Beranda > Otomotif > 7 Biaya Perawatan Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

7 Biaya Perawatan Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Menentukan pilihan membeli mobil adalah keputusan yang besar. Menggunakan mobil mungkin dapat memudahkan setiap perjalanan Anda. Namuan Anda perlu mempertimbangkan banyak hal untuk rencana membeli mobil.

Ada sederet biaya operasional dan biaya perawatan yang perlu Anda ketahui sebelum membeli mobil. Dimana biaya punya mobil mungkin akan lebih banyak menguras kantong Anda. Apalagi jika Anda membeli dengan cara kredit. Simak beberapa printilan yang harus Anda bayar untuk perawatan mobil Anda setiap bulan dans etiap tahunnya.

Biaya Perawatan Mobil setiap Bulan

Biaya perawatan dan biaya lain yang harus Anda penuhi setiap bulan harus Anda ketahui. Berikut rinciannya:

Bahan Bakar Kendaraan

Bahan bakar menjadi bahan utama dari setiap kendaraan. Untuk mobil, Anda perlu menyiapkan uang yang cukup setiap ingin bepergian. Bahan bakar yang dihabiskan mobil bisa sampai lima kali lipat bahkan sepuluh kali lipat dari kebutuhan bahan bakar motor.

Jika mobil yang Anda beli adalah mobil bekas maka kemungkinan akan sedikit lebih boros bahan bakar dibandingkan dengan kendaraan baru. Sehingga Anda mungkin bisa menghabiskan sekitar Rp. 500.000 sampai Rp. 1.500.000 untuk setiap bulan. Apalagi jika ingin bepergian jauh atau berlibur bersama keluarga.

Biaya untuk Kebersihan Mobil

Kebersihan mobil akan menjadi salah satu hal yang tidak bisa diabaikan. Kebersihan mobil perlu diperhatikan. Jika melakukan cuci mobil di tempat cuci mobil setiap minggu mungkin akan cukup besar biayanya.

Anda bisa melakukan perawatan kecil ini di rumah, selain hemat Anda juga bisa membeli peralatan cuci mobil dan bisa digunakan cukup lama untuk berkali-kali. Selain itu Anda juga butuh pengharum, cover mobil untuk melindungi mobil, dan printilan kebersihan lainnya.

Biaya Aksesoris Tambahan Mobil

Jika memiliki mobil tidak mungkin tidak tergoda untuk membeli printilan kecil seperti aksesoris mobil. Aksesoris ini bisa mempercantik mobil Anda. Supaya mobil Ada terlihat estetik. Namun biaya untuk aksesoris mobil juga cukup lumayan jika dikalkulasikan menjadi satu.

Baca Juga:  Test Drive Untuk Rush Keluaran Terbaru

Angsuran Jika Anda Membeli Kredit

Bagi Anda yang membeli mobil dengan cara kredit, Anda harus tetap menyisihkan gaji Anda untuk angsuran. Angsuran ini dilakukan setiap bulan dengan tenggat waktu tertentu yang Anda setujui. Semakin lama waktu yang Anda ambil maka biaya yang Anda keluarkan semakin banyak pula.

Jadi, untuk Anda yang ingin membeli mobil hanya untuk bergaya, maka berpikirlah lagi sebelum terlanjur. Jika membeli mobil tidak menjadi kebutuhan yang sangat mendesak dan masih bisa ditunda.

Biaya Perawatan Mobil setiap Tahun yang Perlu Kamu Ketahui

Biaya Perawatan Mobil setiap Tahun yang Perlu Kamu Ketahui

Selain biaya perawatan mobil setiap bulan, Anda juga perlu menyiapkan uang untuk perawatan setiap tahunnya. Berikut beberapa daftar keperluan yang harus Anda bayar untuk setiap tahun:

1. Pajak Tahunan

Biaya pajak dilakukan setiap tahun bagi Anda yang memiliki mobil. Biaya pajak berbeda-beda untuk setiap jenis mobil. Selain itu mobil yang diproduksi tahun sekian dan tahun sekian akan membayar pajak yang berbeda.

Selain keperluan perawatan setiap bulan, Anda juga perlu menyisihkan uang setiap bulan untuk tabungan pajak setiap tahunnya. Jangan sampai membiarkan kendaraan Anda tidak membayar pajak dan melewati tempo pembayaran supaya tidak kewalahan nantinya.

2. Biaya Asuransi

Biaya asuransi mobil umumnya dilakukan setiap bulan oleh pengguna. Namun biaya asuransi dibayar berbeda-beda sesuai dengan jenis kendaraan yang Anda miliki.

Biaya asuransi sangat berguna bagi pengguna mobil, jika terjadi lecet, tabrakan atau kecelakaan dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi. Percayakan kendaraan kesayangan Anda pada perusahaan asuransi yang sudah berpengalaman dan terpercaya.

3. Biaya Servis Berkala

Servis berkala ini umumnya dilakukan pengecekan suku cadang yang rusak dan perlu diganti. Umumnya penggantian suku cadang ini dilakukan setiap 3 tahun sekali.

Suku cadang kecil yang perlu diganti adalah rem, busi dan alat-alat lainnya. biaya servis ini akan berbeda setiap mobil. Bisa murah atau mahal.

4. Oli Transmisi

Oli transmisi ini juga perlu diganti. Meski penggantian oli transmisi tidak secepat penggantian oli lainnya. Penggantian oli transmisi ini juga bisa jadi berbeda-beda untuk setiap kendaraan.

Baca Juga:  Sebagus Apa Suzuki Skydrive 125? Ini Ulasannya

Biasanya oli transmisi diganti satu kali dalam 2 atau 3 tahun. Biaya penggantian oli transmisi ini bisa jadi menghabiskan biaya Rp. 300.000an atau lebih.

5. Ganti Oli Mesin

Biaya perawatan lainnya untuk keawetan mesin mobil yaitu ganti oli. Oli mobil harus tepat untuk setiap kendaraan supaya tidak merusak mesin mobil. Anda bisa menyiapkan budget sekitar Rp. 500.000 sampai Rp. 2.000.000 untuk sekali ganti oli.

Umumnya penggantian oli dilakukan setiap satu kali dalam setahun. Hal ini juga bisa diperhatikan dari berapa jauh kendaraan Anda berjalan. Biasanya untuk sekali ganti yaitu 5.000 km sampai 1.000 km. Tergantung dari pabrik dan jenis kendaraan Anda.

6. Penggantian Filter

Selain oli mesin penggantian filter juga didasarkan dari jarak tempuh kendaraan. Ada beberapa jenis filter yang harus diganti dalam satu tahun yaitu Filter udara, filter oli, filter Bbm Solat dan filter udara kabin.

Semua filter ini membutuhkan biaya yang cukup besar jika diakumulasikan. Misalkan untuk penggantian filter udara menghabiskan sekitar Rp. 500.000. Filter oli bisa menghabiskan sekitar Rp. 200.000. Untuk Filter Bbm Solar sekitar Rp. 500.000 dan terakhir filter udara kabin dapat menghabiskan sekitar Rp. 200.000.

7. Biaya Suku Cadang Slow Moving

Ada beberapa biaya yang perlu diganti dalam waktu sekitar 2 atau 5 tahun sekali atau tergantung jarak tempuh. Ada penggantian baterai, karet wiper, kanvas rem, kanvas kopling, roda, Shockbreaker, Bearing, dan komponen-komponen kecil lainnya yang juga harus perlu diganti untuk keawetan kendaraan Anda.

Dengan rincian biaya punya mobil di atas, Anda perlu mengkalkulasikan keseluruhan dari perawatan sebelum membeli. Jika budget Anda cukup maka semua biaya perawatan tidak akan jadi masalah.

Solusi bagi Anda yang mencari tempat servis yang cepat dengan biaya yang murah adalah Maybank finance. Maybank finance tidak hanya bank biasa yang menyediakan fasilitas pada umumnya. Maybank finance memiliki banyak aliansi Yang dapat memberikan perlindungan dan perawatan untuk kendaraan Anda. Ada paket asuransi, servis, perlindungan, perawatan Dan banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan hanya bersama Maybank finance.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar