Beranda > Aplikasi > Ukuran Story Whatsapp Sesuai Standar Whatsapp

Ukuran Story Whatsapp Sesuai Standar Whatsapp

Ukuran Story Whatsapp – Story WA saat ini menjadi salahsatu fitur yang paling digemari oleh para pengguna, baik itu untuk memposting story wa Video, story wa foto ataupun text. Karena dengan Fitur tersebut pengguna dapat membagikan momen-momen ataupun informasi kepada list kontak mereka.

Apalagi apabila kamu menggunakan Whatsapp untuk kepentingan bisnis ataupun kamu seorang influencer yang memanfaatkan views dari konsumen, tentunya status whatsapp ini akan sangat sering digunakan.

Untuk membuat status Whatsapp atau Story Whatsapp yang bagus dan kece, selain dari konten dan creative design tentunya kamu perlu memperhatikan ukuran story whatsapp tersebut, karena apabila ukuran story wa tidak sesuai dengan standar, maka kemungkinan akan terpotong dan akibatnya story kamu tidak terlihat proper.

Standar Ukuran Status / Story di WhatsApp

Lalu berapa sih ukuran standar story Whatsapp baik itu untuk video ataupun foto? Jangan khawatir, kali ini Riswan Net akan membahas rasio dari ukuran status WA secara mendetail supaya statsu wa kamu dapat terlihat dengan pas dan tidak terpotong.

Berikut beberapa ukuran yang sesuai standar disarankan dari whatsapp:

  • Ukuran Story WA – Gambar atau foto yang paling optimal dengan ukuran 750 ×1334 pixel dengan aspect ratio 16:9 potrait. Tentunya story di Whatsapp dapat dipost dalam ukuran berapun. Akan tetapi, hasilnya tidak akan proper dan terkadang terpotong. Maka disarankan untuk mengikuti standar yang telah ditetapkan oleh Whatsapp.
  • Foto di Chat – Whatsapp akan menampilkan preview ukuran foto di chat dalam bentuk aspect ratio 1:1 (satu banding satu) atau persegi sama sisi. Dimana terdapat ukuran 800×800 pixel meskipun foto tersebut mempunyai dimensi lebih besar.
  • Icon Profile – Untuk icon profile tidak ada ketentuan ukuran, akan tetapi size paling rendah yang disarankan whatsapp adalah 192×192 px. Rekomendasi ukuran foto whatsapp yaitu diatas 500×500 px agar foto dapat dilihat dengan jelas.
Baca Juga:  17+ Penggaris Online HP/PC Tanpa Aplikasi (cm, mm, Inch)

Sehingga kesimpulannya, ukuran yang benar dan direkomendasikan untuk WhatsApp Stories baik itu story video atau gambar adalah 750×1334 pixel. Dan dimensi yang benar untuk post di WhatsApp adalah 800×800 px

Jadi itulah beberapa ukuran yang sesuai dengan standar dan direkomendasikan oleh whatsapp mulai dari ukuran status wa, ukuran icon profil dan ukuran foto yang dipost di chat.

Cara Mengatasi Story WA yang Pecah

Mungkin banyak diantara kalian yang bingung kenapa video ataupun foto yang diupload di status Whstapp menjadi pecah dan buram, padahal file aslinya berkualitas bagus dan jernih.

Hal tersebut sebenarnya terjadi karena Whatsapp secara otomatis akan melakukan kompresi pada gambar atau video yang di upload di story wa. Itulah mengapa foto atau video yang telah di upload ke WA akan terlihat pecah sehingga bikin tidak nyaman saat dilihat.

Tapi jangan khawatir, terdapat beberapa cara untuk meminimalisir hal tersebut, cara paling umum diantaranya yaitu merubah kualitas upload di Pengaturan Whatsapp dan melakukan kompress pada media yang akan diupload.

1. Melalui Settingan Whatsapp

Cara Mengatasi Story WA yang Pecah

Untuk kamu pengguna Android silahkan

  • buka Whatsapp
  • Pilih menu titik tiga di Pojok kanan atas
  • Pilih Setelan
  • Penyimpanan dan data
  • Kualitas Foto Unggahan
  • Pilih Kualitas Terbaik.

Untuk kamu pengguna Iphone caranya kurang lebih sama,

  • buka Whatsapp
  • Pilih Pengaturan/Setting
  • Penyimpanan dan data
  • Kualitas Foto Unggahan
  • Pilih Kualitas Terbaik.

2. Compress Ukuran Gambar atau Video

Cara kedua untuk mengatasi status Whatsapp yang pecah adalah dengan melakukan kompresi media. Tips ini dapat memperkecil ukuran foto tanpa mengurangi kualitasnya sedikit pun. Banyak tools yang bisa membantu kamu melakukannya, salah satunya adalah Lit Photo.

Baca Juga:  Membuka Satu Akun Whatsapp di Dua HP Android

Aplikasi ini bisa kamu gunakan dan download secara gratis melalui App Store ataupun Play Store. Berikut adalah cara agar foto di status wa tidak pecah:

  1. Install Lit Photo
  2. Buka aplikasi Lit Photo
  3. Selanjutnya, pilih menu Compress Photo
  4. Pilih bagian kanan atas foto yang akan dijadikan status Whatsapp
  5. Kemudian pilih Tab Size di Compression Option.
  6. Lalu select size dengan mengisi ukuran tidak lebih dari 149 kb
  7. Setelah semuanya selesai disesuaikan, klik Start Compressing
  8. Tunggu hingga proses kompresi selesai
  9. Jika sudah selesai, kamu bisa mulai upload foto tersebut ke status whatsapp

Sebagai Tips tambahan, pastikan internet kamu lancar dan kencang saat upload video atau foto di story Whstapp, karena menurut beberapa sumber kulitas internet juga mempengaruhi pada kualitas media.

Untuk Tips Trik seputar Tekno dan Sosial Media lainnya kamu dapat mengunjungi majalahponsel.org sebagai referensi kamu dalam menggunakan sosial media, kamu akan disuguhkan berbagai konten menarik baik itu tips trik Whatsapp, Facebook, TikTok, dan platform sosial media lainnya.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Satu pemikiran pada “Ukuran Story Whatsapp Sesuai Standar Whatsapp”

Tinggalkan komentar