Beranda > Bisnis > Apa Saja Persiapan Sebelum Melamar Kerja?

Apa Saja Persiapan Sebelum Melamar Kerja?

RISWAN NETPersiapan Sebelum Melamar Kerja, Melamar pekerjaan bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih jika kamu adalah seorang fresh graduate yang baru lulus sekolah atau wisuda kuliah. Apalagi sekarang melamara pekerjaan cukup dibilang sukar, karena banyaknya saingan dan lulusan yang sama-sama melamar. Walaupun tidak sedikit perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Oleh karenyana supaya kamu dapat bersaing dan peluang diterima di perusahaan semakin besar, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan dan persiapkan sebelum melamar pekerjaan. Lalu apa saja hal yang harus kamu perhatikan dan persiapkan sebelum melamar pekerjaan? Berikut 10 hal yang harus kamu persiapkan saat akan melamar pekerjaan.

Persiapan Sebelum Melamar Kerja

Persiapan Sebelum Melamar PekerjaanDi bawah ini Riswan Net mengulas beberapa persiapan yang umum dan harus kamu lakukan sebelum melamar pekerjaan di perusahaan.

1. Mempersiapkan Berkas Umum

Yang wajib kamu persiapkan sebelum melamar kerja yaitu pemberkasan, setiap perusahaan biasanya memberikan syarat berkas yang beda-beda. Tapi ada beberapa berkas umum yang diwajibkan di setiap perusahaan. Sebaiknya kamu mempersiapkan berkas umum tersebut jauh-jauh hari, supaya tidak terlalu merepotkan ketika hendak melamar, apalagi kamu masih fresh graduate.

2. Mencari Tahu Lebih dalam Mengenai Perusahaan

Sebelum kamu melamar di sebuah perusahaan, ada baiknya kamu mempelajari lebih dalam bagaimana perusahaan tersebut. Kamu dapat bertanya kepada teman yang bekerja di sana atau searching di internet dan mempelajari secara mendalam mengenai apa saja yang ada didalam sana, buaday perusahaan tersebut, bagimana lingkungan kerja dan bagaimana jenjang karier didalam perusahaan tersebut.

Baca Juga:  Info Lowongan Bank BCA Posisi Management Development Program

3. Membuat CV (Curriculum Vitae)

Sebenarnya CV atau vurriculum vitae merupakan persyaratan berkas ketika melamar kerja, Tetapi di sini saya ingin membahas CV ini secara khusus. Mungkin ada deretan tulisan yang panjang didalam CV kamu. Entah itu prestasi akademik yang pernah didapat ketika menjadi mahasiswa.

Perlu diketahui, hanya sedikit Perusahaan yang membaca atau mempedulikan CV, olehkarenanya tidak usah membuat CV yang terlalu panjang. Apabila kamu mempunyai deretan prestasi, cukup menuliskan intinya saja. Dan jangan lupa untuk membuat CV semenarik mungkin, CV dengan tampilan dan desain yang bagus lebih menarik perhatian perusahaan.

4. Mempersiapkan Diri Untuk Wawancara

Apabila kamu dinyatakan lolod tes berkas, maka biasanya perusahaan akan memanggil kamu untuk tes wawancara. Wawancara atau Interview merupakan hal yang penting, karena dari jawaban-jawaban interview, perusahaan akan mempunyai gambaran mengenai cara dan etos kerja calon karyawannya.

Oleh karena itu siapkanlah diri sebelum tes wawancara, kamu bisa mulai dengan membaca tips-tips wawancara kerja yang beredar di internet atau langsung menyakan kepada teman yang sudah berpengalaman.

5. Tingkatkan Kemampuan Kamu

Pastikan kamu memiliki kemampuan yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Contohnya apabila kamu melamar di PT Musashi maka kamu harus lulusan dari SMK jurursan Mesin/Otomotif/Elektro atau lulusan sarjana yang berkaitan dengan mesin atau otomotif. Artinya kamu harus kompeten dan terdidik pada bidang tersebut.

Untuk membuktikan hal tersebut kamu bisa menyerahkan sertifikat keahlian yang mendukung pada bidang yang kamu lamar. Sertifikat keahlian dapat kamu peroleh dari pelatihan oleh instansi yang terpercaya.

Baca Juga: 10 Peluang Usaha Menjanjikan di Tahun 2019

Apabila kamu gagal masuk perusahaan, jangan patah semangat. Berarti masih ada yang kurang di dalam diri kamu atau persyaratan yang tidak terpenuhi. Untuk itu kamu jangan melamar hanya kepada satu perusahaan, kamu dapat mencoba mengajukan surat lamaran sekaligus ke beberapa perusahaan yang kamu minati.

Baca Juga:  Cara Menyusun Webinar yang Baik dan Benar

Demikianlah apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum melamar kerja di perusahaan. Melamar kerja di perusahaan sebenarnya sangat mudah, yang penting kamu dapat memenuhi persyaratan berkas dan kamu pengalaman serta kompeten pada bidang yang kamu lamar.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar