Beranda > Android > Cara Reset HP Samsung dengan Mudah dan Cepat

Cara Reset HP Samsung dengan Mudah dan Cepat

Reset HP Samsung Dengan Mudah – Untuk mengembalikan sistem dan software di hp android jadi kondisi awal kembali maka harus melakukan reset ulang atau Factory reset agar hp sepeti baru keluar dari pabriknya. Biasanya, reset ulang dilakukan untuk memulihkan kembali sofware yang sudah rusak pada hp android atau tablet atau apple.

Yang harus kalian ketahui sebelum kalian melakukan reset ulang pada hp kaliang adalah bawah, dengan mereset ulang hp, maka semua aplikasi dan data yang telah tersimpan dalam memroi internal handphone ataupun tablet akan hilang atau terhapus. Jadi seblum mereset ulang, alangkah bainya menyimpan dulu semua data di memory eksternal. Untuk mereset ulang android atau khususnya hp samsung ada banyak cara yang bisa dilakukan, diantaranya melalui menu bacup dan reset, menekan kode reset rahasia, atau melalui Recovery Mode pada android atau hp samsung.

Baca Juga: Perbedaan Menarik Antara OS Andorid dan IOS, Kamu Harus Tahu!

Karena untuk mereset ulang atau instal ulang hp android ada banyak cara yang bisa dilakukannnya, maka pada artikel kali ini saya akan membahas satu-persatu, agar kalian bisa melakukan nya dengan berbagai cara. Inilah dia cara mereset ulang hp samsung dengan cepat dan mudah yang bisa kalian coba:

1. Reset HP Samsung Melalui Pengaturan

Apabila kamu masih bisa mengakses ke menu setting [pengaturan] pada HP android, maka cara pertama kamu bisa membuka lewat menu setting. Jangan lupa untuk backup terlebih dahulu datang yang dianggap masih penting dan tidak ingin hilang ke memroi eksternal sebelum melakukan reset ulang atau instal ulang. Inilah caranya untuk melakukan reset ulang;

  • Masuk ke pengaturan/setting
  • Cari menu backup dan reset, biasanya ada di bawah
  • Kemudian tap pada factory data reset
  • Sebelum tap reset device, centang dulu yang dianggap benar.
  • Setelah beres, tunggu proses reset ulangnya sampai selesai, biasanya sekitar 3-10 menit[ tergantung banyak atau tidaknya data yang ada di dalam hp tersebut].
  • Setelah selesai, maka hp andrid akan merestar dengan sendirinya, apabila tidak secara otomatis maka silahkan lakukan dengan cara manual.
Baca Juga:  6 Hp Xiaomi RAM 6GB dengan Harga Termurah 2018

2. Reset HP Samsung dengan Kode Rahasia

Cara kedua ini lebih simple dari yang pertama, karena kalian hanya mengetikan tombol rahasia, angkanya adalah *2767*3855# Cara ini dilakukan oleh kalian apabila keyboard kalian masih berjalan dengan mulus.

3. Reset Ulang dengan Recovery Mode

Inilah dia Langkah terakhir yang bisa kalian lakukan, dan langkah ini adalah langkah yang paling ampuh untuk merest ulang agar hp seolah-olah seperti keluaran dari pabrik. Biasanya kita melakukan ini apabila hp yang kita miliki sudah tidak bisa dipakai lagi atau Bootlop, sehingga hanya dengan cara ini hp bisa kembali seperti semula. Untuk bisa masuk ke reset recovary hanya bisa dilakukan saat hp yang kita miliki dalam kondisi mati[off].

Inilah dia langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  1. Sebelum kita mereset ulang, pastikan batre yang ada dalam hp memadai yaitu minimal 70 persen, untuk berjaga-jaga apabila ada sesuatu yang tidak diinginkan.
  2. Kalau dirasa sudah cukup batrenya, matikan hp atau tablet anda
  3. Selanjutnya tahan dan tekan tombol Volume Up-Home-Power secara bersamaan dalam beberap detik.
  4. Kalau sudah masuk, maka gunakan tombol Up untuk memilih menu factory reset wipe data.
  5. Kalau sudah memilih factory reset, tekan home untuk memulai proses reset.
  6. Lalu tunggulah beberapa menit untuk menyelesaikan prosesnya
  7. Lalu pilih lagi menu untuk rebot system now.
Catatan Untuk masuk ke recovery Mode  bagi setiap tipe hp samsung biasanya berbeda-beda dalam melakukan reset ulangnya. Berikut ini beberapa tipe hp samsung dalam melakukan Recovery Mode.

Samsung Universal

Untuk Galaxy Gio, Galaxy Fit, Galaxy Mini, dan Galaxy Ace ;

Tekan tombol power plus home tengah. Tunggu hinga muncul logo samsung.

Samsung Galaxy Pro

Tekan Tombol T-tombol Power secara bersamaan.

Samsung Galaxy Y [Young] GSM

Tekan selama beberapa detik tombol Volume Up-tombol Home-Tombol Power secara bersamaan.

Samsung Galaxy 551

Tekan tombol T-Tombol Power, dan untuk navigasi bawah atas bisa dilakukan dengan menekan tombol panah, sedangkan untuk melakukan pilihan bisa menggunakan tombol shift.

Samsung Galaxy W (Wonder)

Tekan tombol Volume Up – Tombol HOME [tengah] – Tombol Power secara serentak dan tunggu hingga keluar logo samsung. Setelah tu tekanlah tombol menu [tombol sebelah kiri dari tombol HOME].

Baca Juga:  Bingung Memilih antara Samsung S10 vs S10+? Simak Ulasannya Berikut Ini

Samsung Galaxy Y (Young) CDMA

Yang pertama dilakukan adalah matikan hp, upayakan batre hp cukup untuk menginstal ulang, tekan tombol power, tunggu sampai muncul logo samsung, lalu tekan tombol Volume UP sampai masuk ke recovery Mode. Kalau handphone yang dimiliki masih normal, tinggal masuk ke menu seperti biasa, lalu setelah beres, matikan handphone dan ulangi proses dari awal.

Samsung Galaxy Mini II S6500

Pertama tekan tombol Volume Down- Volume Up- Tombol power- Tombol Home- klik secara bersamaan.

Samsung Galaxy Chat GT-B5330

Untuk yang ini tekan tombol Volume Down-Powr-Home secara bersamaan.

Samsung Galaxy Tab 7 & Tab 7 Plus

Sebelum mulai mereset ulang, matikan dulu handphone nya lalu tekan tombol Volume Up-Tombol Power secara bersama-sama sampai layat Hp atau tablet menyala.

Samsung Galaxy Ace Plus

Tekanlah secara bersamaan Volume UP – Volume Down- Tombol Home  lalu selagi ditekan ketiga tombol tersebut, lalu tekan tombol Power lalu langsung dilepaskan jangan di tekan. Tunggu samapi masuk ke Recovery Factor, baru ketiga tombol di atas, lepaskan.

Samsung Galaxy Note N2700

Tekanlah tombol Power-Home-Volume UP, lalu tunggulah sebentar sampai muncul tulisan Galaxy Note, setelah muncul tulisan tersebut maka lepaskanlah.

Peringatan Peringatan: biasanya untuk pengguna Galaxy Note dengan menggunakan sistem operasi Ice Cream Sandwich Android 4.0x alangkah baiknya jangan melakukan Factory Reset atau instl ulang, karena kalau seandainya Galaxy Note ini direset ulang akan mengganggu Rom yang memiliki bug yang dimana dapat merusak HP bagian sebagain pengguna hp ini.

Baca Juga: 9 Aplikasi Edit Photo yang Bagus

Itulah dia cara mereset hp atau tablet Samsung dari awal sampai akhir. Bagaiamana? Mudahkan. Insya allah mudah untuk menginstal ulang kembali. Karena ini adalah semua cara yang paling mudah dalam factory reset hp. Saran dari saya alangkah baiknya untuk senantiasa jangan di reset. Heh kecuali  kalau memang benar-beanr sudah tidak nyman digunakan. Apabila ada pertanyaan bisa isi di kolom komentar.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar