Beranda > Bisnis > Proses Analisa Karyawan Potensial dengan Succession Managemenat Software

Proses Analisa Karyawan Potensial dengan Succession Managemenat Software

Software Analisa Karyawan– Sebuah perusahaan pasti membutuhkan strategi yang baik untuk menilai dan dan mengukur kompetensi karyawan terhadap jabatan yang diembannya. Dengan memiliki karyawan yang berkompetensi maka tujuan perusahaan akan tercapai dengan baik. Selain itu, perusahaan juga harus tetap mempertahankan kompetensi yang dimiliki karyawan tersebut.

Maka dari itu, perlu dilakukan banyak pelatihan, learning and development, dan segala hal agar karyawan lebih siap untuk jabatan yang lebih tinggi. Selain itu juga perlu regenerasi dan pergantian karyawan dalam jangka waktu tertentu.

Untuk melakukan semua itu, akan sangat sulit dan memakan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, salah satu cara yang tepat adalah dengan menggunakan sebuah perangkat yang disebut Succession Management Software.

Apa Itu Succession Management Software?

Succession Management Software merupakan sebuah software/perangkat lunak yang dirancang secara khusus untuk mempermudah proses succession planning. Atau lebih tepatnya Succession Management Software merupakan sebuah cara dengan aplikasi yang bertujuan untuk menerapkan strategi keberhasilan perusahaan dalam menjaga performa terbaik karyawannya.

Apa Saja Fungsi dari Succession Management Software?

Fungsi dari dari Succession Management Software sebenarnya sangat banyak, berikut ini beberapa fungsi yang utama bagi Succession Management Software, yaitu:

  1. Berfungsi untuk mempersiapkan calon-calon pemimpin dengan berbagai indikator seperti pengembangan skill, potensi, pengalaman, sikap dan kemampuan menyelesaikan masalah.
  2. Berfungsi untuk melakukan pergantian kepemimpinan dalam sebuah perusahaan dengan kandidat-kandidat yang berkualitas.
  3. Berfungsi untuk melakukan rekrut terhadap tenaga profesional dengan indikator kemampuan membimbing, mengarahkan, dan melakukan pelatihan kepemimpinan.
  4. Berfungsi sebagai implementasi training kepemimpinan.
Baca Juga:  Begini Cara Jitu Jual Rumah Supaya Cepat Laku

Mengapa Harus Menggunakan Succession Management Software?

Sebagai software analisa karyawan terbaik, ketika Anda menggunakan Succession Management Software akan ada manfaat yang didapat pihak perusahaan. Manfaat-manfaat tu antara lain:

1. Terseleksinya Karyawan Yang Cakap dan Mahir

Ketika sebuah perusahaan harus mengambil sikap dengan menggantikan divisi-divisi di dalamnya dengan karyawan yang baru, Maka harus ada succession planning perusahaan yang efektif. Tujuannya untuk meningkatkan ketersediaan karyawan yang cakap dan siap pada divisi tersebut.

Pergantian peran di perusahaan bisa terjadi baik secara terencana maupun secara tiba-tiba. Perubahan peran secara tiba-tiba contohnya, jika karyawan yang memimpin dalam divisi penting di perusahaan harus mengundurkan diri. Tentu saja tidak bisa ambil risiko lagi, karena pemimpin pada divisi tersebut harus segera ada yang mengambil alih.

Maka dari itu, Succession Management Software sangat sangat dibutuhkan bagi Tim HR karena akan membantu perancangan dengan mudah terhadap sejumlah kandidat yang memenuhi persyaratan dan kriteria bagi jabatan yang dibutuhkan.

2. Risiko Akibat Kehilangan Kepemimpinan dapat Dihambat

Succession planning yang efektif bagi perusahaan memiliki tujuan untuk mengurangi risiko kehilangan pemimpin yang berpengalaman. Succession Management Software mampu mengurangi berbagai risiko yang muncul dalam hal rekrutmen kandidat baru. Perusahaan dapat dengan mudah mencari karyawan yang memenuhi syarat untuk memimpin divisi tertentu.

Ketika pemimpin sebuah divisi di perusahaan tiba–tiba mengundurkan diri karena suatu hal, maka di dalam Succession Management Software telah terancang suatu fitur yang siap menangani risiko internal perusahaan tersebut. Dengan demikian, perusahaan tidak akan salah dalam perekrutan untuk divisi yang diperlukan meskipun berasal dari luar perusahaan.

3. Biaya Rekrutmen Yang Efisien

Penggunaan anggaran untuk mencari kandidat baru biasanya cukup besar. Apalagi jika divisi yang dibutuhkan adalah divisi seperti manajemen senior. Perusahaan pasti membutuhkan biaya yang cukup mahal dengan fasilitas dan sarana yang eksklusif. Dengan menggunakan Succession Management Software, maka perusahaan dapat memperhitungkan secara kolektif biaya yang diperlukan untuk rekrutmen karyawan baru.

Baca Juga:  Peran Penting Digital Agency Jakarta Untuk Bisnis Anda

4. Tidak Menyita Banyak Waktu

Succession planning bertujuan agar rekrutmen karyawan baru dapat dilakukan dengan cepat. Namun, dengan begitu banyak kandidat yang harus secara kasat mata layak dipilih, menyebabkan banyak waktu terbuang untuk melakukan seleksi yang lebih dalam. Dengan Succession Management Software waktu relatif cepat, karena kandidat yang akan dibutuhkan sudah disediakan dari kalangan internal perusahaan yang telah memenuhi syarat dan nilai-nilai indikator yang baik.

5. Dapat Menetapkan Prosedur Formal

Salah satu manfaat lain dari Succession Management Software sebagai software analisa karyawan yaitu suatu prosedur formal dalam memilih sumber daya manusia yang kompetensi untuk perusahaan. Dengan prosedur yang formal, maka perusahaan akan merasa puas dengan succession planning yang telah dirancang dalam sistem Succession Management Software.
***
Jika perusahaan Anda mulai berkembang dan menyebabkan Anda kesulitan dalam hal memilih rekrutmen karyawan, LinovHR menawarkan solusi bagi perusahaan Anda untuk implementasi succession planning yang sesuai dengan manajemen bakat dan kriteria kandidat yang terpilih. Trial LinovHR sekarang dan nikmati kemudahan fiturnya untuk tim HR perusahaan Anda. Melalui tautan berikut ini https://www.linovhr.com/

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar