Beranda > Kesehatan > Pemulihan Pasca Operasi Berjalan Lambat? Hindari Beberapa Hal Ini

Pemulihan Pasca Operasi Berjalan Lambat? Hindari Beberapa Hal Ini

Yang Harus Dihindari Pasca Operasi – Setelah operasi, Anda belum bisa menjalani aktivitas secara normal seperti sediakala. Sebab, dibutuhkan proses pemulihan sampai luka bekas operasi bisa benar-benar sembuh dan tidak menimbulkan dampak panjang dikemudian hari.

Selain itu, diperlukan obat-obatan yang bisa membantu mengatasi luka bekas operasi disamping obat hidung mampet dan hidung meler saat pasien menderita flu dengan beli disini (goapotik) atau di apotik terdekat.

Yang Harus Dihindari Pasca Operasi

Di sisi lain, seorang pasien juga perlu menghindari beberapa makanan yang berpotensi menghambat proses pemulihannya pasca menjalani operasi. Apa sajakah hal tersebut? Berikut ini beberapa diantaranya.

Susu dan Olahannya

Selama ini kita mungkin mengenal susu sebagai salah satu minuman yang kaya manfaat bagi tubuh manusia. Ya, susu memang mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh kita seperti kalsium, protein hingga lemak.

Susu dan Olahannya - Hal Yang Harus Dihindari Pasca Operasi
Susu dan Olahan Susu, sumber: Womentalk.com

Konsumsi susu bahkan wajib untuk diberikan kepada anak-anak agar proses tumbuh kembangnya bisa terjaga. Tapi, jika Anda baru saja menjalani operasi, maka sebaiknya hindari terlebih dahulu konsumsi susu berikut olahannya.

Konsumsi susu dan olahannya perlu diwaspadai saat baru selesai operasi karena bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya sembelit. Sembelit bisa menghambat proses Anda saat mengejan ketika ingin melakukan buang air besar.

Ketika Anda dipaksa untuk mengejan terlalu kuat, maka hal tersebut akan berdampak pada robeknya luka pasca operasi. Untuk mencegah sembelit, maka hindari susu atau imbangi dengan konsumsi sayuran yang bisa mencegah sembelit.

Makanan Instan

Makanan Instan - Hal Yang Harus Dihindari Pasca Operasi
Makanan instan, sumber: livejapan.com

Makanan instan jadi pilihan terbaik apabila Anda ingin makan sesuatu namun tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkannya. Selain itu, makanan instan juga bisa menjadi alternatif makanan sewaktu genting dimana tidak ada banyak cadangan makanan yang tersisa. Namun, makanan instan punya dampak buruk bagi tubuh dan perlu dihindari terutama jika Anda baru saja selesai melakukan operasi.

Baca Juga:  Cara Mengenali dan Menghentikan Gangguan Kesehatan Mental

Makanan instan mengandung pengawet didalamnya agar bisa tahan lama dan siap dikonsumsi kapanpun Anda inginkan. Di dalam makanan tersebut, terkandung zat kimia yang dapat membuat perut terasa kembung. Perut yang kembung akan menghambat proses penyembuhan luka dan membuat luka bekas operasi jadi lebih lama sembuh.

referensi artikel : https://www.guesehat.com/3-cara-merawat-luka-setelah-operasi

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar