Beranda > Bisnis > Strategi Meningkatkan Engagement Konsumen Lewat Foto Produk

Strategi Meningkatkan Engagement Konsumen Lewat Foto Produk

Strategi Meningkatkan Engagement – Persaingan dunia bisnis kini bertambah ketat, diiringi dengan kecanggihan teknologi yang dipakai untuk marketing. Pemakaian website menjadi salah satu contoh digital marketing yang sekarang banyak dipilih para pebisnis.

Tak heran jika layanan web hosting Indonesia terjangkau dan berkualitas juga semakin banyak bermunculan. Bukan hanya lewat pengelolaan website, meraih popularitas bisnis juga bisa dilakukan lewat foto produk.

Manfaat Foto Produk

Mengapa foto produk dianggap sangat penting terutama dalam meningkatkan engagement konsumen? Foto produk ini tidak hanya digunakan sebagai konten marketing untuk sebuah bisnis. Lebih dari itu, foto produk memiliki fungsi yang sangat besar bagi pengembangan bisnis Anda. Khususnya berfungsi dalam merangkul lebih banyak konsumen sesuai target pasar.

Foto produk akan meningkatkan nilai jual produk di mata konsumen. Melalui foto produk, calon konsumen bisa melihat dengan jelas seperti apa produk yang akan mereka beli. Mereka juga bisa membuat penilaian apakah produk tersebut memang layak dibeli atau tidak. Kredibilitas pelaku usaha tentu juga akan meningkat dengan adanya foto produk tersebut.

Baca juga: Cara Riset Target Audiens Brand Toko Online

Memunculkan brand awareness merupakan salah satu tantangan tersendiri bagi sebuah bisnis. Apalagi untuk kelas bisnis baru yang masih mencoba mencari perhatian dari masyarakat. Brand awareness ini bisa dimunculkan dan ditingkatkan lewat adanya foto-foto produk. Mengenali produk lebih dekat lewat foto-fotonya akan membantu meningkatkan ketertarikan masyarakat dan memperkuat engagement konsumen.

Kriteria Foto Produk

Dalam dunia digital marketing seperti sekarang ini memang peran media-media online sangat dibutuhkan dalam pengembangan sebuah bisnis. Termasuk salah satunya adalah website yang punya peran besar untuk membuat bisnis Anda semakin populer. Pemakaian layanan hosting dan SSL murah dari Hostinger untuk website jelas akan sangat membantu melancarkan strategi digital marketing bisnis Anda.

Tak hanya itu, Anda juga butuh konten yang bagus dan berkualitas untuk website maupun media digital lainnya yang Anda gunakan. Konten tersebut dapat berupa foto produk untuk keperluan iklan. Foto yang digunakan pun tak boleh sembarangan demi memberikan hasil optimal. Berikut adalah beberapa kriteria foto produk yang penting untuk dipenuhi:

1. Berkualitas Bagus

Foto produk wajib hukumnya memiliki kualitas yang bagus. Foto ini nantinya akan menjadi sarana berkomunikasi antara pemilik usaha dengan calon konsumen. Gunakan kamera berkualitas baik untuk membuat foto produk Anda. Saat ini tak sulit menemukan kamera yang bisa menghasilkan kualitas bagus, bahkan kamera smartphone juga tak masalah selama hasilnya jelas dan detail.

Baca Juga:  Tips dan Trik Cara Agar Sukses Mengelola Cafe

Baca juga: Pentingnya Strategi Pembuatan Konten Kolaborasi dengan Kompetitor

Konsumen akan lebih mudah menilai sebuah produk jika foto yang diperlihatkan kepada mereka berkualitas. Detail produk bisa terlihat dengan baik apabila kualitas fotonya juga baik. Usahakan foto tidak blur dan benar-benar bisa memperlihatkan detail barang dengan jelas. Jika memang dibutuhkan proses editing maka usahakan untuk melakukannya tanpa merusak kualitas foto.

2. Orisinal

Kriteria lain yang harus dipenuhi oleh sebuah foto produk adalah orisinal. Foto produk yang diperlihatkan kepada calon konsumen jelas harus dipastikan keasliannya. Anda harus memperlihatkan foto dari produk yang memang asli produk Anda. Jangan membuat calon konsumen kecewa karena barang yang mereka dapatkan ternyata berbeda dari fotonya.

3. Jelas dan Lengkap

Foto produk yang akan Anda gunakan sebagai konten digital marketing juga harus jelas dan lengkap. Foto tersebut harus bisa memperlihatkan detail produk sehingga sangat disarankan untuk diambil dari beberapa angle. Usahakan calon konsumen bisa langsung memahami detail produk dan membayangkan produk aslinya hanya dari foto.

Apabila foto produk yang Anda perlihatkan memenuhi kriteria tersebut maka brand awareness terhadap produk tersebut juga akan semakin tinggi. Kredibilitas bisnis Anda pun semakin meningkat karena kualitas foto yang Anda sajikan tadi.

Baca juga: Mengintip Sejauh Mana Kekuatan Storytelling Untuk Penjualan

Coba saja posisikan diri Anda sebagai konsumen. Bukankah akan lebih percaya pada toko yang memperlihatkan foto produk berkualitas daripada yang asal-asalan?

Kredibilitas juga pasti akan semakin kuat ketika Anda menggunakan media website bisnis yang dikelola dengan baik. Itulah mengapa penting untuk mempersiapkan website bisnis dan gunakan layanan web hosting serta SSL murah untuk membantu mengelolanya. Website yang stabil dan konten berkualitas pasti akan meningkatkan engagement konsumen.

Tips Pembuatan Foto Produk

Mengambil foto produk memang harus dilakukan dengan teknik yang tepat. Foto yang dihasilkan harus memenuhi kriteria tadi dan benar-benar bisa membantu mengangkat bisnis Anda.

Jadi, usahakan untuk benar-benar mempersiapkan diri ketika akan mengambil foto produk agar nantinya bisa diperoleh hasil yang optimal. Berikut ini adalah beberapa tips pembuatan foto produk yang dapat Anda terapkan:

Baca Juga:  Cara Riset Target Audiens Brand Toko Online

1. Gunakan Kamera yang Tepat

Pertama, pilihlah jenis kamera yang tepat untuk dipakai mengambil foto produk. Ada banyak sekali produk kamera saat ini dan Anda bisa memilih tipe kamera yang berkualitas.

Jika memang belum ada dana untuk memakai kamera profesional maka tak ada salahnya menggunakan kamera smartphone. Hanya saja pastikan tahu trik penggunaannya sehingga foto yang dihasilkan berkualitas baik.

2. Atur Sumber Pencahayaan

Berikutnya pilihlah lokasi foto produk yang tepat dan atur sumber pencahayaannya. Perlu diketahui bahwa sumber cahaya menjadi salah satu kunci untuk mendapatkan hasil foto yang berkualitas bagus.

Jadi, cobalah untuk mencoba berbagai posisi atau lokasi foto produk. Lakukan eksperimen dengan mencoba berbagai jenis atau posisi pencahayaan agar bisa menemukan yang paling bagus.

3. Pilih Jenis Background

Pembuatan foto produk juga perlu melibatkan background atau latar belakang yang tepat. Sangat disarankan untuk memakai background yang bisa menonjolkan produk Anda. Sesuaikan saja warnanya dengan warna objek yang akan difoto.

Baca juga: Pentingnya Strategi Pembuatan Konten Kolaborasi dengan Kompetitor

Pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak aksen jika ternyata malah membuat produk tidak bisa terlihat jelas. Saat ini model foto produk dengan background polos dan warna-warna netral jauh lebih banyak diminati.

4. Lakukan Banyak Pengambilan

Begitu mendapatkan posisi pengambilan gambar yang tepat dan cahayanya sudah dirasa sesuai, segera lakukan pengambilan gambar. Sangat disarankan untuk mengambil banyak gambar dalam satu kali sesi foto.

Ambil gambar sebanyak-banyaknya dengan mengubah angle pengambilan foto. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan banyak foto sehingga bisa dipilih mana yang terbaik untuk dijadikan konten marketing.

5. Lakukan Editing

Tahap berikutnya adalah melakukan editing. Jika Anda sudah mendapatkan foto-foto produk terbaik, segera lakukan editing untuk membuatnya terlihat semakin menarik. Proses editing ini dilakukan untuk memberi sentuhan yang dapat meningkatkan kualitas foto produk Anda.

Pastikan proses editing tidak mengurangi informasi apapun yang ingin ditampilkan melalui foto produk tersebut. Jika foto produk sudah berhasil didapatkan, maka segera unggah foto tersebut sebagai konten marketing di berbagai media.

Baca juga: Peran Penting Digital Agency Jakarta Untuk Bisnis Anda

Website menjadi salah satu jenis media marketing yang tepat untuk Anda gunakan. Buatlah website bisnis Anda dengan layanan web hosting dan berkualitas. Jangan lupa, sertakan caption ketika mengunggah foto agar calon konsumen bisa mengenal produk dengan lebih mudah.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Satu pemikiran pada “Strategi Meningkatkan Engagement Konsumen Lewat Foto Produk”

Tinggalkan komentar