Beranda > Travel > Mudik ke Luar Kota Dengan Bus Ternyata Lebih Seru

Mudik ke Luar Kota Dengan Bus Ternyata Lebih Seru

Tidak terasa sebentar lagi musim mudik segera tiba. Memang kita tidak bisa terlepas dari kata mudik. Aktivitas mudik sudah menjadi identitas dan budaya yang melekat di masyarakat Indonesia karena memang setiap tahun baik yang muslim maupun tidak akan merasakan libur panjang lebaran, dan mayoritas masyarakat memanfaatkan untuk berlibur ke kampung halaman, rumah orang tua atau sanak saudara.

Berbagai hal harus disiapkan sejak dini supaya tidak repot di hari-H, mulai dari persiapan finansial, kesehatan sampai dengan transportasi. Berbicara mengenai transportasi saya ingin berbagi cerita mudik saya yang seru tahun 2018 lalu. Yang semoga akan terulang di mudik tahun 2019 ini.

Berbeda dengan biasnaya, pada saat itu saya mencoba mudik ke kampung halaman menggunakan transportasi umum, yaitu Bus Wijaya Baru. Di mana biasanya saya menggunakan kendaraan roda dua. Awalnya saya ragu memilih bus sebagai alat transportasi mudik, tapi ternyata saya mendapatkan banyak pengalaman seru di balik semua itu.

Dapat Tidur Nenyak

Perjalanan yang panjang membuat kita lelah dan membutuhkan istirahat yang cukup. Dengan memilih bus pastinya kita bisa beristirahat di perjalanan dengan nyaman tidak seperti mudik menggunakan motor, haha. Sehingga tubuh tetap berstamina dan tidak terlalu capek. ketika sampai di tempat tujuan.

Tiket Bus Lebih Murah

Yang pertama, ternyata tiket bus Wijaya Baru ini itu terhitung murah dibanding alat transportasi lain. Apalagi bila kamu membeli secara online, biasnaya kamu akan mendapatkan penawaran cashback, bonus atau diskon lainnya. Walaupun harga terjangkau, layanan dan fasilitas Bus cukup memadai, seperti AC, kursi yang empuk, selimut dan toilet. Dijamin dengan harga yang terjangkau ini perjalanan mudik kamu akan lebih mengirit pengeluaran.

Baca Juga:  Jasa Transportasi Antar Jemput Gunung Merbabu Termurah

Beli Tiket Hanya Dengan Satu Sentuhan

Untuk urusan tiket saya selalu menggunakan layanan online, karena banyak kemudahan yang ditawarkan, seperti penawaran harga yang cukup miring, fleksibel menentukan jam berangkat, bebas memilih kursi bus, proses lebih jelas tidak ribet dan banyak kelebihan lainnya sehingga saya lebih memilih beli tiket secara online.

Kamu juga bisa mendapatkan tiket Bus Wijaya Baru ini secara online melalui smartphone dan tidak perlu antri di PO bus atau agen bus. Cukup instal aplikasi Traveloka di smartphone kamu, kamu bisa beli tiket bus wijaya baru hanya dengan satu sentuhan. Kemudian kamu hanya perlu menunjukkan tiket elektronik tersebut kepada bagian administrasu Bus.

Tips Mudik & Travel Dengan Naik Bus

Banyak kejadian dan pengalaman tidak terduga yang saya daptakan ketika naik bus untuk perjalanan antar kota/provinsi. Sebaiknya sebelum naik bus antar kota kamu baca tips-tips dari saya berikut ini:

  1. Berdoa, Selalu berdoa meminta keselamatan dan kelancaran di perjalanan.
  2. Tetap waspada, Inilah hal penting saat kamu traveling dengan naik bus. Kewaspadaan adalah yang nomor satu, karena kita berhadapan dengan orang asing. Dengan lebih meningkatkan kewaspadaan, kamu pun bisa terhindari dari tindakan kejahatan orang lain.
  3. Siapkan air minum, perjalanan yang panjang mengharuskan kita tetap berstamina, salahsatunya dengan minum secukupnya. Jangan sampai kehausan di dalam bus. Walaupun ada beberapa perusahaan bus yang sudah menyediakan air mineral.
  4. Barang berharga, simpan barang berharga seperti handphone, dompet, atau laptop di tas yang kita pegang, bukan di bagasi bus. Untuk berjaga-jaga supaya barang berharga tidak hilang.
  5. Siapkan uang pecahan kecil, uang pecahan kecil dapat kamu gunakan untuk membeli sesuatu dari pedagang yang biasa masuk ke dalam Bus. Supaya tidak repot kembalian.
  6. Bawa makanan ringan, Daripada beli makan di dalam Bus, lebih baik kamu membawa makanan sendiri dari rumah atau beli dari minimarket sebelum naik bus.
  7. Siapkan Jaket, Udara di dalam bus akan terasa sangat dingin apalagi di malam hari, jadi kamu perlu menyiapkan jaket atau mini blanket untuk berjaga-jaga.
  8. Bawa Powerbank, mungkin bagi yang sudah sering berpergian dengan transportasi umum powerbank merupakan item yang wajib untuk di bawa.
  9. Siapkan herbal anti angin, supaya kamu tetap fit dan tidak pusing atau mual ketika di perjalanan. Sebaiknya kamu membawa obat herbal anti masuk angin atau minyak yang menghangatkan tubuh.
  10. Jangan mudah percaya orang, banyak kasus kriminal yang terjadi di dalam bus, itu sebabnya kamu jangan mudah percaya kepada orang lain dengan minum atau makan makanan yang ditawarkan. Sebaiknya pergi dibarengi keluarga atau teman.
Baca Juga:  Ini Dia 4 Tempat Wisata Kekinian yang Hits di Bandung

Dan yang pasti tidak hanya untuk mudik saja, untuk traveling berlibur antar kota, Bus bisa sebagai pilihan alat trasportasi. Apalagi bila kamu mengutamakan biaya yang hemat, fleksibel, bisa istirahat di jalan dan tidak terburu-buru maka bus adalah pilihan yang tepat dibanding menyewa mobil.

Demikianlah pengalaman serta tips dari saya tentang Mudik ke Luar Kota Dengan Bus. kamu juga pasti mempunyai pengalaman seru ketika travel atau mudik menggunakan bus. Bagi kamu yang belum pernah sama sekali mudik menggunakan Bus kamu harus mencobanya, dan dapatkan pengalaman seru. Selain itu dengan naik bus kamu bisa menghemat bahan bakar serta berkontribusi mengurangi angka kemacetan di kala mudik.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

7 pemikiran pada “Mudik ke Luar Kota Dengan Bus Ternyata Lebih Seru”

  1. iya nih, kemarin saya mau ke Jogja dan kok naik bus jadi pilihan paling murah ya?

    Mana sekarang fasilitas mereka nyaman banget

    Balas
  2. Menurut saya, mudik memang lebih aman dan tidak capek dengan naik bus daripada Naik kendaraan roda dua. Makanya saya salut ketika ada perusahaan yang menyediakan bus untuk mudik bersama para karyawannya.

    Balas
  3. Naik bus jauh lebih seru memang. Kami pernah dari Bengkulu ke Yogyakarta naik bus. Memang sih, pantat agak sakit, tapi seru dan bergembira, apalagi seisi bus adalah satu rombongan.

    Balas
  4. Tips yang bermanfaat banget mas. Anw, yg nomer 10 kok menyeramkan yaaa :'(
    Sebenernya daridulu udah pernah dengar sih kasus kriminal macam perampokan di bus. Tapi jangan sampe lah ya terjadi sama kita2. Bener banget sih, jgn mudah percaya org takutnya cuma berkamuflase doang 🙁

    Balas
  5. Untuk jalur darat memang pilihannya kalo perjalanan panjang ya bus, biasanya setiap milih bus itu yang paling nyaman gpp harga lebih mahal tapi tenang dalam perjalananan.

    Yang tidak suka adalah di dalam bus yang kadang masih ada orang merokok terus petugasnya gak tegas

    Mas Riswan aktifin dong fitur kolom website di blog-nya mas hehe

    Balas

Tinggalkan komentar