Beranda > Bisnis > Tarif Jasa Pendaftaran Merek Dagang Online

Tarif Jasa Pendaftaran Merek Dagang Online

Dengan mendapatkan sertifikat merek, para pelaku usaha akan semakin percaya diri dalam menjalankan usahanya. Mengingat sengketa merek di Indonesia sering terjadi, dengan adanya sertifikat merek ini, KUMKM bisa mendapatkan kepastian hukum atas merek yang dimilikinya serta memberikan manfaat ekonomi bagi usaha KUMKM.

Salah satu cara untuk meningkatkan daya saing dalam dunia bisnis adalah dengan memiliki merek dagang. Dengan memiliki merek diyakini dapat meningkatkan pendapatan atau omzet dari usaha yang dijalankan. Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa metode dan harga jasa pendaftaran merek dagang yang bisa anda ketahui.

Jasa Pendaftaran Merek Dagang Online

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki bahkan mengatakan, pelaku usaha yang memiliki merek dapat meningkatkan omzetnya sebesar 33,60 persen. Dengan diperolehnya sertifikat merek, para pelaku usaha akan semakin percaya diri dalam menjalankan usahanya, mengingat sengketa merek di Indonesia sering terjadi.

Selain itu juga dapat meningkatkan omzet usaha sebesar 33,60 persen, khususnya bagi pelaku UMKM di sektor makanan dan minuman. Di sisi lain, mengelola merek di Indonesia saat ini tidaklah sulit. Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) telah membuka layanan pembuatan merek secara online. Menurut situs resminya, berikut cara mengajukan atau mengajukan hak merek dagang secara online:

Baca Juga: Bagaimana Mendaftar Trademark di Indonesia Yang Mudah dan Aman

Sebelum menggunakan aplikasi Brand, pengguna diharuskan memesan kode billing atau nomor pembayaran di situs simpaki. Untuk memesan kode billing, Anda dapat mengakses website di simpaki.dgip.go.id dan mengisi kolom yang tersedia.

Setelah memesan kode billing, lakukan pembayaran. Kemudian ikuti petunjuk yang diberikan saat melakukan metode pembayaran. Setelah itu, masuk ke Aplikasi Merek. Jika Anda belum memiliki akun Aplikasi Merek, Anda dapat mendaftarkan akun atau mengaktifkan e-filing terlebih dahulu. Aplikasi Merek telah terintegrasi dengan Simpaki untuk pengecekan kode billing.

Baca Juga:  Simak 7 Tips Membangun Loyalitas Pelanggan untuk Bisnis Anda

Setelah masuk ke aplikasi, masukkan data aplikasi merek dagang, lalu kirimkan data aplikasi online. Data aplikasi yang diajukan dapat dicetak dan akan diperiksa oleh petugas. Setelah itu Anda bisa menunggu informasi lebih lanjut dari petugas.

Tarif Jasa Pendaftaran Merek Dagang Online

Tarif pendaftaran hak merek untuk UMKM dan masyarakat bervariasi. Ketentuan tarif pendaftaran Hak Merek pada DJKI (Ditjen KI) telah diatur dalam PP Nomor 28 Tahun 2019. Tarif tersebut termasuk dalam kategori Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Tarif pendaftaran Hak Merek dibedakan berdasarkan kategori pemohon yaitu umum atau UMKM. PP Nomor 28 Tahun 2019 juga mengatur besaran tarif perpanjangan jangka waktu perlindungan merek.

Baca Juga: Cek Haki Merek Agar Tidak Melanggar Hak Orang

Biaya pendaftaran hak merek untuk UMKM bisa sekitar Rp. 500.000 jika dilakukan secara online dan Rp. 600.000 jika Anda melakukannya secara manual atau offline. Untuk pendaftaran hak merek untuk masyarakat umum sebesar Rp. 1.800.000 secara online dan Rp. 200.000 yang dilakukan secara manual maupun offline.

Sedangkan tarif perpanjangan jangka waktu perlindungan merek juga berbeda. Dalam waktu 6 bulan sebelum atau sampai dengan berakhirnya perlindungan merek, untuk UMKM sebesar Rp 1.000.000 jika perpanjangan dilakukan secara online dan Rp 1.200.000 jika perpanjangan dilakukan secara manual atau offline. Kemudian untuk tarif umum Rp 2.250.000 secara online dan Rp 2.500.000 secara manual atau offline.

Jika anda ingin mendaftarkan merek dagang produk anda dengan aman dan murah, anda bisa menghubungi jasa pendaftaran merek dagang Patendo yang sudah berpengalaman dalam pendaftaran merek.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Satu pemikiran pada “Tarif Jasa Pendaftaran Merek Dagang Online”

  1. Working Professionals and Students can use UniversityKart as a one-stop solution to search about College University available course fees and admission details.

    Balas

Tinggalkan komentar