Beranda > Smartphone > Tips Mengambil Foto yang Bagus dengan Kamera HP

Tips Mengambil Foto yang Bagus dengan Kamera HP

Tips Mengambil Foto yang Bagus – Mengambil foto yang hasilnya bagus tentu menjadi dambaan bagi setiap orang yang menyukai fotografi. Kebanyakan orang berpikir untuk menghasilkan sebuah foto yang bagus diperlukan kamera baru yang super canggih. Padahal teknik jauh lebih penting dibanding perangkat.

Walaupun saat ini sudah banyak aplikasi kamera yang lagi hits dan menghasilkan gambar yang bagus, tidak salahnya kamu menerapkan beberapa tips pengambilan gambar supaya hasil foto yang didapat keren dan bagus.

Baca Juga: Cara Memilih Kamera Bagi Orang Awam

Mengambil gambar yang baik dapat dilakukan oleh siapa pun dan dengan kamera apapun asalkan cukup berlatih dan memiliki passion di bidang tersebut. Berikut ini beberapa cara mengambil foto yang bagus, diantaranya:

1. Bidik Subjek dengan Cermat

Jangan sampai hasil fotomu jelek karena latar belakang yang membuat hasil fotomu terlihat berantakan. Singkirkan latar belakang yang dapat mengacau dan mengganggu. Hindari tampilan pohon yang seolah-olah tumbuh di atas kepala sebagai latar belakang.

Kamu bisa menghindari hal tersebut dengan mengubah arah bidikan foto supaya menghasilkan foto yang lebih baik dan tidak berantakan.

2. Posisi Kamera Lebih Tinggi dari Su‎bjek

Cara Mengambil Foto yang Bagus

Sebisa mungkin hindarilah memotret sambil berdiri terhadap subjek yang lebih rendah daripada kita. Contohnya, saat memotret anak kecil sebaiknya kamu mengambil foto tersebut dalam posisi jongkok sehingga kamera berada setinggi pandangan mata (eye level) anak kecil tersebut.

3. Perhatikan Layar Foto

Kebanyakan orang teralu fokus pada objek foto yang dibidik. Padahal latar dari objek sendiri juga memiliki peranan yang sama penting dengan fokus utama objek. Jadi pastikan kamu tetap memperhatikan latar tersebut karena ini juga sama-sama penting sebagai fokus utama foto yang dibuat.

Baca Juga:  Perbedaan Varian iPhone 11 Terbaru

4. Jangan Tergesa-gesa

Untuk mendapatkan hasil foto yang baik, jangan tergesa-gesa dalam mengambil foto. Mulailah dengan merencanakan gambar kemudian bidik dan ambil gambar sesuai dengan momen yang dinantikan. Membidik gambar di momen yang tepat tentu akan memperoleh hasil yang memuaskan.

5. Cobalah Sudut yang Baik

Kebanyakan orang terpaku untuk mengambil objek dari sudut tertentu saja, untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus tidak ada salahnya untuk mengambil objek dari sudut yang tidak biasa, contoh dari bawah objek yang akan difoto apabila memungkinkan.

Atau juga bisa mengambil foto dari sudut yang lebih tinggi dari objek, kamu bisa menggunakan kursi atau tangga untuk pengambilan dari ketinggian, atau juga dapat berbaring di lantai untuk pengambilan objek dari arah rendah.

6. Angka Ganjil Lebih Menarik

Seperti yang dijelaskan oleh blog Arfadia, dalam dunia fotografi objek berjumlah ganjil jauh lebih menarik ketimbang angka genap. Contohnya, gambar dengan objek 3 pohon terlihat jauh lebih menarik dan keren dibanding dua atau empat pohon, dan hal ini juga berlaku untuk objek lainnya.

Demikianlah beberapa tips dari saya untuk mendapatkan hasil foto yang lebih bagus dari biasanya, sebenarnya masih banyak tips yang bisa kamu untuk mendapatkan hasil kamera yang keren dan bagus. Jangan lupa sering-sering berlatih dan berkunjung blog Masipin untuk tips keren lainnya.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar