Beranda > Keuangan > Pengertian Broker Saham, Tugas dan Cara Kerjanya

Pengertian Broker Saham, Tugas dan Cara Kerjanya

Pengertian Broker Saham – Salahsatu pekerjaan yang bisa menghasilkan uang banyak dalam waktu singkat yaitu menjadi broker saham atau pialang saham, mungkin banyak di antara kalian yang masih awam dengan istilah broker saham atau pialang saham ini.

Pengertian Broker Atau Pialang Saham

Broker atau pialang saham merupakan perusahaan atau firma yang menjadi perantara bagi investor dalam bertransaksi atau melakukan jual beli saham di bursa saham atau pasar modal. Pialang saham ini biasanya bekerja pada sebuah perusahaan yang menjalankan aktifitas usaha jual beli saham.

Dan perusahaan yang menjalankan jual beli saham ini disebut perusahaan pialang atau broker saham yang tergabung sebagai member dalam bursa efek.

Saham yang diperjual belikan oleh pialang atau broker ini berasal dari investor berbagai macam badan usaha, baik perusahaan, CV, perseroan, atau badan usaha lain yang menginginkan sahamnya diperjual belikan. Sementara, investor adalah sebutan bagi badan usaha penerbit sekaligus pemilik saham yang diperjual belikan di bursa efek.

Tugas Broker Atau Pialang Saham

Tugas broker atau pialang saham adalah melakukan transaksi jual beli saham antara klien dengan pembeli saham. Broker atau pialang saham tidak memiliki tugas membeli atau menjual secara langsung saham investor, tetapi hanya melakukan transaksi jual beli saham dengan harga yang terbaik. Pada beberapa kondisi broker juga bertugas sebagai pengelola keuangan klien.

Selain itu, tugas dari broker yaitu memberikan rekomendasi kepada investor yang menjadi kliennya untuk membeli maupun menjual saham. Rekomendasi tersebut berdasarkan berbagai macam analisa, seperti analisa ekonomi, analisa market, aktivitas pasar, reputasi perusahaan pemilik saham sampai rekomendasi daftar investasi dan informasi penting lainnya yang berkaitan dengan saham.

Baca Juga:  Intip Jenis Investasi serta Cara Kamu dalam Mengatur Keuangan Sesuai Zodiak

Cara Kerja Broker Atau Pialang Saham

Di perusahaan sekuritas yang menjadi tempat investor melakukan transaksi jual beli saham, terdapat sebuah profesi yang disebut sebagai pialang saham atau broker saham. Broker ini memiliki tugas membantu investor melakukan eksekusi transaksi jual beli.

Dengan semakin berkembangnya teknologi internet saat ini, maka peran broker banyak tergantikan karena menggunakan sistem online trading. Namun begitu, peran broker saham atau pialang saham masih tetap dibutuhkan oleh investor sebagai konsultan. Bahkan untuk mengeksekusi transaksi jual beli saham.

Penghasilan broker dihitung berdasarkan pada komisi, semakin sering melakukan transaksi, maka semakin besar penghasilan yang akan diperoleh oleh broker. Maka tidak sedikit broker yang juga merangkap sebagai marketing yang mencari investor yang mau mempercayakan pengelolaan dana atau berinvestasi di bursa saham, Oleh karenanya sangat penting untuk memilih Broker Saham terpercaya bila kamu ingin melakukan transaksi saham.

Macam-Macam Pialang Saham

Dalam menjalankan profesinya sebagai pelaksana transaksi jual beli saham atau efek yang dikeluarkan maupun diterbitkan oleh perusahaan investor sebagai emiten, maka broker saham atau pialang saham dibagi menjadi 3 macam, yaitu :

Broker Full Service

Yaitu broker saham atau pialang saham yang memberikan jasa berupa saran untuk investasi maupun strategi yang tepat bagi perusahaan investor.

Broker Discount

Yaitu broker saham atau pialang saham yang memberikan jasa layanan saran dan strategi investasi. Selain itu juga memberikan jasa untuk menentukan keputusan membeli ataupun menjual saham.

Broker Deep Discount

Yaitu broker saham atau pialang saham yang hanya memberikan jasa layanan untuk pemeliharaan rekening dan memberi keputusan menjual atau membeli saham tertentu.

Untuk menjadi seorang broker atau pialang di pasar saham tidaklah mudah. Karena untuk menjadi broker saham atau pialang saham harus lulus ujian WPPE (Wakil Perantara Pedagang Efek). Bahkan jika ingin mendapat nilai plus, seorang broker saham atau pialanh saham mesti memiliki gelar CFA (Chartered Financial Analyst).

Baca Juga:  Tips Lancar Cicil Mobil Baru tanpa Perlu Cari Sumber Tambahan

Salma Market, Broker Saham Aman dan Terpercaya

Salma Market Companies

Dari sekian banyaknya broker saham atau jasa sekuritas saham, Salma Market merupakan salahsatu broker saham dengan reputasi yang sangat baik dan pengalaman yang banyak. Salma Market merupakan broker saham internasional dan telah mendapatkan banyak penghargaan.

Demikianlah tadi mengenai pengertian broker atau pialang saham, tugas serta cara kerjanya. Ingat pilihlah platform broker saham yang aman serta terpercaya, seperti Salma Marker Company, karena

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar