Beranda > Website > Perbedaan Hosting dan Domain, Serta Hubungan Keduanya

Perbedaan Hosting dan Domain, Serta Hubungan Keduanya

Perbedaan Hosting dan Domain – Bagi kamu yang terjun di dunia digital ataupun internet mungkin pernah mendengar istilah domain dan hosting, pada umumnya domain dan hosting adalah dua kompenen dasar dari sebuah website. Hosting dan Domain adalah hal yang berbeda. Pada artikel ini Riswan Net akan menjelaskan perbedaan antara domain dan hosting, serta hubungan keduanya.

Domain

Adapun domain yaitu sebuah nama unik yang berfungsi untuk mengidentifikasi alamat IP web server pada jaringan internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, jadi tidak perlu menuliskan alamat IP dari web server yang dituju.

Domain ini diatur oleh badan regulasi domain dunia. Nama domain ini yang akan mengarahkan ke alamat IP server hosting, sehingga saat anda mengetikan nama domain, yang anda akses adalah server IP yang dituju. Contoh domain adalah riswan.net atau facebook.com. Domain terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan ekstesinya. Berikut ini jenis-jenis domain:

1. gTLD
TLD atau Global Top Level Domain adalah ekstensi domain global dapat digunakan oleh macam-macam organisasi dan masyarakat. Contohnya: domain .com .net .org .tv .name .info dan banyak lainyya.

2. gccTLD
ccTLD atau Country Code Top-Level Domain adalah sebuah ekstensi domain yang dikhususkan untuk negara. Contohnya sebagai berikut ini: domain .id untuk negara Indonesia, .us untuk negara Amerika Serikat, .JP untuk negara Jepang, ru untuk negara Rusia, .in untuk negara India.

Hosting

Hosting merupakan tempat penyimpanan data atau file yang dapat diakses secara online. Dimana hosting ini berguna untuk menyimpan seluruh data website. Hosting memiliki bentuk fisik yang biasa disebut dengan server. Server itu sendiri sama seperti komputer biasa, memiliki Hard disk, RAM, Prosesor, dan lain kompenen lainnya. Hanya saja tampilan dan bentuk komputer ini disesuakan dengan kebutuhannya.

Baca Juga:  Cara Praktis Membuat Web Menggunakan Template Website

Server hosting ini di simpan di datacenter yang dilengkapi dengan listrik dan backup listrik berupa UPS. Server hosting terkoneksi dengan jaringan internet berkecepatan tinggi, supaya lancar ketika diakses bersamaan dari banyak pengguna. Hosting dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan spesifikasinya, berikut ini jenis-jenis hosting yang perlu Anda ketahui:

1. Shared Hosting
Shared Hosting adalah istilah yang digunakan untuk layanan web hosting di mana satu web server yang besar digunakan oleh beberapa pengguna. Shared hosting adalah jenis paket hosting yang murah dan paling terjangkau dari web hosting lainnya. Di beberapa penyedia hosting, shared hosting ada yang dihususkan untuk situs WordPress, atau disebut WordPress Hosting.

2. Dedicated Hosting
Dedicated hosting adalah istilah yang digunakan untuk paket web hosting yang menyediakan web server intens bagi satu pengguna, dedicated server dengan sumber daya yang didedikasikan untuk klien tunggal ini tentu mempunyai peforma yang lebih bagus. Spesifikasi komputer dedicated server bisanya lebih tinggi di banding shared hosting dan harganya relatif lebih mahal.

3. VPS Hosting
VPS hosting atau singkatan dari Virtual Private Server hosting adalah layanan mesin virtual yang dapat digunakan secara leluasa dibanding shared hosting atau dedicated server. Untuk menyeting hosting web dari awal sampai akhir biasanya ditanggung oleh klien sendiri. Kelebihan VPS adalah klien lebih leluasa menggunakan hosting, tidak dibatasi oleh pengguna hosting. Seperti halnya Anda menyewa satu komputer.

4. Cloud Hosting
Cloud hosting adalah jenis teknologi hosting terbaru. Cloud hosting menggunakan teknologi komputasi awan yang mempunyai kecepatan yang lebih baik dari jenis hosting sebelumnya. Selain itu cloud hosting terkenal lebih aman karena tidak hanya mengandalkan satu server saja melainkan menggunakan beberapa server yang tersebar di banyak titik di berbagai negara. Tidak semua penyedia hosting memiliki layanan cloud hosting, dan biaya cloud hosting memang lebih mahal dari jenis hosting lainnya.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Masalah CredSSP Saat Login ke RDP

Hubungan Domain dan Hosting

Hubungan Domain dan Hosting

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwasanya hosting merupakan tempat penyimpanan data atau file website, sedangkan nama domain adalah nama yang digunakan untuk mengakses sebuah website. Domain haruslah diarahkan ke alamat IP hosting, supaya domain dan hosting dapat terkoneksi, dan ketika Anda membuka domain, maka file pada hosting dapat diakses.

Seperti halnya hubungan antara sebuah papan nama dan toko. Dimana papan nama berfungsi untuk mengidentifikasi toko tersebut dan toko berfungsi untuk menyimpan barang yang Anda jual. Begitupula domain dan hosting. domain berfungsi untuk identitas dan hosting sebagai tempat Anda menyimpan semua barang.

Untuk mendapatkan domain dan hosting Anda perlu membelinya pada layanan yang menyediakan jasa domain dan hosting. Hosting dan domain ini dapat dibeli dengan sistem kontrak/sewa. Saat ini tersedia banyak layanan yang menyediakan domain ataupun hosting murah berkualitas yang dapat Anda gunakan untuk keperluan membuat website.

Demikianlah beberapa hal yang dapat Anda pelajari mengenai Domain dan Hosting serta hubungan keduanya. Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat bagi Anda. Bila Anda sedang mencari domain ataupun hosting dapat menggunakan layanan yang terpercaya dan baik reputasinya seperti Jetorbit.com. Jetorbit menyediakan jasa domain dan hosting murah terbaik.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar