Beranda > Bisnis > Cara Menyusun Webinar yang Baik dan Benar

Cara Menyusun Webinar yang Baik dan Benar

Proses pembuatan webinar saat ini sudah semakin mudah. Terlebih saat ini sudah hadir platform meeting online gratis dan layanan pembuatan website dengan Joomla hosting terjangkau. Dengan begitu, pembuatannya menjadi semakin mudah dan cepat.

Namun, membuat webinar tidak hanya cukup dengan mengetahui cara pembuatan dan login cPanel hosting saja. Anda juga harus tahu bagaimana cara menyusunnya. Bagi yang belum tahu caranya, silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Penjelasan Tentang Webinar dan Fungsinya

Pertama-tama, kami akan menjelaskan terlebih dahulu secara singkat terkait apa itu webinar. Istilah tersebut merupakan kependekan dari web-seminar. Dengan metode ini, kini seminar bisa disaksikan langsung secara online.

Webinar juga biasa digunakan untuk kepentingan bisnis. Selain itu, webinar juga punya beberapa fungsi lain sebagai berikut:

  • Sebagai media untuk mengumpulkan leads atau anggota. Dengan webinar Anda bisa menemukan dan mengumpulkan orang-orang yang tertarik dengan Anda.
  • Media yang bisa Anda manfaatkan untuk mengumpulkan feedback. Contohnya seperti mengetahui hasil promo atau campaign.
  • Sebagai media promosi produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu juga bisa digunakan sebagai media untuk launching produk terbaru.
  • Bisa digunakan untuk menunjukkan keunggulan bisnis Anda.

Cara Menyusun dan Membuat Webinar

Cara Menyusun Webinar

Untuk membuat webinar, silahkan Anda buat website dan login cPanel hosting. Atau bisa juga dengan menggunakan platform meeting online. Setelah itu, silahkan Anda ikuti langkah-langkah selanjutnya yang sudah kami rangkum di bawah ini:

1. Menentukan Tema dan Konsep

Pertama-tama, silahkan Anda tentukan terlebih dahulu konsep dan juga tema acara. Pastikan tema dan konsepnya menarik agar banyak orang yang tertarik. Contoh tema yang banyak disukai seperti promosi, berbagi pengalaman bisnis, tutorial, dan lainnya.

2. Memilih Narasumber yang Kompeten

Layaknya seperti seminar konvensional, di sini Anda juga harus punya narasumber yang kredibel dan kompeten. Memilih narasumber yang tepat merupakan salah satu kunci sukses acara webinar yang akan Anda selenggarakan.

Pembicara yang kompeten dan memiliki kapasitas untuk menyampaikan topik secara detail akan menjadi nilai tambah. Selain itu, narasumber atau pembicara juga harus berkarakter dan juga interaktif dengan para peserta.

Baca Juga:  Begini Caranya Agar Cepat Laku dan Untung dalam Menyewakan Apartemen

Narasumber yang kompeten juga akan menjamin kualitas dan kredibilitas webinar. Terutama jika ada peserta yang bertanya di luar dugaan. Disinilah peran narasumber sangat penting untuk merespon semua pertanyaan dari peserta.

3. Membuat Susunan Acara

Setelah tema dan narasumber Anda tentukan, selanjutnya silahkan membuat alur penyusunan acara. Selain itu, buat juga alur pendaftaran yang mudah dilakukan oleh para peserta.

Baca juga: Cara Riset Target Audiens Brand Toko Online

Khusus untuk alur pendaftaran, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Form, Zoom, dan lainnya. Jangan lupa juga untuk membuat kebijakan dan juga peraturan yang wajib dipatuhi oleh semua peserta selama webinar berlangsung.

4. Menentukan Durasi

Pertimbangkan durasi webinar yang akan Anda selenggarakan. Silahkan tentukan durasi khusus yang sesuai dengan panjang materi yang ingin Anda sampaikan dengan baik. Namun, jangan sampai durasinya terlalu lama atau berlarut-larut. Pilihlah durasi yang efektif dan efisien.

5. Menentukan Waktu yang Tepat

Waktu yang ideal akan menentukan kesuksesan webinar yang akan Anda selenggarakan. Pilihlah waktu yang tepat, seperti di hari libur antara pukul 11.00-14.00. Rentang waktu tersebut relatif efektif untuk acara webinar.

Memilih jadwal di luar akhir pekan juga bisa menjadi pilihan yang ideal. Akhir pekan cocok untuk para peserta yang tidak terikat oleh jam kerja.

6. Promosikan Program Anda

Setelah semuanya siap, silahkan Anda promosikan program tersebut. Promosi bisa Anda lakukan secara gratis melalui media sosial. Selain itu juga bisa melalui email atau beberapa platform yang lain.

Gunakan media promosi yang menarik, contohnya seperti poster elektronik. Anda juga bisa meminta teman untuk mempromosikannya di akun media sosial miliknya.

Tips Membuat Program Webinar yang Menarik

Kesuksesan webinar tergantung dari seberapa baik Anda mengemasnya. Untuk meningkatkan prospek kesuksesan webinar, berikut kami punya tips jitu agar program webinar Anda menjadi lebih menarik.

1. Memilih Tema Menarik yang Memantik Penasaran Peserta

Semakin bagus dan menarik tema webinar, maka akan semakin banyak prospek peserta yang mengikutinya. Selain tutorial, Anda juga bisa memilih tema-tema menarik seperti tips dan trik, tema cara meningkatkan omset bisnis, dan lainnya.

Buat juga judul yang membuat orang penasaran dan tertarik. Contoh judul menarik seperti “Tips Sukses Bisnis Online di Masa Pandemi”.

2. Menargetkan Audiens yang Benar

Pastikan promosi webinar Anda tepat sasaran kepada orang-orang yang prospektif. Ada beberapa cara untuk menentukan audiens yang tepat untuk tema webinar Anda. Adapun cara menentukannya seperti meneliti latar belakang demografi peserta, latar belakang pendidikan, dan pekerjaan.

Baca Juga:  Apa Saja Persiapan Sebelum Melamar Kerja?

Baca juga: Pentingnya Strategi Pembuatan Konten Kolaborasi dengan Kompetitor

Lakukan survei kepada para peserta. Buatlah pertanyaan seperti kuesioner yang Anda sebar di internet. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kata kunci yang berkaitan dengan seminar digital yang akan Anda adakan.

3. Survei Narasumber

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, narasumber adalah orang yang sangat penting dalam acara seminar digital. Pilihlah narasumber yang kompeten sesuai dengan tema yang Anda pilih.

Pastikan narasumber menguasai materi tema yang Anda pilih. Selain itu, pilihlah narasumber yang dapat mengundang banyak audiens, atau narasumber yang sudah punya nama.

4. Pastikan Rencana Anda Matang Sebelum Dimulai

Kesuksesan webinar juga tergantung dari kematangan rencana Anda. Susunlah acara sematang mungkin mulai dari jam, narasumber, susunan acara dari awal hingga akhir, dan rencana-rencana lainnya.

Ikuti susunan acara yang sudah Anda buat sebelumnya. Pastikan durasinya juga sesuai dengan rencana.

5. Melakukan Latihan Sebelum Pelaksanaan

Selain persiapan, lakukan juga latihan sebelum Anda melaksanakan webinar. Tujuannya agar persiapan Anda jauh lebih matang. Lakukan latihan bersama seluruh tim yang akan menyelenggarakan acara tersebut.

Baca juga: Mengintip Sejauh Mana Kekuatan Storytelling Untuk Penjualan

Latihan Anda fokuskan pada cara menggunakan platform untuk meeting online. Selain itu, cek juga kesiapan perangkat agar tidak bermasalah pada saat digunakan pada waktunya.

Kuasai semua fitur yang disediakan oleh platform meeting. Contohnya seperti menggunakan fitur screen, mute, unmute, dan fitur lainnya. Tujuannya agar pada saat proses berlangsung, webinar akan berjalan sesuai rencana.

6. Tentukan Tujuan Webinar

Selain tema, Anda juga harus menentukan tujuan webinar yang diselenggarakan. Adapun tujuannya cukup banyak. Mulai dari untuk launching produk, promosi dan tujuan lainnya. adapun temanya bisa bersifat informatif seperti tips dan trik, atau tema lainnya.

Tujuan sangat penting untuk Anda perhatikan. Terlebih jika acara webinar ini Anda buat sebagai strategi marketing bisnis untuk meningkatkan penjualan maupun brand awareness.

Kesimpulan

Membuat program webinar saat ini sudah semakin mudah. Namun untuk menyukseskan program tersebut, Anda harus tahu bagaimana cara menyusun acara yang baik dan benar. Maka dari itu, mulailah susun acara webinar, kemudian tentukan narasumber dan tujuannya.

Baca juga: Strategi Meningkatkan Engagement Konsumen Lewat Foto Produk

Ingin mengembangkan usaha melalui sistem digital marketing? Kini Anda bisa membuat website dengan Joomla hosting. Selain itu, Anda juga bisa membuat sebuah webinar untuk brand awareness sekaligus sebagai strategi pemasaran digital brand Anda.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar