Beranda > Daily Life > Dakwah Agam Fachrul Samudra Hanya di GoPlay Live

Dakwah Agam Fachrul Samudra Hanya di GoPlay Live

Tahapan Tahapan Taaruf dalam Islam – Sobat GoPlay pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Agam Fachru. Ya, beliau adalah seorang ustadz yang juga dikenal dengan sebutan Agam TikTok . TikTok berhasil membuatnya menjadi orang yang terkenal hingga saat sekarang.

Pria kelahiran Cimahi, Jawa Barat pada tanggal 4 Mei 1998 ini dikabarkan sudah menikah pada hari Selasa 13 Juli 2021 silam. Sosok perempuan beruntung itu ialah Aisyah Al Muthiah. Keduanya bertemu lewat ta’aruf.

Ta’aruf merupakan ajaran dari agama Islam untuk memperkenalkan dua orang lawan jenis dengan maksud dan tujuan tertentu. Salah satu dari pihak keluarga nantinya akan memperkenalkan diri ke pihak keluarga lawan jenis dengan maksud untuk mendekatkan masing – masing individu dan keluarga.

Ta’aruf dilaksanakan untuk menyempurnakan hubungan percintaan antara pria dan wanita dengan tujuan untuk menjauhkan diri dari perilaku dan perbuatan maksiat dan menyempurnakan agama untuk menuju ke jenjang pernikahan.

Di dalam Islam, Ta’aruf tentu memiliki banyak manfaat kebaikan karena hal ini merupakan perintah langsung dari Rasulullah.

Adapun ajaran terkait Ta’aruf ini sudah diatur di dalam Al – Quran surat Al Hujurat ayat 13:

 يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Yā ayyuhan-nāsu innā khalaqnākum min żakariw wa unṡā wa ja’alnākum syu’ụbaw wa qabā’ila lita’ārafụ, inna akramakum ‘indallāhi atqākum, innallāha ‘alīmun khabīr

Artinya :

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Tahapan-Tahapan di Dalam Taaruf

Untuk bisa melakukan Ta’aruf dengan benar, ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan, berikut ini tahapan tahapan taaruf dalam islam;

Baca Juga:  Rekomendasi Shampo Supaya Rambut Tetap Segar

1. Mendatangi Kedua Orang Tua

Pertama – tama, jika Anda ingin melakukan Ta’aruf, maka Anda harus mendatangi keluarga wanita lebih dulu lalu mengutarakan niat Anda untuk melakukan Ta’aruf.

2. Menjalin Komunikasi Tidak Terlalu Sering

Berbeda dengan pacaran, saat Ta’arif, Anda tidak dianjurkan untuk mengirimkan pesan dengan terlalu sering. Anda hanya cukup menanyakan tentang hal – hal apa saja yang dia sukai dan yang tidak dia sukai.

Anda tidak dianjurkan untuk mengirimkan pesan dengan terlalu sering. Jikapun Anda ingin bertemu, maka ajaklah keluarga atau teman dekat untuk ke rumah di wanita.

3. Tidak Berduaan

Taaruf berbeda dengan pacaran yang identik dengan jalan berduaan tanpa ditemani pihak ketiga. Meskipun Anda dan pihak keluarga lawan jenis sudah saling mengenal, Anda tidak diperbolehkan main berduaan. Hal ini dilakukan untuk menghindari perbuatan maksiat dan godaan setan.

4. Menundukkan Pandangan

Maksud dari menundukan pandangan adalah menjaga pandangan supaya tidak lepas kontrol begitu saja ketika bertemu, melainkan lebih mengontrol diri satu sama lain untuk tidak berpandang – pandangan dalam waktu lama.

5. Solat Istikharoh

Setelah pihak keluarga Anda dan pihak keluarga lawan jenis saling mengenal, maka langkah selanjutnya adalah Shalat Istikharoh. Hal ini bertujuan untuk mengikhlaskan semua takdir kepada Allah dan meluruskan niat Anda bahwa Anda ingin membentuk keluarga yang sakinah, mawadah dan wa rahmah.

6. Menentukan Waktu Khitbah

Setelah kedua belah pihak merasa yakin, maka langkah selanjutnya adalah menentukan waktu khitbah atau lamaran. Jarak ideal yang dianjurkan adalah sekitar 1 – 3 minggu.

7. Akad

Setelah semua telah dipersiapkan dan langkah – langkah sebelumnya sudah dilakukan, maka dianjurkan untuk segera melakukan akad.

Baca Juga:  Pesan Snack Box Untuk Acara di Daerah Jakarta

Agam Fachrul Samudra dikenal sebagai pendakwah yang sering menyiarkan ceramahnya melalui platform sosial media kekinian seperti Youtube dan TikTok. Dengerin ustadz muda, Agam Fachrul, membagikan dakwahnya seputar agama islam.

Nah demikianlah penjelasan tahapan tahapan taaruf dalam islam, Bagaimana sobat GoLive penasaran dengan dakwahnya Agam Fachrul? Saksikan siarannya hanya di Goplay channel profil https://goplay.co.id/profile/rkm!

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar