Beranda > Asuransi > Yuk Ketahui Jenis-Jenis Asuransi yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Yuk Ketahui Jenis-Jenis Asuransi yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Jenis-jenis Asuransi – Tanpa kita sadari, memiliki asuransi merupakan bentuk investasi paling aman dan nyaman dibandingkan instrumen investasi lainnya. Bukan hanya itu saja, asuransi juga dapat dijadikan sebagai tabungan dan jaminan di hari tua. Kok bisa?

Nah, jadi ketika anda memiliki asuransi, anda diharuskan untuk membayar premi dengan jumlah tertentu yang telah disepakati di awal. Premi tersebut pada nantinya akan digunakan oleh pihak asuransi untuk memberikan perlindungan kepada setiap pemegang polis.

Perlindungan yang diberikan pun beraneka ragam, seperti perlindungan dalam hal kesehatan, kecelakaan, pendidikan, perjalanan dan masih banyak lagi. Ada beberapa jenis asuransi yang jika tidak digunakan atau jika jumlah premi yang tersisa masih cukup banyak.

Maka bisa dicairkan dalam bentuk uang, sehingga dalam hal ini tanpa anda sadari, anda justru sudah menabung dan berinvestasi. Hanya saja, perlu diketahui pula bahwa tidak semua jenis asuransi memiliki fasilitas tersebut.

Walau begitu, ketika anda memiliki asuransi maka anda bisa setidaknya akan lebih hemat dalam mengeluarkan biaya yang bersifat darurat dan diluar prediksi. Hampir semua orang mungkin sudah mengetahuinya bahwa hidup yang tengah kita jalani saat ini memang selalu dipenuhi oleh teka-teki dan misteri.

Tidak ada satu hal pun yang dapat kita prediksi, tetapi bukan berarti tidak ada yang dapat kita lakukan. Melakukan antisipasi dan selalu berjaga-jaga sangatlah berguna untuk mencegah hal-hal tidak terduga tersebut terjadi, baik itu kepada diri kita maupun kepada anggota keluarga tercinta.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa asuransi memiliki berbagai jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing individu. Walaupun memiliki fungsi yang berbeda, namun manfaat dari seluruh jenis asuransi tetaplah sama, yaitu untuk melindungi para pemegangnya. Nah, jika anda masih sulit untuk membedakan dari jenis-jenis asuransi yang ada, yuk disimak dulu ulasan berikut ini.
Jenis-Jenis Asuransi

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa dapat dikatakan sebagai salah satu jenis asuransi paling penting dari seluruh jenis asuransi yang ada. Hal tersebut dikarenakan asuransi jiwa ialah asuransi yang berhubungan dengan anggota keluarga yang ditinggali.

Baca Juga:  Cara Memilih Asuransi Yang Berkualitas

Setiap makhluk hidup pada nantinya pasti akan berhadapan dengan kematian. Hanya saja, tidak ada satu makhluk hidup pun yang dapat memprediksi kapan kematian tersebut akan menghampiri.

Ketika seorang ayah yang bersifat sebagai seorang tulang punggu keluarga secara tiba-tiba meninggal dunia, maka apa yang akan terjadi dengan anak dan istri yang ditinggalinya? Dari manakah mereka akan mendapatkan biaya hidup? Nah, disinilah fungsi dari asuransi Jiwa yang sebenarnya.

Ketika seorang ayah meninggal dunia, maka dana yang terdapat di dalam asuransi jiwa tersebut dapat dicairkan untuk memenuhi kebutuhan istri dan anak yang ditinggali. Dana tersebut pun juga bebas digunakan dalam berbagai hal, termasuk sebagai modal usaha sang istri dan biaya pendidikan sang anak.

2. Asuransi Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu hal yang paling penting di dalam kehidupan bermasyarakat. Hal tersebut dikarenakan, pendidikan yang layak mampu membuat pola berpikir seseorang menjadi lebih maju. Maka dari itu, tak jarang banyak negara-negara maju justru menggratiskan pendidikan bagi seluruh masyarakatnya dari berbagai kalangan.

Hanya saja, pendidikan di Indonesia itu sendiri justru kian semakin mahal dari waktu ke waktu, sehingga masih banyak masyarakat yang tidak bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Maka dari itu, memiliki asuransi pendidikan tidak boleh dilupakan, khususnya bagi anda yang telah memiliki buah hati.

Untuk biaya premi yang perlu dibayarkan, nominalnya tergantung dengan jenjang pendidikan yang ingin di dapat. Semakin kecil buah hati, maka semakin kecil pula jumlah premi yang perlu dibayar. Baca: Cara Memilih Asuransi Berkualitas.

Selain asuransi jiwa dan pendidikan, sejatinya masih banyak lagi jenis-jenis asuransi lainnya yang dapat memenuhi kebutuhan anda, seperti asuransi kecelakaan, asuransi kesehatan, asuransi perjalanan dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Intip Jenis Investasi serta Cara Kamu dalam Mengatur Keuangan Sesuai Zodiak

Apakah anda tertarik untuk memiliki asuransi? Ketahui dulu jenis-jenis dan fungsi dari setiap asuransi yang ada. Yuk baca informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/mengenal-perbedaan-jenis-asuransi-untuk-proteksi-aset-dan-diri/.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar