Beranda > Youtube > Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Mendapatkan Uang dari Youtube – Sebagamana yang telah anda ketahui bahwa saat anda mengetik cara mendapatkan uang dari youtube, banyak sekali artikel yang memberikan motivasi kepada anda agar senantiasa youtube dijadikan sebagai salah satu profesi dalam menghasilkan uang.

Karena memang banyak sekali orang-orang yang awalnya mereka adalah orang biasa, tapi karena beralih posisi menjadi seorang youtuber menjadikan mereka dapat uang yang berlimpah. Tapi kebanyakan artikel yang membahas tenatng tema in, hanya sekedar memberikan motivasi tapi tidak memberi solusi. Tapi walaupun seperti itu, pada artikel kali ini saya akan membahas 10 cara mendapatkan uang dari YouTube.

Tapi sebelum masuk ke pembahasan inti, perlu kita ketahui terlebih dahulu siapa saja yang sekarang populer menjadi artis youtuber di Indonesia. Ada Atta Halilintar salah satu keluarga halilintar yang sekarang sering dijuluki sebagai king of teh YouTube.

Walaupun memang konten yang saya lihat kebanyakan nya tidak memberikan faedah atau dia sering memposting kegiatan sehari-harinya, akan tetapi kita perlu memberikan apresiasi kepadanya dari segi perjuangannya dalam membangun channel YouTube.

Atta sering mengupload video youtubenya tiap hari. Nah setahu saya, saat mengupload video itu kita butuh beberapa waktu dari mulai menyeting videonya, membuat teksnya, mencari tempat suttingnya, dan mengedit videonya. Itu membutuhkan waktu yang panjang. Jadi membangun channel youtube agar bisa mendapatkan uang harus dibarengi juga dengan kerja keras.

Sehingga apa yang anda inginkan itu tercapai. Nah disini saya akan memberikan 10 cara mendapatkan uang plus dibareng dengan semangat anda dalam membangun konten yutubenya, karena untuk bisa mendapatkan benar-benar uang dari youtube butuh perjuangan yang sangat extra,. Oklah kita mula dari yang nomor 1.

1. Membuat Chanel YouTube

Langkah pertama yang tidak boleh anda lewatkan adalah membuat channel Youtube. Jika anda belum memiliki akun youtube buatlah terlebih dahulu.Coba anda Sign in ke youtube, bisa menggunakan akun Google yang telah anda miliki.

Setelah itu, buatlah channel youtube sesuai dengan keinginan anda. Buatlah nama terbaik yang dapat menarik perhatian orang, atau bisa menggunakan nama sendiri. Lalu setelah itu, fokuskan pada konsep,tema dan karakter yang hendak ingin anda apload di channel youtube anda.

Baca Juga:  Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Untuk Jualan Online?

Usahakan memiliki satu tema tapi konsisten dan jangan berubah-ubah. Apabila kontennya ingin hiburan, maka semuanya tenatng hiburan.

Apabila kontennya ingin tentang edukasi, maka semuanya tentang edukasi, dan tema-tema yang lainnya. Terserah skill mana yang anda kuasai dan anda minati

2. Monetisasi Youtube Channel

Apabila chanel anda sudah di bentuk, baik dari namanya, tema isinya, konten yang akan diaploadnya ataupun yang lainya, maka sekarang yang harus dilakukan adalah memonitasinya.

Masuklah ke akun youtube anda, setelah masuk plihlah ‘account informastion’ yang berada di sebelah kanan atas, dan bisa juga klik’creator studoo’.

Setelah masuk ke creator studio atau account information, pilihlah menu yang berada di sebelah kiri, lalu pilih ‘channel’ dan setelah itu pilih Status and Features’. Baru setelah anda mengkliknya akan menemukan ‘enable monetisation’. Baru setelah itu setuju agreement yang anda.

3. Menyambungkan YouTube Channel ke Adsense

Apabila monitasi channel anda sudah aktif, maka tutorial selanjutnya adalah menyambungkan channel anda ke Adsense. YouTube account anda harus di assosiate dan approved Adsense account.

Fungsinya adalah untuk digunakan sebagai track penghaslan anda sehingga nantinya akan tersedia fitur Youtube Analytic, yang mana anda akan mendapatkan pengahasilan dari Youtube kalau seandainya anda melengkapinya atau mengikuti Youtube Payment treshold yang ada.

4. Mengoptimalkan fungsi monitasi pada youtube channel

Ada beberapa keriteria yang harus diiperhatikan agar dapat mengoptialkan fungsi monitasi ;

  • Iklan akan senantiasa muncul pada video yang anda apload karena channel anda sudah dimonitasi
  • Term of Service dan Community Guidelines yang telah dibuat oleh youtube harus diperhatikan oleh video yang anda upload.
  • Anda tidak akan menghasilkan apa-apa apabila video yang anda apload adalah hasil dari Copyrighted atau plagiat.
  • Agar video anda bisa dipromote, maka kontennya harus karya yang orsinil.
  • Video harus user-fridendly

5. Melakukan Conversion Rte ke Produk Page

Apabila anda bertanggung jawab pada suatu bisnis atau perusahaan tertentu, untuk meningkatkan conversion rate, anda bisa menjadikan saluran youtube sebagai salah satu peningkatannya. Lewat soft promotion anda dapat membuat suatu video atau konten yang menunnjukan betapa menarik dan bagusnya produk yang anda promotkan tersebut.

kemudian anda bisa menyimpan link produk tersebut di kolom deskripsi video tersebut. dan ini adalah salah satu cara seorang youtuber dalam menjual suatu barang secara halus. Contohnya baju atau kerudung, biasanya digunakan oleh pemilik youtube tersebutagar para fansnya juga bisa membeli produk tersebut.

Baca Juga:  Manfaat Website Bagi Perusahaan dan Perorangan

6. Menjual video di website penjualan video

Video yang telah anda buat bisa juga di jual ke salah satu website omersial. Ini biasanya dilakukan oleh para video-maker. Pada tayangan youtube, anda bisa meengarahkan pada penonton untuk senantiasa melihat teasernya, lalu untuk bisa menonton video lengkapnya maka orang tersebut harus bayar.

7. Mengarahkan Traffic Untuk Afiliansi Link

Yang paling populer untuk mendapatkan uang secara online adalah affiliate marketing. Walaupun cara ini adalah populer, akan tetapi kebanyakan para pemasar affiliate ini tidak pernah mengemukakan secara rinci bagaimana cara mendapatkan uang atau pendapatan yang cukup besar.

Oleh karena itu, daripada harus menggunakan blog yang ada untuk bisa mengarahkan orang masuk ke affiliate link, lebih baik kita gunakan youtube dengan video yang keren dan dalam video tersebut terdapat arahan untuk bisa masuk ke affiliate link. Karena seiring dengan berkembangnya niche visual, menimbulkan orang-orang untuk malas membaca teks yang panjang-panjang.

8. Menarik Sponsorship

Apabila anda perhatikan para youtuber terkenal, anda pasti menyadarinya dari hampir semua konten youtube yang mereka upload selalu ada advertisement dan sponsorshipnya. Nah para youtuber memanfaatkan dua aspek inilah untuk bisa menghasilkan uang dari youtube.

9. Live Speaking untuk Meningkatkan Customer Engangement

Apabila anda cukup terkenal dan memiliki fans yang banyak, anda bisa membuat acara meet and greet. Agar komunitas anda tumbuh mungkin anda dapat mengadakan perkumpulan yang rutin yang sudah terjadwal.

Manfaat dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan engangement anda bersama para subscriber sehingga mereka tetap setia melihat konten video yang anda upload. Dalam meet and greet juga anda bisa memanfaatkan dalam mempromosikan video-video yang telah anda upload.

10. Berfikir Out of The Box

Yang terakhir adalah apabila anda ingin menghasilkan sebuah konten yang menarik, maka anda harus berpikir diluar kebiasaan. Karena video yang monoton cenderung hanya membuat orang lain bosan dan jenuh, sehingga mereka tidak melanjutkan tontonnya mereka. Oleh karena itu kreativitas dalam membuta sebuah video sangat berpengaruh untuk tetap membuat orang bisa menonton video sampai akhir.

Nah itulah 10 cara mendapatkan uang dari Youtube. Mudah-mudahan anda paham dengan penjelasan yang saya sampaikan. Mudah-mudahan bisa membantu anda dalam membangun sebuah channel dan menjadi gerbang utama dalam mencapai kesuksesan.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar