Beranda > Bisnis > Kembangkan Usaha Anda dengan Website Bisnis

Kembangkan Usaha Anda dengan Website Bisnis

Kebutuhan akan hosting kian meningkat seiring sadarnya para pelaku usaha akan pentingnya website bagi bisnis mereka, baik itu perusahaan skala besar, usaha menengah, usaha kecil, maupun usaha mikro.

Di era serba digital seperti saat ini, semua orang memanfaatkan Google untuk mencari informasi termasuk ketika mereka mencari produk yang mereka butuhkan, mencari jasa atau layanan, atau hal apapun saya yakin yang terlintas di pikiran adalah mencarinya di internet.

Oleh karena itu, kehadiran kita sebagai sebuah bisnis menjadi sangat penting demi dapat terus eksis, visible dan tetap mengikuti permintaan dan perlikau konsumen yang terus berubah.

Apa Itu Website Bisnis?

Lalu website apa yang cocok untuk Bisnis kamu? Tentunya sangat variatif, kembali lagi pada kebutuhan dan tujuan dari website yang kamu buat. Akan tetapi secara fungsional jenis website yang kamu butuhkan yaitu Website Bisnis.

Sesuai dengan namanya, website bisnis adalah website yang digunakan untuk kepentingan bisnis tertentu. Website bisnis ini memberikan informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan, harga, lokasi usaha dan sebagainya.

Sehingga dengan menggunakan website, bisnis bisa semakin dikenal oleh masyarakat umum karena dapat menjangkau konsumen lebih luas, tidak terbatas oleh waktu, jarak dan umur. Beda cerita bila kamu hanya memasang banner iklan di jalan, tentunya yang dapat melihat iklan tersebut hanya orang yang lewat saja, walaupun startegi ini menurut saya tetap relevan saat ini.

Jenis Website Bisnis

Terdapat dua jenis website bisnis, yaitu website yang hanya menampilkan produk, portfolio perusahaan, alamat perusahaan tanpa bisa melakukan transaksi di website, sehingga transaksi dialihkan ke e-commerce seperti Tokopedia ataupun diarahkan ke Whatsapp.

Jenis website yang kedua adalah website yang menyediakan fitur transaksi di website itu sendiri, website seperti ini biasa disebut dengan istilah online store atau toko online atau online store (e-commerce untuk store berskala besar).

Lalu lebih baik mana? website yang hanya menampilkan informasi produk dan portfolio perusahaan atau webstie online store? Tentunya semua kembali pada jenis usaha serta tujuan dan kebutuhan.

Contoh Website Bisnis

Supaya tidak bingung dengan pengertian dan jenis website bisnis, akan lebih afdol jika kamu langsung melihat contoh-contoh serta referensi website bisnis, sehingga kamu bisa menentukan website apa yang terbaik untuk usaha kamu. Berikut beberapa contoh yang telah Riswan Net rangkum untuk kamu:

1# Website Ekspor Impor

Contoh Website Ekspor Impor

Kamu dapat melihat situs https://www.sippo.id/ untuk contoh website ekspor impor. Pada situs tersebut dimuat halaman tentang kami yang menjelaskan latar belakang, visi misi perusahaan, halaman kontak yang berisikan kontak yang dapat dihubungi serta alamat perusahaan, selain itu yang paling penting adalah halaman yang menjelaskan produk dan layanan mereka.

Baca Juga:  Mengapa Lowongan Kerja Supply Chain Paling Dicari

Nah bagi kamu yang memiliki jenis bisnis yang serupa atau memilki kesamaan dapat mencontoh website perusahaan ekspor impor Sippo.id ini. Pastikan kamu menonjolkan unique value dari perusahaan kamu.

2# Website Kontruksi Bangunan

Contoh Website Kontruksi Bangunan

Selanjutnya terdapat contoh website untuk usaha kontruksi bangunan, sebagai referensi kamu dapat mengunjungi situs https://jdjkontraktor.com/. Pada website tersebut memuat penjelasan terkait layanan yang ditawarkan mulai dari kontruksi, renovasi, developer dan jasa interior.

Kemudian yang terpenting adalah halaman portfolio, dimana pada halaman ini memuat proyek-proyek yang telah dikerjakan, beserta detail dari proyek dan pastinya foto dokumentasi proyek. Sehingga calon pelanggan bisa memilki gambaran lebih detail terkait jasa yang kamu tawarkan.

Kamu juga dapat mencoton situ JDJkontraktor ini dengan menambahkan tombol Whatsapp, sehingga memudahkan calon pembeli untuk langsung menghubungi kamu.

3# Website Jasa Home CleaningContoh Website Jasa Home Cleaning

Contoh website bisnis selanjutnya yaitu website jasa home cleaning, untuk referensi kamu dapat mengunjungi website https://gladclean.net/. Tidak jaub berbeda dari contoh website bisnis sebelumnya, pada website jasa home cleaning juga kamu perlu mencantumkan layanan apa saja yang kamu sediakan.

Kemudian, menambahkan fitur tombol whatsapp supaya pelanggan mudah untuk menghubungi tanpa harus menyimpan kontak, foto-foto aktivitas sehingga pelanggan lebih tertarik dan percaya dengan jasa yang kamu tawarkan. Dan jangan lupa untuk memberikan informasi alamat dan jam buka.

Contoh Website Toko Online untuk Bisnis

1# Toko Online Furniture

Contoh Website Toko Online Furniture

Situs toko online perusahaan interior dan furniture Dekuroma bisa jadi inspirasi untukmu. Tampilannya minimalis dengan dominasi warna putih sebagai background dan warna hijau tosca sebagai warna aksennya. Serta foto produk yang bagu dan sangat estetik.

Di bagian rincian produknya, Dekuroma juga menginformasikan tentang stok produk yang bisa dibeli di offlie store atau online store. Hal tersebut akan membantu konsumen untuk mendapatkan barang yang dicari. Ini menjadi nilai keunggulan dari online store Dekuroma.

2# Toko Online Fashion

Toko Online Fashion

Sebagai referensi website toko online https://livehaf.com/ bisa jadi contoh yang bagus. Produk pakaian buatan lokal ini memiliki desain website yang minimalis dengan fullscreen header pada berandanya. Jika di-scroll, pengunjung bisa langsung melakukan pembelian dengan mengklik salah satu foto produk yang diinginkan.

Bagian deskripsi produk ditulis dengan copywriting yang baik untuk menarik minat pembeli serta foto produk yang menarik juga. Di setiap halaman detail produknya, Livehaf juga menampilkan rekomendasi produk lain yang masih related dengan produk yang sedang dilihat pembeli.

3# Toko Online F&B

Contoh Toko Online F&B

Tease adalah salah satu website toko online di bidang F&B terbaik, menyediakan berbagai produk teh berkualitas. Di sini kamu bisa menemukan produk teh untuk minuman, dan juga olahan teh yang bermanfaat untuk perawatan kulit.

Tampilan situsnya dihiasi dengan berbagai foto produk yang elegan, dengan warna hijau tua yang cantik sebagai identity color di websitenya. Pada website Tease ini, produk teh dikategorikan sesuai kegunaannya terhadap tubuh. Misalnya untuk imunitas, meningkatkan konsentrasi, dan ketenangan. Cukup simple dan minimalis, namun tetap menonjolkan segi estetika pada website

Baca Juga:  Proses Analisa Karyawan Potensial dengan Succession Managemenat Software

Website Bisnis? Tidak Sampai Sana!

Setelah membangun website untuk bisnis kamu, tentunya tidak selesai sampai sana. Banyak hal yang perlu kamu kerjakan setelah website kamu release. Supaya lebih mudah kamu pahami, akan saya bahas dalam bebera poin:

Update Konten

Pastikan kamu selalu melakukan update konten , baik itu di sisi produk apabila website kamu merupakan online store ataupun updat ekonten artikel supaya website kamu tetap visible dan mendatangkan banyak pengunjung.

Untuk ide konten, kamu bisa mengacu pada trensd topic saat ini yang masih related dengan website bisnis kamu. Pastikan juga melakukan riset konten sebelum kamu membuatnya.

Lakukan Teknik SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah teknik supaya halaman kamu tampil di posisi strategis hasil pencarian Google. Sehingga dengan SEO akan lebih banyak calon konsumen mengunjungi halaman website kamu.

Percuma apabila kamu memiliki website untuk bisnis, akan tetapi website tersebut tidak muncul di hasil pencarian Google, karena tentunya cahhnel terbesar yang mendatangkan pengunjung adalah Google.

Teknik SEO yang dapat kamu lakukan seperti mendaftarkan website di Google Search Console, melakukan riset keyword, membuat backlink dan content placement di situs lain, dan melakukan teknik SEO on-page dan off-page.

Maintenance

Maintenance di sini dalam artian memonitoring dan melakukan pemeliharaan website yang bertujuan untuk merawat website agar tetap berada dalam performa yang terbaik, terupdate, dan terhindar dari berbagai permasalahan seperti loading website yang lemot.

Berbicara seputar kecepatan situs, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, terutama yaitu pemilihan hosting. Apabila website kamu sudah berkembang dengan signifikan maka vps indonesia adalah pilihan terbaik untuk menggantikan server lama kamu. Karena VPS menawarkan performa yang lebih baik dibanding hosting biasa, seperti halnya bandwith yang lebih besar, SSD cloud system dan Alamat IP dedicated.

Kesimpulan

Presensi situs online untuk bisnis kamu sangatlah penting di era saat ini demi bisa tetap bersaing dengan kompetitor dan memenuhi kebutuhan pasar yang saat ini hampir sepenuhnya memanfaatkan internet dan google untuk mencari kebutuhan, mencari rekomendasi hingga melakukan pembelian.

Dalam memilih jenis website untuk bisnis kamu tentunya kembali pada kebutuhan dan tujuan dari usaha kamu, apabila memang bisnis kamu bertujuan untuk menjual produk maka kamu bisa membuat situs online, apabila produk kamu adalah jasa layanan seperti jasa ekspor maka kamu bisa membuat website portfolio.

Nah demikian bahasan kali ini tentang bagaimana mengembangkan bisnis dengan website, referensi website untuk bisnis, serta apa saja yang harus kamu lakukan kedepannya setelah kamu memilki website. Apabila ada opini lain atau pengalaman lain yuk diskusikan di kolom komentar!

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar