

Demikian penggolongan alkes menjadi beberapa kelas berdasarkan resiko akibat kesalahan penggunaannya pada pasien dan operator. Penggolongan di atas akan mempengaruhi syarat-syarat dan ijin edar sebuah alkes di pasaran. Namun selain memiliki resiko dalam penggunaannya alkes tetap memiliki manfaat yang besar bagi sebuah pelayanan kesehatan.

Manfaat Alat Kesehatan

Tentunya setiap alkes memiliki manfaatnya masing-masing yang bertujuan untuk menunjang pelayanan kesehatan. Dengan adanya alkes maka tenaga kesehatan akan sangat terbantu dalam melakukan penanganan terhadap orang sakit atau pasien. Berikut manfaat dari alat kesehatan itu sendiri sehingga penting digunakan dalam setiap layanan kesehatan:

1. Mempercepat Diagnosa Penyakit Dengan Akurat

Banyak sekali jenis penyakit yang harus ditangani di sebuah pelayanan kesehatan baik klinik, rumah sakit atau praktek dokter pribadi. Berbagai penyakit tersebut semuanya sangat urgent dan harus cepat dalam menegakkan diagnose agar segera mendapat penanganan yang tepat. Semakin cepat penyakit terdiagnosa maka tenaga kesehatan akan bisa segera mengatasi gejala dan penyebabnya, sehingga kondisi buruk pada pasien bisa segera diatasi.

Baca Juga:  Mengenali Efek Samping Obat Lambung

2. Bantu Tindakan Dengan Cepat Untuk Penanganan Kegawatan

Alkes juga sangat berperan pada saat keadaan gawat dan darurat, karena akan membantu mempercepat tindakan yang diberikan oleh tenaga kesehatan. Pada pasien gawat yang biasanya masuk melalui UGD sangat membutuhkan alkes yang bisa mempercepat pekerjaan tenaga kesehatan. Sebagai contoh bisa menggunakan Defibrilator untuk mengatasi henti jantung pada pasien, dan masih banyak lagi alkes lainnya.

3. Untuk Pengobatan Penyakit Yang Butuh Penanganan Khusus

Saat ini alkes semakin canggih dengan berbagai fitur yang disematkan bisa sangat membantu dokter dan tenaga kesehatan dalam melakukan pengobatan. Dengan menggunakan alkes canggih dokter bisa melakukan penyembuhan pada penyakit yang membutuhkan penanganan khusus seperti MRI, CT Scan, Radiologi dan lainnya. Dengan kecanggihan alkes saat ini, semua penyakit bisa ditangani dengan baik guna mengurangi kesakitan pada pasien.

4. Mudah Menentukan Pengobatan

Dengan alkes yang digunakan untuk memeriksa pasien oleh dokter maka akan memudahkan dokter menentukan diagnose dan menentukan pengobatan. Berbagai alkes bisa digunakan untuk menegakkan diagnose oleh dokter. Setelah ditentukan diagnosa dan metode pengobatannya maka pasien akan segera bisa ditangani dan diatasi kesakitannya.

5. Meningkatkan Pelayanan Kesehatan

Manfaat sekaligus tujuan akhir penggunaan alkes adalah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien. Sebuah instansi layanan kesehatan harus dilengkapi dengan alkes terkini untuk memberikan kenyamanan pada pasien. Dengan adanya alkes terkini maka dokter akan lebih mudah memberikan pelayanan kesehatan kepada pasiennya. Pasien juga akan lebih puas dengan pelayanan yang diberikan kepadanya.

Itulah ulasan lengkap tentang alat kesehatan mulai dari pengertian, golongan, contoh sampai manfaatnya yang bisa dijadikan referensi. Informasi tentang alkes tidak sangat penting bagi tenaga kesehatan atau pun orang yang berkecimpung di dunia kesehatan, terutama pelayanan kesehatan. Dengan mengetahui info tentang alkes maka akan menambah pengetahuan untuk meningkatkan layanan kesehatan yang diberikan.

Toko Alat Kesehatan Terdekat

Maka Dari Itu Jika Anda Salah Satu Orang Yang Mencari Toko Alat Kesehatan Terdekat Jawabanya Ada Di Alkes Duaputry, Karena Toko Alat Kesehatan Duaputry Adalah Salah Satu Tempat Yang Menjual Alat Kesehatan Terdekat Di Jawa Barat Khususnya Jakarta Dan Sekitarnya.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar