Beranda > Windows > Cara Mudah Instal RDP Windows di Digital Ocean

Cara Mudah Instal RDP Windows di Digital Ocean

Cara Instal RDP Windows di VPS Digital Ocean – Remote Desktop Protocol atau biasa disebut RDP adalah sebuah metode untuk meremote komputer dengan operasi sitem Windows dari jarak jauh. Yaitu kita dapat menjalankan sebuah komputer dari komputer lain dari lokasi yang berbeda. Selain itu kamu juga bisa melakukan transfer file antar komputer.

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial cara membuat RDP windows pada VPS DigitalOcean. Digital Ocean merupakan salahsatu perusahaan yang menyediakan layanan cloud drive atau server yang sangat terkenal, dan saat ini Digital Ocean sudah mempunyai Data Center yang tersebar di beberapa kota besar seperti Londo, Singapuran, San Fransisco, Amsterdam dan beberapa di negara lainnya.

Bagi yang belum mempunyai akun Digital Ocen kamu bisa daftar terlebih dahulu untuk mendapatkan kredit sebesar 100$ gratis, silahkan daftar di sini. Kamu bisa menggunakan Paypal atau Kartu kredit sebagai metode pembayaran ketika daftar akun Digital Ocean.

Persiapan Sebelum Install RDP

Sebelum melakukan instalasi RDP Windows pastikan kamu sudah memiliki akun DigitalOcean dan terdapat saldo atau kredit yang cukup.

  1. Siapkan akun digitalocean, Bisa daftar di sini.
  2. Buat droplet dengan OS Ubuntu 18.04.1 x64
  3. Selanjutnya siapkan file PreInstalled Windows Image. kamu dapat menggunakan file yang saya siapkan, download dan extrakt menggunakan puty: https://ia800707.us.archive.org/4/items/10.ENT.x64.EVAL.USEnglish_201901/10.ENT.x64.EVAL.US-English.gz

Langkah-langkah Instal Windows di Digital Ocean

Untuk melakukan installasi Windows di Digital Ocean ikuti langkah-langkah berikut ini, sebelumnya pastikan konetksi internet anda stabil supaya tidak ada maslaah ketika melakukan install via putty.

  • Login ke Digital Ocean
  • Buat Droplet baru, untuk spesifikasi pilih Ubuntu latest version. Disarankan untuk memilih spek komputer yang lumayan, di sini saya pilih package yang $40/bulan, untuk lokasi server bisa pilih yang terdekat untuk peforma yang bagus. Di sini saya pilih Singapura.
Baca Juga:  Nikmati Kemudahan Layanan 4G LTE Melalui Galeri Smartfren

Install RDP Windows di Digital Ocean - Membuat Droplet

  • Tunggu hingga droplet selesai dibuat, simpan IP droplet.
  • Setelah droplet selesai dibuat, matikan droplet lalu pergi ke menu Recovery
  • Selanjutnya pilih Boot from Recovery ISO

Cara Instal RDP Windows di VPS Digital Ocean - Mode recovery

  • Hidupkan kembali droplet dengan menggunakan tombol turn ON-OFF
  • Lalu klik Console yang tepat terletak di bawah tombol ON-OFF
  • Maka akan muncul tab console, sekarang kamu perlu untuk merubah disk droplet menjadi mounted. Caranya pilih nomor 1 dengan mengetikkan 1 lalu enter.

Cara Instal RDP Windows di VPS Digital Ocean - Mounted Disk

  • Setelah berubah menjadi mouted silahkan tutup saja tab console tersebut. Jangan lupa untuk mencatat password yang diberikan pada console yang nantinya akan digunakkan sebagai login di Putty. Lihat gambar di bawah.

  • Sekarang buka Putty dan login dengan IP droplet yang kamu dapat tadi.
  • Login dengan user root dan password yang diberikan oleh recovery console

Cara Instal RDP Windows di VPS Digital Ocean

  • Setelah berhasil login kita akan mulai melakukan instalasi dan mengextract file Pre Installed Windows dengan menggunakan perintah wget. Kamu bisa menggunakna perintah berikut:

wget -O- https://ia800707.us.archive.org/4/items/10.ENT.x64.EVAL.USEnglish_201901/10.ENT.x64.EVAL.US-English.gz | gunzip | dd of=/dev/vda

Cara Instal RDP Windows di VPS Digital Ocean

  • Tunggu hingga proses instalasi selesai, semakin baik koneksi dan spek komputer maka akan semakin cepat.. Apabila sudah selesai maka hasilnya akan seperti berikut ini.

Cara Instal RDP Windows di VPS Digital Ocean

  • Selanjutnya, Matikan VPS dengan menggeser menjadi OFF
  • Pada Menu Recovery  kembalikan Boot Mode menjadi Boot From Hardrive. Dan nyalakan kembali Droplet Digital Ocean kamu.
  • Sampai titik ini kamu sudah selesai membuat RDP Windows. Selanjutnya adalah menyetting konfigurasi IP RDP supaya dapat terkoneksi dengan internet dan dapat diakses melalui remote.
  • Buka Console untuk setting IP Address, Konfigurasi IP seperti setting IP di Windows pada umumnya melalui Network Settings. IP Address, Gateaway dan Netmask dapat dilihat bagian bawah console.

Cara Instal RDP Windows di VPS Digital Ocean

  • Selanjutnya silahkan login dengan RDP dengan username: WhatUpTime.com dan password: P@ssword64.
  • RDP Windows kamu sudah bisa digunakan, jangan lupa segera ubah password default tersebut.
Baca Juga:  Cara Mengetahui IP Address Sendiri Dengan Mudah

Demikianlah Cara Mudah Instal RDP Windows di Server Digital Ocean, cara ini terbilang mudah karenan tidak perlu menghubungi customer untuk melakukan mount disk image, dan bisa dikerjakan sendiri. Selamat mencoba semoga berhasil, bila ada yang kurang jelas silahkan tenyakan di kolom komentar.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

19 pemikiran pada “Cara Mudah Instal RDP Windows di Digital Ocean”

    • Klo sudah terlanjur diinstal ga bisa mas,
      Tapi bisa buat baru lagi sesuai Region yang diinginkan
      Data pada compute sebelumnya dipindahkan ke compute yang baru
      dengan fiture backup – recovery

      Semoga membantu

      Balas

Tinggalkan komentar