Beranda > Daily Life > Tips Merawat dan Membersihkan Blender Daging Supaya Awet

Tips Merawat dan Membersihkan Blender Daging Supaya Awet

Tips Merawat Blender Daging – Blender merupakan salah satu jenis peralatan masak yang sering digunakan untuk menghaluskan bumbu dan benda ini sering berada di dapur. Selain berfungsi untuk menghaluskan bumbu, blender juga memiliki peran yang cukup penting yaitu membuat jus untuk kesehatan kita. Blender juga berfungsi untuk mencincang daging.

Blender memiliki banyak fungsi yang sangat bermanfaat, sehingga kita harus merawat blender dengan baik agar tidak mudah rusak. Terutama pada blender daging sebaiknya setelah pemakaiannya segera dicuci agar tidak berkarat dan permasalahan yang lain.

Cara Merawat Blender Daging

Berikut adalah cara merawat blender dengan benar.

Cara Merawat Blender
https://ladara.id/product/blender-elektrik-penggiling-daging-stainless-steel-17688#photo-28055

1. Jangan Mengisi Tabung Blender Terlalu Penuh

Untuk menjaga keawetan blender kita, sebaiknya ketika menggunakan blendernya tidak mengisi tabung blender terlalu penuh. Cukup mengisi dengan ukuran seperempat atau setengah tabung. Jika memblender terlalu banyak akan menyebabkan mesin blender menjadi panas karena bekerja terlalu keras.

Oleh karena itu, jika hendak menggunakan blender untuk menghaluskan bahan makanan ataupun daging sebaiknya memperhatikan keawetan dari blendernya juga agar awet. Karena jika memaksakan untuk memblender bahan makan dengan porsi yang tidak sesuai maka menyebabkan blender akan mudah cepat rusak.

2. Potong Kecil Bahan sebelum Dimasukkan ke Dalam Blender

Blender memiliki fungsi utama yaitu untuk menghaluskan bahan makanan. Namun, ketika Anda hendak menghaluskan bahan makanan sebaiknya tidak memasukkan bahan makanan atau daging dalam keadaan utuh ke blender. Ada baiknya Anda memotong bahan makanan tersebut berupa potongan yang kecil.

Dengan memotong bahan makanan atau daging menjadi beberapa bagian, hal ini dapat membantu kerja dari blender. Kerja blender menjadi lebih ringan, makanan yang Anda blender akan lebih cepat halus. Selain menyebabkan bahan makanan halus, jika hal ini Anda lakukan maka blender akan lebih awet dan tahan lama.

Baca Juga:  Cara Menjinakan Burung Hasil Tangkapan Hutan Ala Kicaumania.net

3. Jangan Terlalu Lama Menyalakan Mesin Blender

Menyalakan mesin blender yang terlalu lama bisa menjadi satu kesalahan yang paling sering dilakukan. Hal ini menyebabkan blender tidak awet atau lebih cepat rusak. Walaupun Anda menginginkan bahan makanan agar cepat halus, sebaiknya jangan menyalakan mesin terlalu lama tetapi secara bertahap agar benar-benar halus.

Ada baiknya Anda tidak menggunakan dan menyalakan mesin blender melebihi ketentuan batas waktu maksimal penggunaan blender. Penggunaan normal blender memang berbeda-beda setiap mereknya, tapi pada umumnya yaitu sekitar 10-30 menit. Lebih baik menggunakan blender sesuai dengan batas kemampuan blendernya.

Untuk menjaga keawetan dari blender, sebaiknya Anda memastikan dengan mengeceknya di buku panduan penggunaan blender yang terdapat pada box blender. Jika dirasa bahan makanan yang diblender kurang halus, bisa dilakukan pengulangan proses memblender beberapa kali hingga mendapatkan hasil yang benar-benar Anda inginkan.

Setelah mengetahui cara merawat blender daging dengan benar. Ada baiknya Anda mengetahui juga bagaimana cara membersihkan blender dengan baik dan tahan lama ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Cara Membersihkan Blender Daging

Berikut merupakan penjelasan dari cara membersihkan blender daging agar tahan lama dan awet sampai bertahun-tahun.

Cara Membersihkan Blender
https://ladara.id/product/tuc-tac-15-in-1-blender-14394#photo-19584

1. Segera Cuci Blender setelah Digunakan

Sebaiknya setelah menggunakan blender langsung dicuci, jangan menunda untuk membersihkan blender. Jika menunda membersihkan blender menyebabkan blender berbau tidak sedap dari sisa bahan makanan yang tertinggal dalam blender. Selain itu, blender yang kotor dan bau akan menjadi bersarangnya bakteri dan virus.

Menjaga kebersihan dari blender menjadi salah satu cara agar blender Anda awet dan tahan lama. Karena ketika menjaga kebersihan blender akan memberikan dampak positif untuk Anda. Dampak positif yang Anda dapatkan yaitu lebih hemat dan blender akan bisa digunakan untuk bertahun-tahun jika perawatannya benar.

Baca Juga:  Mitsubishi Fighter, Produk Terbaru Mitsubishi Fuso yang Efisien

2. Membersihkan Tabung Blender dengan Sabun dan Air Mengalir

Setelah melakukan pembersihan pertama, Anda melepas tabung blender dari mesinnya kemudian dicuci bersih menggunakan sabun dan bilas menggunakan air yang mengalir. Khusus untuk mesin blender, Anda cukup mengelap seluruh bagiannya menggunakan lap basah.

 

Selain itu, pastikan jika blendernya tidak sedang terpasang ke sumber listrik. Tipsnya ketika selesai menggunakan blender sebaiknya Anda lepas terlebih dahulu kabelnya dan kemudian memindahkan bahan makanan yang halus ke wadah dan kemudian cucilah blender hingga bersih tanpa ada yang tersisa.

3. Keringkan Blender

Setelah membersihkan dan mencuci blender dengan baik, tahap selanjutnya yaitu mengeringkan blender hingga kering. Kemudian simpan blender di tempat yang aman dan tidak lembab. Sebaiknya jauhkan dari jangkauan anak-anak agar tabung blender tidak pecah.

Selain itu, jika Anda mengeringkan blender dengan benar akan membuat blender tahan lama dan awet ketika digunakan. Walaupun harga blender tidaklah mahal tetapi menjaga dan merawat blender untuk tahan lama dan awet merupakan salah satu kegiatan yang hemat dan menguntungkan untuk Anda.

Jika Anda sedang memerlukan blender daging ataupun blender biasa untuk menghaluskan bahan makanan, bisa langsung membelinya di Ladara. Ladara merupakan salah satu online shop yang menyediakan berbagai jenis blender sesuai dengan kebutuhan Anda dengan harga yang sesuai kantong Anda.

Blender yang tersedia pada Ladara juga memiliki berbagai merk yang bisa Anda sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Pilihlah blender sesuai dengan kebutuhan Anda dan jangan mubazir. Karena dengan memilih blender yang tepat dapat menghemat pengeluaran Anda dan pilihlah blender dengan bahan yang awet.

Itulah, beberapa penjelasan mengenai cara merawat dan membersihkan blender agar blender tahan lama dan awet hingga bertahun-tahun. Semoga informasi ini dapat membantu Anda yang sedang mencari blender daging yang efektif dan tahan lama.

 

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar