Beranda > Lowongan Kerja > Tingkatkan Peluang Kerja, Ini Cara Membuat CV Profesional Online

Tingkatkan Peluang Kerja, Ini Cara Membuat CV Profesional Online

Cara Membuat CV Profesional Online – Curriculum Vitae atau lebih dikenal dengan CV menjadi salah satu dokumen melamar pekerjaan yang penting harus dilengkapi. Cara membuat CV kini jadi semakin mudah karena bisa dilakukan secara online.

Anda bisa menggunakan layanan online seperti cvmenarik.com untuk menemukan berbagai tamplete dan mengisinya sesuai kualifikasi. Tidak perlu lagi membuat desain CV dari nol, tapi tinggal memikirkan informasi apa saja yang ingin disampaikan.

Bagaimana cara agar CV tampak profesional dengan memanfaatkan layanan online? Langsung saja cek caranya.

Cara Membuat CV Profesional secara Online

Fungsi utama dari CV adalah menjelaskan riwayat hidup pelamar sejelas-jelasnya. HRD sendiri biasanya akan menyeleksi setiap CV yang masuk dalam waktu singkat yakni enam detik saja.

Kasus lain seperti perusahaan besar bahkan memanfaatkan tools seperti Applicant Tracking System (ATS). Oleh karena itulah dibutuhkan CV yang terlihat profesional sehingga dapat menarik perhatian HRD secara sekilas.

Begitu juga dengan CV harus mudah dibaca oleh tools ATS. Disinilah layanan membuat CV online sangat membantu. Karena template yang disediakan sudah sesuai dengan sistem screening yang biasa dilakukan HRD.

Soal bagaimana cara agar Anda bisa memanfaatkan layanan online untuk membuat CV yang profesional bisa diikuti sebagai berikut:

1. Memilih Desain yang Elegan dan Menarik

Pada saat pertama kali Anda membuka halaman website untuk membuat CV online, template atau desain CV harus dipilih terlebih dahulu. Desain yang menarik perhatian HRD bukan tampilan penuh warna.

Baca Juga:  Info Lowongan Bank BCA Posisi Management Development Program

Justru sebaliknya, CV akan tampak profesional jika komposisi warna tidak terlalu banyak dan mencolok. Carilah desain yang elegan dengan warna putih saja atau putih dan abu-abu.

Pada bagian desain ini Anda juga bisa menentukan jenis font yang jelas sehingga informasi dapat tersampaikan dengan baik. Supaya font ini terbaca Anda tidak perlu memilih template dengan background yang ramai.

2. Cantumkan Informasi yang Relevan dengan Lowongan

Beralih pada bagian isi CV yakni informasi soal riwayat hidup dari pendidikan, pekerjaan, skill dan latar belakang lainnya.

Anda mungkin pernah bekerja di berbagai bidang, namun selalu cantumkan pengalaman yang sesuai dengan lowongan. Bukan hanya pengalaman kerja saja, tapi semua informasi yang mendukung harus dicantumkan.

Misalnya Anda melamar sebagai fotografer, maka informasi seperti pengalaman kerja di studio foto, menang lomba fotografi, keterampilan soal lighting atau editing dll.

3. Tidak Perlu Membuat Berlembar-Lembar

HRD tidak akan membaca CV yang Anda buat berlembar-lembar. Justru hanya dengan satu lembar CV yang memuat banyak informasi akan dilirik. Paling banyak Anda bisa membuat CV dua lembar.

Pada saat screening, HRD hanya akan memeriksa poin-poin. Sehingga ketika Anda membuat tidak perlu menuliskan panjang lembar. Langsung pada inti dan sesuai dengan informasi yang ingin disampaikan.

4. Ukur Skill yang Dimiliki

Keterampilan dari hardskill dan softskill harus dicantumkan. Khusus untuk hardskill Anda bisa mencantumkan keterampilan teknis dengan level atau grafik. Biasanya pada saat membuat cv online sudah tersedia pilihan desain levelnya.

Misalnya Anda menuliskan keterampilan photoshop dan bahasa Inggris. Masing-masing skill tersebut dapat ditambahkan bintang satu sampai lima sesuai kemampuan.

5. Pasang Foto yang Profesional

Foto menjadi aspek penting dalam pembuatan CV. Jika membuat CV secara online, Anda hanya perlu mengupload foto yang tersimpan di perangkat. Sebelumnya siapkan terlebih dahulu foto yang tampak profesional.

Baca Juga:  Apa Saja Persiapan Sebelum Melamar Kerja?

Berikan foto yang formal dengan background merah atau biru. Bisa juga menambahkan foto casual jika perusahan tersebut mensyaratkan foto casual. Hal terpenting dalam foto adalah harus jelas dan tidak perlu menggunakan filter.

6. Tuliskan Profil Singkat pada Header

Sampai saat ini masih banyak yang melewatkan profil singkat dalam CV. Padahal penulisan profil singkat inilah yang biasanya dibaca pertama kali oleh HRD. Profil singkat ini bentuknya adalah narasi yang menyampaikan latar belakang Anda.

Anda hanya perlu membuatnya empat hingga lima baru sesuai dengan ketersediaan pada template. Informasi yang ingin ditonjolkan seperti skill, bidang yang digeluti dan juga pengalaman bisa ditulis dengan singkat.

7. Identitas Singkat dan Kontak

Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah penulisan identitas dan juga kontak. CV yang profesional tidak perlu menuliskan identitas seperti berat badan, tanggal lahir dan tinggi badan.

Kecuali pada lowongan yang tersedia dibutuhkan informasi tersebut. Contoh ketika Anda melamar pekerjaan sebagai pramugari yang membutuhkan identitas fisik. Tidak lupa juga cantumkan kontak Anda sehingga perusahaan mudah menghubungi.

Kontak yang perlu dicantumkan antara lain nomor hp, alamat email atau akun media sosial. Jika Anda melamar di bidang kreatif seperti copywriter atau admin social media maka penting sekali mencantumkan akun sosial media yang aktif.

Pembuatan CV online memudahkah siapa saja untuk membuat tampilan yang profesional. Sisanya tinggal bagaimana Anda menuliskan informasi mengenai pendidikan, pengalaman sampai dengan achievement.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar