Beranda > SEO > Cara Submit URL di Google Webmaster Yang Baru

Cara Submit URL di Google Webmaster Yang Baru

Cara Submit URL di Google Webmaster Yang Baru, Submit URL artikel pada Google webmaster atau Google search console sangatlah penting, dengan submit URL artikel blog akan lebih mudah diindex oleh mesin pencari Google, dan dapat ditemukan di hasil pencarian Google. Dan kali ini saya akan membahas Cara Submit URL di Google Serach Console terbaru 2019.

Kebiasaan yang saya lakukan selama ini untuk submit URL artikel yaitu dengan mengunjungi halaman https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url atau dengan mengetikan keyword ‘Google Submit URL‘ pada pencarian Google. Tapi seperti yang telah kita ketahui cara tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi, karena Google sudah menghapus fitur submit url tersebut.

Maka sebagai gantinya saya hanya melakukan submit sitemap dan melakukan fetch as Google pada Search console versi lawas, seperti pada gambar di bawah ini. Dan harus sobat ketahui sekarang sudah ada Google Search console versi terbaru, dan sobat harus mulai mencobanya dari sekarang. Dan akhirnya pada 28 maret 2019 serch console versi lama ini sudah dihapus. Dan beralih ke Google search console versi terbaru.

Google Serch Console Versi Lama

Kenapa Harus Submit URL di Google Webmaster Yang Baru

Webmaster tool atau Google Serach console telah melakukan perubahan, dari segi penampilan dan dari cara untuk melakukan submit URL blog. Oleh karenanya mulai dari sekarang sobat harus mengetahui bagaimana cara melakukan submit URL pada webmater/ Google search console yang baru, walaupun Google Search console versi lawas masih bisa diakses.

karena laut lambat Google pasti akan menutup webmaster tool versi lama dan menggantinya dengan yang baru, selain itu kenapa sobat harus mencoba Google Search Console yang baru? Alasannya karena pada Search console yang baru artikel dapat diindex dengan cepat, berbeda dengan Serach console yang lawas, sering mengalami error.

Baca Juga:  Menambahkan Style Button Pada Tulisan Tertentu di Blog

Jadi mulai dari sekarang sobat dapat mencoba Google webmaster tool atau Google earch console yang baru untuk submit URL artikel. Lalu bagaimana caranya? Yuk simak tutorial lengkap Cara Submit URL di Google Webmaster Yang Baru di bawah ini.

Cara Submit URL di Google Webmaster Yang Baru

Pertama silahkan sobat kunjungi Google Search Console https://search.google.com/search-console/about, lalu klik Mulai Sekarang.

Cara Pertama, Submit URL di Google Search Console

Tampilan muka dari Google Search Console yang baru seperti berikut, terlihat lebih modern dan simpel. Untuk melakukan submit URL homepage atau URL artikel silahkan sobat pilih menu Inspeksi URL.

Kedua, Cara Submit URL di Google Search Console Yang Baru

Kemudian masukan URL situs yang akan sobat minta untuk diindex, contoh URL homepage atau URL artikel, lalu tekan enter.

Ketiga, Cara Submit URL di Google Serach Console

Apabila url artikel yang sobat submit masih baru dan belum terindex oleh google maka tampilannya akan seperti berikut ini, untuk supaya artikel dapat diindex oleh google silahkan sobat klik Minta Pengindeksan.

Keempat, Cara Submit URL di Google Webmaster Yang Baru

Kemudian tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi seperti berikut ini: itu artinya URL sudah diterima untuk diindex dan menunggu antrian pei=ngindexan dari mesin crawl.

Submit URL di Google Webmaster Yang Baru

Tunggu beberapa saat, dan silahkan sobat cek kembali dengan memasukan URL artikel tadi pada kolom inspeksi URL untuk mengecek apakah URL telah diindex. Apabila URL berhasil diindex mesin crawl maka tampilannya akan seperti berikut.

Submit URL di Google Serach Console

Nah begitulah cara submit URL dan meminta pengindeksan pada Webmaster atau Google Search Console yang baru, cukup mudah bukan? Sekarang sobat dapat submit URL artikel lainnya yang belum diindex Google.

Dengan melakukan Submit artikel dan minta pengindeksan pada webmaster atau Google Search Console artikel akan mudah untuk dindex oleh Google dan berpeluang besar tampil di halaman utama Google. Supaya artikel mudah tayang di halaman pageone Google tentu tidak cukup hanya dengan submit URL. kamu perlu belajar SEO dan menerapkannya.

Baca Juga:  Cara Agar Artikel Tidak Bisa Dicopy Kecuali Bagian Tertentu

Untuk cara submit Sitemap pada Google Search Console yang baru juga cukup mudah, tapi saya akan membuat tutorialnya di postingan selanjutnya, supaya artikel ini tidak terlalu panjang. Baca Juga: Waktu Yang Tepat Untuk Menulis di Blog.

Demikianlah artikel mengenai Cara Submit URL di Google Webmaster Yang Baru, Semoga dengan membaca artikel ini sobat mengetahui bagaimana cara submit url pada Google webmaster terbaru tahun 2019, terima kasih, selamat mencoba.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

6 pemikiran pada “Cara Submit URL di Google Webmaster Yang Baru”

    • Betul mas, setiap kali selesai publish artikel, link artikel harus disubmit secara manual di Google Search Console. Tapi sebenarnya untuk pengguna WordPress itu tidak perlu, karena link otomatis disubmit ketika selesai publihs.

      Balas

Tinggalkan komentar