Beranda > Daily Life > Cara Menyusui Bayi Sesuai Anjuran Dokter

Cara Menyusui Bayi Sesuai Anjuran Dokter

Cara Menyusui Bayi Sesuai Anjuran Dokter – Sebagai ibu yang mengandung anak mulai dari dalam janin sampai nanti waktu melahirkan tentu merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Bahkan akan banyak pencapaian yang ingin dilalukan pasca buah hati telah lahir ke dunia.

Pasca melahirkan sendiri bukanlah hal yang bisa disepelekan, karena banyak ibu yang telah melahirkan mengalami baby blues. Hal ini tentu akan berdampak tidak baik kepada buah hati. Dalam menyusui bayi sendiri tidak bisa sembarang posisi sesuai dengan kemauan kita. Moms bisa mengikuti cara yang tepat dalam menyusui bayi sesuai dengan anjuran dokter.

1. Posisi Cradle Hold

Posisi menyusui bayi baru lahir dan cara menyusui bayi yang pertama adalah dengan posisi cradle hold yang menjadi posisi paling klasik dan paling banyak dilakukan oleh para Moms. Cara menyusui bayi ini dilakukan dengan cara duduk lalu posisi kepala bayi akan berada di antara lekukan salah satu lengan Moms layaknya sedang menimang bayi.

Saat menggunakan cara menyusui bayi ini, Moms bisa menggunakan payudara sebelah kanan untuk menyusui dan gunakan lengan kanan untuk mendekap bayi, begitu juga sebaliknya jika Moms menggunakan payudara sebelah kiri.

Supaya cara menyusui bayi Moms lebih nyaman, Moms bisa bersandar di kursi yang empuk atau sofa dengan menggunakan bantal untuk menopang bagian punggung belakang.

2. Posisi Cross Over Hold

Selanjutnya ada posisi crossover hold yang merupakan posisi menyusui bayi baru lahir yang berlawanan alias kebalikannya dari posisi cradle hold. Jadi ketika Moms menyusui dengan payudara kanan, maka Moms harus menggunakan tangan kiri untuk menopang tubuh dan kepala bayi, begitu juga sebaliknya.

Baca Juga:  Rekomendasi Perpaduan Warna Cat Rumah Minimalis

Usahakan kepala bayi menghadap dada, sedangkan perut bayi menghadap ke tubuh Moms. Bisa dikatakan kalau yang membedakan antara posisi cradle hold dengan cross over hold adalah cara menopang bayinya saja.

Sebenarnya Moms bisa menggunakan dua posisi menyusui yang benar di atas secara bersamaan karena kedua cara menyusui bayi baru lahir yang benar di atas selalu berdampingan. Jadi kalau sudah lelah dengan posisi cradle hold, Moms bisa berganti ke posisi cross over hold.

3. Posisi Football Hold

Cara menyusui bayi baru lahir yang benar ketiga adalah dengan posisi football hold. Posisi ini dilakukan dengan cara mengapit bayi pada bagian sisi salah satu tubuh Moms, tepatnya di bawah lengan. Cara menyusui bayi baru lahir yang benar dengan sisi ini akan digunakan dengan sisi payudara untuk menyusui.

Letakkan lengan Moms di atas bantal yang ada pada pangkuan lalu sangga leher dan kepala bayi dengan menggunakan telapak tangan. Hadapkan wajah si kecil pada payudara dengan hidung menempel.

Posisi menyusui bayi yang benar ini memang terdengar agak ribet dibanding kedua posisi menyusui yang benar di atas, tapi posisi ini sangat disarankan untuk Moms yang menjalani persalinan dengan cara caesar.

Dengan melakukan posisi football hold saat menyusui, Moms bisa menghindari terjadinya tekanan pada perut sehingga luka bekas operasi caesar bisa cepat sembuh karena minimnya terjadi gesekan.

Selain disarankan untuk Moms yang melahirkan dengan operasi caesar, cara menyusui bayi baru lahir yang benar dan posisi menyusui bayi baru lahir ini juga cocok untuk Moms yang memiliki payudara besar serta bayi kembar. Pastikan moms selalui mengikuti cara menyusui bayi yang baik dan benar ya moms, agar buah hati tetap nyaman dan berkembang secara sehat.

Baca Juga:  Pesan Snack Box Untuk Acara di Daerah Jakarta

4. Posisi Berbaring Miring

Posisi menyusui bayi baru lahir terakhir adalah dengan berbaring miring. Posisi menyusui bayi yang benar ini bisa dilakukan jika Moms merasa lelah atau bisa juga dilakukan menjelang tidur.

Cara melakukannya tidaklah sulit, Moms cukup berbaring miring ke sisi kanan atau kiri, lalu letakkan bantal di belakang punggung supaya nanti Moms bisa menyusui dengan nyaman dan tidak pegal. Baringkan bayi lebih dekat ke arah payudara. Moms juga bisa meletakkan bantal bayi di bawah kepala si kecil.

Mudah sekali bukan dalam menentukan posisi yang tepat untuk menyusui bayi yang baru lahir. Pastikan moms dalam menyusui juga nyaman dalam posisi tersebut, agar ASI yang keluar banyak dan tampa hambatan. Ketika buah hati kuat dalam menyusui biasanya moms akan sering-sering mengganti popoknya moms.

Akan tetapi, moms tidak perlu khawatir lagi karena moms bisa menggunakan popok sekali pakai merries tanpa harus mencuci lagi

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar