Beranda > Aplikasi > 17+ Penggaris Online HP/PC Tanpa Aplikasi (cm, mm, Inch)

17+ Penggaris Online HP/PC Tanpa Aplikasi (cm, mm, Inch)

Penggaris Online – Banyak orang, termasuk pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran, yang saat ini tengah mencari layanan penggaris online di HP atau PC tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Kamu bisa memilih berbagai satuan pengukuran, mulai dari 30 cm, mm, hingga inch.

Bagi kamu yang masih bersekolah atau kuliah di jurusan seperti arsitektur atau teknik, penggaris merupakan alat yang sangat penting. Penggaris hadir dalam berbagai bentuk, termasuk yang panjang, segitiga, dan bulat.

Saat ini, terdapat banyak aplikasi penggaris online yang dapat kamu temukan dengan mudah, sehingga kamu bisa mengubah perangkat HP menjadi alat pengukur yang praktis. Menggunakannya juga sangat simpel, sehingga kamu dapat mengukur benda-benda yang lebih besar dengan mudah hanya menggunakan HP sebagai alatnya.

Apa Itu Penggaris Online?

Penggaris online atau online ruler merupakan tampilan virtual yang mirip dengan penggaris fisik biasa, baik yang terbuat dari plastik atau besi.

Kamu dapat mengakses penggaris online ini tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan, atau juga dengan menggunakan aplikasi bawaan yang tersedia di HP, laptop, atau PC.

Website Penggaris Online di HP dan PC Tanpa Aplikasi

Selain memanfaatkan aplikasi yang bisa diinstal di HP, kamu juga dapat menggunakan situs web yang menyediakan alat pengukur penggaris secara online. Ketika kamu mengaksesnya, sebaiknya melakukannya melalui komputer atau laptop. Alasannya karena karena layar komputer memiliki ukuran yang lebih besar dan objek yang diukur seharusnya lebih kecil dari ukuran layar.

Kamu dapat dengan mudah menggunakan layanan penggaris online gratis di bawah ini. Kamu juga dapat menyesuaikan berbagai ukuran satuan, mulai dari inci, cm, hingga mm, sesuai dengan skala yang diperlukan. Berikut adalah beberapa situs web penggaris online yang dapat Anda kunjungi:

  1. Preciseruler – Kunjungi Situs
  2. Ursupplier – Kunjungi Situs
  3. Piliapp – Kunjungi Situs
  4. Ginifab – Kunjungi Situs
  5. iRuler – Kunjungi Situs
  6. Ruler Online – Kunjungi Situs
  7. Ruler ON – Kunjungi Situs

Cara Menggunakan Penggaris Online di HP Android/IOS

Sebagai contoh, di sini Anda dapat memanfaatkan alat online yang disediakan oleh Preciseruler. Akses ke alat ini dapat digunakan oleh siapa saja dengan berbagai perangkat, baik itu ponsel Android atau iPhone.

Di bawah ini adalah panduan untuk mengukur dengan menggunakan penggaris online dalam satuan sentimeter (Cm), milimeter (Mm), dan inch (Inch) yang dapat Anda praktikkan di rumah atau sekolah:

  1. Pertama-tama, silakan kunjungi situs web penggaris online melalui browser dengan tautan berikut: http://preciseruler.com/
  2. Setelah halaman web terbuka, kamu dapat menyesuaikan ukuran inci yang sesuai dengan ukuran layar HP
  3. Contohnya, jika Anda menggunakan HP Poco X3 NFC dengan layar berukuran 6.67 inches, kamu dapat memasukkan ukuran layar yang sama ke dalam pengaturan layar di situs tersebut
  4. Di sisi lain layar, kamu akan melihat gambaran penggaris yang sudah disesuaikan dengan ukuran layar
  5. Setelah layar disesuaikan, kamyu dapat menggunakan penggaris ini dengan cara mendekatkan layar HP ke objek yang ingin diukur.

Cara Mengggunakan Penggaris Online di PC/Laptop

Menggunakan penggaris online di HP memang efisien, sehingga terkadang orang melupakan bahwa selain perangkat mobile, perangkat yang lebih besar seperti desktop juga dapat digunakan. Bagi Anda yang ingin mengukur menggunakan PC atau laptop, berikut adalah panduan langkah demi langkah:

  1. Pertama, kunjungi situs web penggaris online berikut melalui browser http://preciseruler.com/
  2. Selanjutnya, aturlah ukuran monitor sesuai dengan penggaris untuk memastikan hasil pengukuran valid.
  3. Setelah kamu mengatur ukuran pada monitor, peganglah benda yang ingin kamu ukur.
  4. Kemudian, dekatkan benda tersebut ke posisi penggaris yang terlihat pada monitor.
  5. Di situs ini, selain tersedia penggaris konvensional yang biasa Anda temui di kelas, terdapat juga penggaris dengan bentuk “L.”
  6. Kamu juga bisa dengan mudah mengubah satuan dari sentimeter (Cm) ke inci (Inch) sesuai kebutuhan
Baca Juga:  5 Aplikasi Android untuk Edit Foto Jadi Kartun Terbaik 2018

Rekomendasi Aplikasi Penggaris Online

Para pengembang terus berinovasi dengan mengembangkan alat pengukur penggaris online yang semakin canggih. Ini dilakukan dengan tujuan untuk memudahkan siapa pun yang memerlukan alat pengukur yang efisien.

Mungkin kamu tidak memiliki penggaris fisik, sehingga menggunakan penggaris online menjadi solusi sementara. Perlu diingat bahwa fungsi utama aplikasi penggaris online yaitu mengukur dengan perkiraan. Agar hasil pengukuran lebih akurat, kamu sebaiknya menggunakan penggaris fisik yang sebenarnya.

Di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi aplikasi penggaris online atau aplikasi online ruler yang dapat kamu gunakan sebagai alat ukur sementara dan tentunya dapat sangat membantu:

1. Ruler by Xalpha Lab

Aplikasi pertama yang dapat kamu coba adalah Ruler by Xalpha Lab, yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik dalam hal pengukuran online. Sebelum menggunakannya, ada langkah kalibrasi yang perlu dilakukan untuk memastikan ketepatan hasil pengukuran.

Kamu dapat melakukan kalibrasi dengan menggunakan koin atau kartu kredit. Setelah proses kalibrasi selesai, kamu dapat mengukur berbagai objek.

Keunggulan dari aplikasi Ruler by Xalpha Lab ini adalah gratis untuk digunakan. Namun, perlu diperhatikan bahwa kemampuan pengukuran terbatas pada ukuran layar ponselmu.

2. Ruler by NixGame

Aplikasi selanjutnya yang dapat kamu gunakan sebagai penggaris online dengan panjang 10, 20, hingga 30 cm adalah Ruler by NixGame, yang dikembangkan untuk fungsi pengukuran. Meskipun namanya mirip dengan aplikasi lain, pendekatan sederhana diterapkan agar tujuan utama aplikasi ini, yaitu untuk melakukan pengukuran, bisa dicapai dengan baik.

Keakuratan yang diberikan oleh aplikasi penggaris online ini memang cukup tepat dan sangat mudah digunakan. Tampilan aplikasinya pun menarik. Pengguna juga memiliki fleksibilitas untuk mengonversi unit pengukuran dari inci ke milimeter atau sebaliknya. Ini memungkinkan pengukuran dengan berbagai skala sesuai kebutuhan.

3. Ruler App by Nikola Kosev

Selanjutnya, ada Ruler App by Nikola Kosev, sebuah aplikasi yang berguna untuk melakukan pengukuran. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengukur berbagai objek dengan mudah menggunakan layar ponsel, dengan antarmuka yang modern dan responsif.

Aplikasi ini juga dirancang dengan kesederhanaan dan kemudahan penggunaan sebagai prioritas. Hasil pengukurannya bahkan bisa kamu simpan langsung ke clipboard.

4. ImageMeter

ImageMeter adalah aplikasi penggaris online yang berbeda dari yang lain, dan dapat kamu gunakan untuk mengukur berbagai objek di sekitarmu. Keunggulan utamanya adalah kemampuan untuk memberikan perkiraan ukuran pada foto. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan objek-objek lain sebagai referensi untuk kalibrasi.

Contoh penggunaannya, jika kamu ingin mengetahui ukuran ruangan, baik tinggi maupun lebarnya, kamu dapat menambahkan grafik referensi ke gambar, dan kemudian menggambar jendela di sekitarnya dengan presisi menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini kemudian secara otomatis akan mengkompensasi sudut dan perubahan/distorsi yang mungkin terjadi dalam pengukuran tersebut.

5. EasyMeasure

EasyMeasure adalah aplikasi pengukur jarak yang tersedia untuk perangkat Android. Aplikasi ini memiliki fitur unik di mana kamu bisa mengukur jarak antara dirimu dan objek dengan menggunakan kamera ponselmu. Caranya cukup mudah, cukup arahkan kamera ponsel ke objek yang ingin diukur, dan aplikasi akan memberikan perkiraan jaraknya.

Selain digunakan untuk mengukur jarak, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memperkirakan ketinggian temanmu atau ketinggian sebuah bangunan. Aplikasi ini melakukan perhitungan dengan mempertimbangkan sudut lensa kamera, dan kemudian menggunakan rumus trigonometri untuk menghasilkan perkiraan jarak yang mendekati kenyataan.

Baca Juga:  Cara Download Lagu di Spotify

6. GPS Fields Area Measure

GPS Fields Area Measure adalah salah satu aplikasi penggaris online Android yang canggih. Pemanfaatan teknologi terkini dalam aplikasi ini meningkatkan efektivitas pengukuran. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengukur luas area dengan menggunakan GPS.

Contohnya, jika kamu ingin mengukur luas sebuah lahan pertanian, kamu perlu berjalan mengelilingi area tersebut dari titik awal ke titik akhir. Sayangnya, kelemahan aplikasi ini adalah tidak dapat digunakan untuk mengukur area yang lebih kecil karena mengandalkan sistem GPS.

7. Smart Ruler Pro

Selanjutnya, ada aplikasi Smart Ruler Pro yang bisa menjadi pilihan kamu untuk penggaris online. Berbeda dari aplikasi gratis, aplikasi ini bersifat berbayar dan dilengkapi dengan berbagai fitur lengkap. Selain bebas dari iklan, dengan harga sekitar Rp25.000, kamu juga akan mendapatkan akses ke fitur premium yang tidak tersedia dalam versi gratis. Fitur premium tersebut termasuk mode caliper, mode sentuhan, perluasan penggaris, kemampuan untuk menyimpan layar, dan lain sebagainya.

8. Prime Ruler

Selanjutnya yaitu aplikasi Prime Ruler, Dalam aplikasi ini, kamu dapat mengukur benda-benda menggunakan layar ponselmu. Aplikasi yang dikembangkan oleh Grymala ini juga menawarkan fitur Augmented Reality (AR), membuatnya menjadi alat yang cukup canggih untuk keperluan pengukuran.

9. Ruler by ExaMobile S.A

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan, yaitu Ruler by ExaMobile S.A. Meskipun dari namanya terlihat mirip dengan aplikasi lain, ratingnya di Play Store jauh tertinggal. Aplikasi ini memiliki keunggulan pada satuan pengukurannya yang sangat detail, mencakup ukuran dalam meter, sentimeter, dan bahkan milimeter. Selain itu, kamu juga bisa mengukur gambar dengan aplikasi ini.

10. AR Ruler

Seperti namanya, AR Ruler adalah sebuah aplikasi berbasis AR yang memungkinkan kamu untuk mengukur hampir semua benda di sekitarmu. Aplikasi ini menggunakan teknologi ARCore dari Google untuk menyediakan pengukuran dalam yard, sentimeter, meter, milimeter, dan inci.

Cara penggunaannya juga sangat simpel. Kamu hanya perlu mengarahkan kamera ponsel ke objek yang ingin diukur, lalu sentuh layar untuk memulai pengukuran. Selain berfungsi sebagai penggaris, aplikasi ini juga menawarkan fitur praktis untuk mengukur ruangan dan membuat denah lantai 3D (memerlukan aplikasi tambahan dari penyedia yang sama). Jika kamu menggunakan iPhone, AR Ruler juga tersedia di Apple App Store.

11. Measure

Di kenalkan lewat iOS 12, Measure adalah aplikasi pengukuran bawaan dari iPhone dan iPad dari Apple. Karena itu, aplikasi Measure ini dikenal sebagai aplikasi bawaan yang ada di ponsel kamu, jadi kamu tak perlu repot-repot unduh aplikasi tambahan dari App Store.

Dengan aplikasi Measure, kamu bisa menggambar garis dan mengukur panjang dalam kedua dimensi, baik horizontal maupun vertikal. Jika kamu butuh aplikasi pengukuran yang punya banyak fitur, Measure bisa jadi solusi yang cocok. Aplikasi ini kompatibel dengan iPhone 12 Pro atau model yang lebih baru, iPad Pro 11 inci (mulai dari generasi ke-2 dan yang lebih baru), serta iPad Pro 12,9 inci (mulai dari generasi ke-4 dan yang lebih baru).

Kesimpulan

Penggaris online adalah alat virtual yang mirip dengan penggaris fisik dan dapat diakses tanpa perlu unduh aplikasi tambahan. Ada banyak situs web dan aplikasi yang menyediakan penggaris online, dan kamu bisa mengukur berbagai benda dengan mudah.

Beberapa rekomendasi aplikasi penggaris online termasuk Ruler by Xalpha Lab, Ruler by NixGame, dan lainnya. Meskipun aplikasi ini berguna, perlu diingat bahwa pengukuran dengan penggaris online cenderung bersifat perkiraan, jadi untuk hasil yang lebih akurat, sebaiknya gunakan penggaris fisik yang sesungguhnya.

Demikianlah artikel tentang bagaimana cara menggunakan penggaris online gratis di HP/PC tanpa aplikasi serta rekomendasi penggaris online yang bisa kamu coba. Semoga tutorial di atas dapat membantu kamu menyelesaikan pekerjaan kamu, dengan menggunakan penggaris online.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar