Beranda > Bisnis > Pentingnya Strategi Pembuatan Konten Kolaborasi dengan Kompetitor

Pentingnya Strategi Pembuatan Konten Kolaborasi dengan Kompetitor

Dalam dunia bisnis, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk terus berkembang. Misalnya dengan menunjukkan track record yang baik kepada konsumen lewat beli domain murah untuk website portofolio bisnis.

Selain itu, bisa juga dilakukan dengan cara berkolaborasi bersama pihak lain. Menariknya lagi, kolaborasi bisa dilakukan bersama berbagai pihak, bahkan kompetitor sekalipun.

Keuntungan Konten Kolaborasi

Bicara tentang konten kolaborasi, Anda tentu sudah tidak merasa asing lagi. Ada banyak sekali jenis bisnis yang telah memberikan contoh pembuatan konten kolaborasi dengan pihak lain. Bahkan pebisnis lain yang merupakan kompetitor sekalipun bisa diajak untuk berkolaborasi.

Berikut adalah beberapa keuntungan membuat konten kolaborasi bagi kemajuan bisnis:

1. Memperluas Koneksi

Jelas sekali bahwa langkah kolaborasi bisa membantu memperluas koneksi. Di dunia bisnis, koneksi atau jaringan ini sangatlah penting. Apapun jenis kolaborasinya, jelas akan terjalin hubungan antara dua atau beberapa pihak. Artinya, koneksi pun akan terbentuk antara pihak yang melakukan kolaborasi tersebut.

Baca juga: Cara Riset Target Audiens Brand Toko Online

Bagaimana jika kolaborasi dilakukan bersama kompetitor? Apakah penting menjalin koneksi dengan kompetitor di dunia bisnis ini? Perlu diketahui bahwa kompetitor di dunia bisnis sama saja dengan teman bahkan bisa jadi teman dekat.

Mendekati kompetitor justru bisa membuka banyak peluang baru bagi sebuah bisnis untuk berkembang lebih jauh lagi.

2. Menambah Sasaran Konsumen

Adanya kolaborasi yang terjadi antara Anda dan kompetitor akan menambah sasaran konsumen yang selama ini dimiliki. Setiap jenis bisnis pasti memiliki sasaran konsumen yang berbeda-beda. Jika kolaborasi dilakukan maka sasaran keduanya akan menjadi satu sehingga semakin banyak jumlahnya.

Salah satu strategi meningkatkan angka penjualan adalah dengan menambah audiens yang ditargetkan sebagai konsumen. Lewat kolaborasi ini bisa saja orang yang mengakses domain murah untuk website bisnis Anda semakin banyak jumlahnya. Hanya saja target konsumen ini tetap harus disesuaikan dengan jenis produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Menciptakan Inovasi

Sebuah langkah kolaborasi akan membantu menghasilkan inovasi baru dari bidang bisnis yang Anda jalankan. Ini merupakan salah satu tujuan kolaborasi yang ingin dicapai oleh banyak orang. Inovasi dalam dunia bisnis sangatlah penting dan terkadang inovasi tersebut sulit untuk dilakukan apalagi jika sendiri tanpa ada kerja sama dengan orang lain.

Baca Juga:  Mengenal Fungsi dan Jenis Surat Niaga dalam Bisnis

Inovasi bisnis akan lebih mudah diciptakan dan bisa memberi manfaat yang lebih besar apabila terjalin kolaborasi antara dua pihak. Jadi jangan ragu untuk mengajak kompetitor berkolaborasi karena nantinya akan muncul langkah-langkah kreatif yang justru bisa mendatangkan lebih banyak keuntungan.

4. Memberi Perubahan Positif

Kolaborasi yang terjalin dengan kompetitor bisa memberikan perubahan positif bagi bisnis yang Anda jalankan. Perlu diketahui bahwa adanya kolaborasi ini akan membantu bisnis Anda memiliki lebih banyak pengalaman.

Track record bisnis Anda akan semakin bertambah dan bisa dijadikan sebagai portofolio. Setelah sukses menjalin kolaborasi, maka Anda harus beli domain juga.

Di website tersebut, Anda bisa menunjukkan track record perjalanan bisnis yang dibangun. Seperti apa saja produk yang telah dihasilkan, layanan apa saja yang sudah diberikan kepada konsumen, sekaligus langkah kolaborasi apa yang sudah dilakukan. Siapa saja pihak yang sudah diajak bekerja sama juga bisa jadi salah satu poin tambah untuk catatan bisnis Anda.

5. Meningkatkan Jumlah Konsumen Baru

Jalinan kolaborasi dengan kompetitor akan membantu Anda untuk meningkatkan jumlah konsumen baru. Semua pebisnis tentu ingin mendapatkan jumlah pelanggan yang banyak. Jika jumlah konsumen ini meningkat maka semakin besar juga keuntungan yang didapatkan

Baca juga: Peran Penting Digital Agency Jakarta Untuk Bisnis Anda

Ketika ada aksi kolaborasi bersama kompetitor, maka konsumen atau pelanggan kompetitor bisa saja menjadi konsumen Anda juga. Ini artinya jumlah konsumen Anda akan bertambah dan meningkatkan jumlah pemasukan bisnis Anda.

Tanpa harus melakukan langkah yang sulit, Anda sudah bisa merangkul lebih banyak konsumen baru lewat aksi kolaborasi tersebut.

Cara Membuat Konten Kolaborasi

Lalu bagaimana caranya membuat konten kolaborasi bersama kompetitor? Tentu harus ada banyak pertimbangan sebelum dihasilkan konten kolaborasi ini. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa diikuti jika ingin membuat konten kolaborasi bersama kompetitor:

1. Tentukan Konsep yang Matang

Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin membuat proyek kolaborasi adalah menentukan konsep. Tentukan konsep yang matang dari proyek kolaborasi ini. Produk seperti apa yang ingin dihadirkan kepada konsumen. Layanan seperti apa yang ingin ditawarkan lewat proyek kolaborasi tersebut.

Konsep ini harus disetujui oleh dua pihak yang terlibat dalam kolaborasi. Keduanya harus sama-sama memikirkan konsep matang yang akan memberikan keuntungan seimbang.

Baca Juga:  Undang-Undang Mengenai Hak Kekayaan Intelektual

Baca juga: 7 Tips Jualan di Instagram Ampuh Untuk Pemula

Anda bisa mencari referensi konsep proyek kolaborasi dari pelaku usaha lainnya. Ada banyak sekali contoh proyek kolaborasi yang bisa dijadikan referensi. Lakukan modifikasi agar konsep kolaborasi Anda terlihat lebih kreatif.

2. Tonjolkan Nilai Masing-Masing

Dalam sebuah proyek kolaborasi, dua pihak harus sama-sama menonjol. Langkah kolaborasi ini tidak boleh hanya mengunggulkan satu pihak saja. Anda dan kompetitor yang diajak berkolaborasi harus sama-sama terlihat unggul dalam proyek tersebut. Hal ini dilakukan agar masyarakat tahu bahwa proyek tersebut dikerjakan bersama dan tidak menguntungkan satu pihak saja.

Menonjolkan keunggulan masing-masing dalam sebuah proyek kolaborasi tentu tidak mudah. Harus ada pemahaman mendalam dari setiap pihak mengenai poin apa yang ingin diunggulkan. Konten kolaborasi yang dibuat harus sejalan dengan konsep masing-masing bisnis sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.

3. Buat Tren Baru di Masyarakat

Langkah kolaborasi yang terjalin antara Anda dan kompetitor harus bisa menghasilkan sebuah tren baru di masyarakat. Jangan sampai kolaborasi ini berlalu begitu saja karena dirasa tidak ada efek yang positif dan tidak menghasilkan hype apapun.

Jika langkah kolaborasi menghasilkan suatu tren baru, maka masyarakat akan lebih mudah mengenal dan mengingat bisnis Anda. Misalnya, Anda berkolaborasi dengan tim kompetitor untuk menghasilkan sebuah produk baru.

Produk ini harus didesain sebaik mungkin sehingga akan disukai banyak orang dan menjadi tren. Setelah kolaborasi selesai, produk ini akan terus diingat oleh orang banyak.

4. Pastikan Menguntungkan Kedua Pihak

Anda harus bisa memastikan bahwa konten kolaborasi ini akan menguntungkan kedua pihak. Konten yang dihasilkan harus bisa membawa perubahan positif bagi Anda maupun kompetitor. Itulah mengapa sangat penting untuk memikirkan konsep konten yang tepat agar tidak merugikan siapapun.

Misalnya, dalam konten kolaborasi yang Anda buat cobalah untuk mengajak konsumen melakukan pembelian melalui website. Pembelian bisa dilakukan lewat website bisnis Anda maupun partner yang diajak berkolaborasi.

Nantinya konsumen yang melakukan pembelian bisa mendapatkan koin yang dapat ditukarkan dengan hadiah hasil kerja sama Anda dan partner kolaborasi.

Pembuatan konten kolaborasi mungkin tidak semudah teori yang dipaparkan di sini. Pilihlah partner kolaborasi yang tepat sehingga nantinya konten tersebut bisa menguntungkan semua pihak.

Kelola website bisnis sebaik mungkin dengan membeli domain murah yang tepat sebagai langkah awal untuk mengembangkan bisnis lewat aksi kolaborasi ini.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar