Beranda > Bisnis Online > Cara Riset Target Audiens Brand Toko Online

Cara Riset Target Audiens Brand Toko Online

Cara Riset Target Audiens – Meriset target audiens merupakan teknik yang wajib dikuasai pelaku e-commerce. Bahkan strategi ini penting bagi pemilik hosting murah unlimited bandwidth. Riset dapat membantu pelaku usaha untuk mendapatkan audiens tertarget.

Audiens tertarget berpeluang untuk menjadi customer. Bahkan tidak menutup kemungkinan mereka menjadi customer setia Anda. Ingin tahu cara mencari target audiens yang sesuai brand Anda? simak caranya hanya di sini.

Manfaat Mengetahui Target Audiens

Selain untuk mendapatkan calon customer, ternyata banyak manfaat mengetahui target audiens. Berikut kami sudah merangkum manfaat-manfaatnya untuk Anda:

1. Unggul dalam Persaingan

Kompetitor selalu ada dalam berbagai bidang usaha. Meriset audiens bisa menjadi salah cara untuk mengantisipasinya. Terlebih jika bisnis Anda memiliki saingan yang cukup banyak.

Melalui cara ini, Anda berpeluang untuk mengetahui apa yang ditawarkan oleh kompetitor. Contohnya jika Anda memiliki toko online untuk buku, Anda bisa meriset apa yang diminati oleh pasar melalui kompetitor.

Dengan mengetahui apa yang ditawarkan kompetitor, maka Anda bisa menawarkan keunggulan yang tidak ditawarkan oleh pesaing.

2. Mudah Membangun Komunikasi dengan Customer

Dengan audiens tertarget, Anda akan memahami apa yang mereka inginkan. Dengan begitu Anda dapat dengan mudah berkomunikasi dengan customer.

Setelah mengetahui target yang tepat, Anda akan mudah menawarkan produk yang cocok untuk mereka. Bahkan cara ini bagus sekali untuk menentukan produk baru yang bisa ditawarkan kepada mereka.

3. Mengetahui Estimasi Biaya yang Dibutuhkan

Dalam membangun strategi riset audiens atau riset target pasar kita perlu menentukan berapa budget yang harus disiapkan. Pasalnya, pemasaran adalah kegiatan yang memerlukan biaya untuk mengimplementasikannya.

Tanpa riset, Anda akan menyasar semua kalangan. Hal semacam ini dapat menyebabkan biaya pemasaran menjadi membengkak.

Baca juga: Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Untuk Jualan Online?

Contohnya toko online buku anak-anak. Untuk produk buku anak, biasanya targetnya adalah ibu-ibu yang punya anak baru belajar membaca dan Sekolah Dasar.

Setelah mengetahui targetnya, maka pemasaran akan dilakukan pada target yang terarah. Dengan begitu biaya pemasaran maupun promosi tidak dilakukan sembarangan pada semua orang.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

4. Meningkatkan Keuntungan

Strategi riset audiens juga bagus untuk mengoptimalkan penjualan. Pasalnya, produk yang Anda tawarkan langsung tepat ke orang yang benar-benar membutuhkannya. Sehingga proses penjualan menjadi semakin tinggi.

Di lain sisi Anda juga dapat dengan mudah dalam mengembangkan produk yang ditawarkan. Karena Anda sudah mengantongi data target pasar yang sudah Anda riset sebelumnya.

Kemampuan Anda dalam melayani pelanggan pun akan semakin optimal. Karena Anda mampu menyediakan apa yang mereka butuhkan. Hal ini juga dapat mendorong persentase customer loyalty.

5. Membuka Peluang Kerjasama dengan Investor

Bisnis yang Anda bangun secara serius dan terencana akan menarik banyak investor untuk menanamkan modal. Bahkan tidak menutup kemungkinan Anda bisa membuka investasi untuk usaha kecil menengah (UKM).

Bisnis yang memiliki strategi, visi, dan misi yang kuat akan mudah menjalin kerjasama dengan investor.

6. Memudahkan Anda Saat Membuat Konten Promosi

Mengetahui target audiens dapat memudahkan pelaku usaha saat membuat konten promosi. Konten yang dibuat bisa terarah pada orang-orang yang benar membutuhkan produk Anda.

Konten promosi saat ini menjadi ‘senjata’ yang powerful dalam bisnis online. Konten yang menarik dan terarah akan membantu membuka peluang keuntungan yang lebih besar.

Cara Meriset Target Audiens untuk Toko Online

Mengingat banyaknya manfaat dari riset target pasar, maka sudah tidak perlu ragu lagi untuk mendalami dan mempelajarinya. Berikut telah kami rangkum cara-caranya:

1. Memperhatikan dan Mencermati Kompetitor

Kompetitor Anda bisa menjadi sumber informasi untuk menemukan target yang tepat. Silahkan Anda cermati para kompetitor. Temukan celah untuk mendapatkan hati pelanggan agar mau membeli produk Anda.

Carilah kompetitor yang menjual produk serupa dengan Anda. Cari tahu produk apa saja yang berhasil mereka jual dan mendapatkan banyak respon positif dari customer mereka.

Baca juga: 10 Bisnis Online Paling Diminati di Indonesia

Ketahui juga bagaimana cara mereka menawarkan produk tersebut. Semua informasi yang Anda dapatkan bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis. Bahkan Anda bisa mencari produk terbaik untuk customer.

2. Mengaplikasikan Buyer Persona

Dalam bisnis online, buyer persona merupakan salah satu hal yang penting. Fungsinya yaitu untuk mendapatkan gambaran sosok calon customer. gambaran-gambarannya meliputi demografi, ciri fisik, usia, dan lainnya.

Untuk membuat buyer persona, pertama Anda tentukan terlebih dahulu jenis kelaminnya, gaya hidup, usia, dan lainnya. Jika sudah spesifik, maka tidak sulit untuk menemukan target audiens.

Untuk membangun buyer persona Anda harus memiliki dan memahami tools tertentu. Tools yang biasa digunakan untuk membangunnya yaitu seperti Google Analytics. Tools tersebut juga bisa digunakan untuk pemilik hosting murah.

Baca Juga:  Tips Aman Transaksi Jual Beli Mobil Secara Online

3. Jelaskan Kelebihan Produk Anda

Audiens wajib tahu apa saja keunggulan produk Anda dibandingkan kompetitor. Menunjukkan kelebihan sangat penting agar audiens tertarik membeli di tempat Anda dibandingkan tempat lain.

Sebagai contoh perusahaan Apple menjual iPhone dengan harga yang mahal. Sedangkan brand smartphone lain banyak yang menawarkan harga murah.

Pernahkan terpikirkan oleh Anda kenapa smartphone dari Apple sangat laku di pasaran meski harganya mahal? Pasalnya, yang diunggulkan oleh brand tersebut adalah kualitasnya yang premium.

4. Mengimplementasikan Branding

Pada dasarnya, jika brand Anda sudah kuat, maka pasar akan terbentuk dengan sendirinya. Contohnya brand Anda sepatu olahraga. Jika sudah dikenal oleh banyak orang, maka tidak sulit untuk menawarkannya karena orang-orang sudah tahu produk Anda.

Untuk membesarkan nama brand diperlukan strategi yang matang dan diimplementasikan dalam jangka panjang. Branding adalah salah satu cara yang tepat untuk memulainya.

Branding sangat powerful dalam pemasaran. Karena faktanya, 90% konsumen cenderung membeli produk dari brand yang sudah memiliki nama besar.

5. Memanfaatkan Google Trend

manfaatkan google trend
Sumber: screenshot

Sebagai pemula, Google Trend merupakan Analytics Tool yang bisa Anda manfaatkan. Bahkan tool ini juga sering digunakan oleh orang yang berpengalaman di bidang online marketing.

Google Trend merupakan analytics tool gratisan yang cukup powerful. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengetahui produk apa yang dicari oleh audiens Anda.

Baca juga: 7 Tips Jualan di Instagram Ampuh Untuk Pemula

Contohnya bisa Anda lihat pada gambar di atas. Kami coba mengetikkan kata kunci “kerudung” di Google Trend. Anda bisa melihat muncul beberapa pencarian terkait kerudung, contohnya “kerudung pashmina terbaru 2020”.

Nah, hasil kata kunci dari Google Trend tersebut bisa Anda tambahkan sebagai produk yang dijual. Pasalnya, jenis-jenis kerudung tersebut sangat populer di Google. Cara ini berlaku untuk semua produk maupun layanan.

6. Menggunakan Promosi Berbayar di Media Sosial

Jika Anda memiliki budget lebih untuk pemasaran, tidak ada salahnya untuk menggunakan fitur promosi berbayar. Fitur ini sudah cukup banyak ditawarkan oleh media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Promosi berbayar pada media sosial sudah dilengkapi dengan fitur yang lengkap. Anda bisa menampilkan promosi pada audiens tertarget. Fitur-fiturnya mulai dari gender, interest, umur, hingga wilayah.

Demikian penjelasan lengkap seputar cara melakukan riset audiens tertarget. Bagi Anda yang punya hosting murah untuk toko online wajib mengimplementasikan semua cara di atas.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar