Beranda > Tekno > Pilihan 5 Aplikasi untuk Absensi Karyawan Berbasis Android

Pilihan 5 Aplikasi untuk Absensi Karyawan Berbasis Android

Bisa dikatakan aplikasi untuk absensi karyawan merupakan salah satu software yang menandai lahirnya era industri 4.0, dimana otomasi serta pengelolaan data berbasis internet menjadi hal yang sangat penting bagi perusahan. Dengan demikian bukan hal yang aneh jika saat ini banyak perusahaan menerapkan sistem absensi karyawan secara online untuk memperoleh data kehadiran karyawan secara akurat.

Aplikasi untuk absensi karyawan  sebagai media olah data dan informasi karyawan merupakan software penting untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Melalui fungsi absensi pula kedisiplinan karyawan mudah dikontrol dan dipantau.

Nah, apa saja aplikasi absensi online yang bisa diunduh via smartphone secara gratis. Ini rekomendasinya.

Aplikasi Kodalog

Sejatinya aplikasi ini sering digunakan untuk kepentingan absensi akademis. Namun beberapa waktu terakhir cukup banyak perusahaan yang menggunakannya untuk absensi karyawan. Selain memiliki tampilan antarmuka yang simple dan mudah digunakan, Kodalog juga dilengkapi fitur time-sheet untuk memantau karyawan atau anggota yang data-datanya sudah tersimpan pada aplikasi.

Aplikasi Time Clock

Selain Kodalog, Time Clock by Homebase merupakan aplikasi absensi yang bisa diunduh secara gratis. Aplikasi absensi berbasis internet ini memiliki sejumlah fitur seperti kontrol absensi, penjadwalan rekrutmen, pembagian shift, juga pengaturan dan penghitungan gaji otomatis. Meski gratis aplikasi Time Clock dapat digunakan oleh karyawan dalam jumlah tak terbatas. Tersedia 3 kategori pilihan yaitu versi essential, versi pro, dan versi enterprise.

Aplikasi Attendance Manager

Sama-sama aplikasi absensi online berbasis android, Attendance Manager adalah aplikasi yang cukup mumpuni karena memiliki fitur-fitur lengkap seperti timesheet dan time-tracking. Sayangnya aplikasi ini belum dilengkapi GPS untuk mendeteksi lokasi karyawan sewaktu melakukan pencatatan kehadiran. Attendance Manager juga memiliki fitur khusus untuk me-review kehadiran karyawan atau anggota yang terdaftar.

Baca Juga:  Perbedaan Kualitas Video SD dan HD

Aplikasi Clockify

Aplikasi absensi online Clockify juga mampu menampung data karyawan tak terbatas. Seperti aplikasi absensi pada umumnya software ini juga memiliki fitur-fitur standar seperti timesheet serta time-tracking. Untuk mempermudah pemantauan absensi dan kerja karyawan, Clockify mengandalkan fitur performance and project review.

Aplikasi Attendance by Talenta

Dari beberapa aplikasi yang telah dibahas, Attendance by Talenta merupakan aplikasi untuk absensi karyawan yang paling direkomendasikan. Aplikasi berbasis android ini juga bisa didapatkan di Play Store secara gratis.

Fitur yang dimiliki Attendance Talenta sangat lengkap seperti pendistribusian shift yang merata serta merekap laporan absensi secara otomatis. Aplikasi ini juga memiliki fitur Global Permission System (GPS) lengkap dengan geo-tagging dan face-recognition.

aplikasi absensi karyawan talenta
Aplikasi Absensi Karyawan Talenta

Melalui fitur GPS maka lokasi ketika karyawan melakukan absensi dapat dilihat dengan jelas. Fitur ini sekaligus juga untuk mencegah manipulasi lokasi (fake GPS) diluar titik lokasi yang ditentukan perusahaan. Sedangkan fitur face-recognition berfungsi untuk mencocokkan data karyawan pada saat melakukan absensi. Dengan demikian selain time tracking , perusahaan juga bisa memantau aktivitas karyawan secara real-time.

Aplikasi absensi android dari Talenta sangat mempermudah perusahaan dalam mengelola data karyawan tanpa mengeluarkan anggaran besar. Ini berbanding terbalik dengan absensi manual yang membutuhkan banyak kertas  atau sistem absensi fingerprint yang membutuhkan pengadaan mesin yang harganya mahal.

Attendance by Talenta direkeomendasikan untuk perusahaan atau pelaku bisnis seperti layanan jasa, retail, F&B ataupun private-business karena untuk memantau karyawan tidak harus turun langsung ke outlet atau cabang-cabang perusahaan.

Saat ini aplikasi untuk absensi karyawan Attendance by Talenta bisa dioperasikan via platform android, IOS dan website. Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur-fitur aplikasi ini silakan kunjungi website resminya di https://www.talenta.co/solusi/aplikasi-absensi-karyawan-online/

Baca Juga:  Tips Merawat dengan Baik TV LED Agar Awet

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar