Beranda > Tekno > Teknologi Cloud Computing: Pengertian, Konsep dan Fungsi

Teknologi Cloud Computing: Pengertian, Konsep dan Fungsi

Melanjutkan artikel sebelumnya seputar perbedaan hosting, VPS, dedicated hosting, cloud server hingga membasah domain id termurah di Indonesia, supaya lebih lengkap kali ini saya akan membahas seputar teknologi cloud computing yang masih berhubungan dengan pembahasan sebelumnya.

Istilah cloud computing mungkin terdengar tidak asing lagi. Walaupun demikian, masih sedikit yang tahu apa pengertian cloud computing, konsep serta fungsi dari cloud computing ini. Mungkin banyak pertanyaan sebelumnya, apa yang dimaksud cloud computing dan apakah VPS murah di Indonesia juga termasuk kedalam cloud computing?

Cloud computing adalah teknologi komputasi yang harus mulai kamu manfaatkan dengan baik, tidak terbatas untuk penggunaan individu ataupun pengunaan di perusahaan kecil dan besar.

Nah, Kamu penasaran dengan apa itu cloud computing? Tertarik mengenal lebih dalam? Yuk mari kita kenali dulu pengertian, konsep dan fungsi dari cloud computing ini.

Pengertian Cloud Computing

Cloud computing merupakan sebuah konsep komputasi berbasis internet. Jadi, dengan cloud computing, Kamu bisa mengoperasikan komputer seperti menyimpan data, mengakses, mengelola, dan menggunakannya dengan mudah darimana saja dan kapan saja melalui jaringan internet.

Bedanya dengan komputer biasa yang berada dirumah kamu, cloud computing ini terletak pada datacenter yang dapat diremote dari jarak jauh melalui jaringan internet.

Beberapa contoh cloud computing yang umum digunakan saat ini diantaranya yaitu layanan penyimpanan online seperti iCloud, One Drive dan Google Drive. Kemudian layanan penyimpanan seperti shared hosting, dedicated hosting, dan VPS atau Virtual Private Server.

Tak hanya untuk penggunaan umum, komputasi cloud juga bisa digunakan secara khusus oleh perusahaan dan organisasi untuk kebutuhan internal. Misalnya, untuk menyimpan dan mengolah data perusahaan yang biasanya mengandalkan sebuah data center, baik dikelola sendiri atau menyewa dari layanan pihak ketiga.

Baca Juga:  Cara Memilih Kamera Untuk Pemula Yang Masih Awam

Kenapa Disebut Cloud Computing

Cloud Computing

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cloud computing merupakan sebuah teknologi komputasi yang dapat diakses melalui internet dimana saja. Secara bahasa Cloud Computing dapat diterjemahkan menjadi Komputasi Awan. ‘Komputasi’ diterjemahkan sebagai teknologi komputer, sedangkan ‘Awan’ merupakan ungkapan dari infrastruktur komputer berbasis internet yang saling terhubung.

Beberapa referensi juga menyebutkan, alasan penggunaan kata cloud atau awan karena informasi dapat diakses secara remote di “awan” atau ruangan virtual melalui berbagai perangkat yang bisa terhubung ke internet seperti komputer rumah, laptop, dan smartphone.

Pemanfaatan Cloud Computing

Teknologi internet dewasa ini semakin canggih, salahsatu hasil nyata perkembangan teknologi yaitu Cloud Computing yang memiliki berbagai pemanfaatan. Terlepas dari bermacam layanannya, cloud computing memberikan penggunanya serangkaian fungsi, diantaranya:

  • Sebagai layanan Email: Email Service
  • Penyimpanan, backup: iCloud, One Drive dan Google Drive
  • Database, Datawarehouse, Data Lake
  • Untuk membuat, mengetes dan mendeploy aplikasi
  • Untuk menganalisis data
  • Streaming audio dan video

Kelebihan Cloud Computing

Biaya lebih hemat dibandingkan on-premise server

Cloud computing dapat memangkas biaya infrastruktur komputer yang sangat mahal. Karena konsep dari cloud computing ini yaitu Pay-as-you-go yang berarti konsumen hanya membayar layanan atau resource yang digunakan saja. Selain itu, tidak perlu karyawan untuk maintenance perangkat keras, karena sudah disediakan oleh provider.

Memudahkan manajemen bisnis

Cloud computing menawarkan kemudahan manajemen bisnis, karena pengeluaran dapat diatur dan diklasifikasikan sesuai bidang melalui fitus subscription. Serta dengan Cloud computing memungkinkan kamu  untuk mengakses data atau aplikasi di mana dan kapan pun tanpa menghabiskan banyak waktu dan uang untuk instalasi.

Kecepatan load tinggi

Cloud computing bisa membuat Anda menerapkan layanan secepat mungkin hanya dalam beberapa klik. Penerapan yang cepat seperti ini memungkinkan Anda mendapatkan sumber daya yang diperlukan lebih cepat pula untuk sistem Anda hanya dalam beberapa menit.

Baca Juga:  Tips Merawat dengan Baik TV LED Agar Awet

Integrasi software otomatis

Pada teknologi cloud, integrasi software adalah sesuatu yang terjadi secara otomatis. Karena itu, kamu tidak perlu lagi effort tambahan untuk mengatur, menginstall dan mengintegrasi aplikasi karena semuanya sudah tersedia pada satu tempat.

Uptime, Reliability dan Availability

Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh teknologi cloud computing adalah Uptime, Reliability dan Availability. Uptime adalah istilah yang menunjukan keandalan suatu layanan yang berarti waktu rata-rata server tetap up dan berjalan, cloud computing ini bisa memiliki uptime hingga 99,99%. Sedangkan Reliability dan Availability menunjukkan bahwa layanan dapat diandalakan dan selalu tersedia dalam 27/7.

Scale dan Kapasitas penyimpanan tanpa batas

Salahsatu keunggulan Teknologi Cloud yaitu menawarkan kapasitas penyimpanan yang dapat dibilang hampir tanpa batas. Kamu bisa kapan pun menambah kapasitas yang kamu inginkan sesuai dengan kebutuhan dengan tambahan biaya yang sudah ditentukan, istilah penambahan kapasitas ataupun upgrade layanan ini biasa disebut dengan scaling.

Misalnya ketika pengguna website/aplikasi kamu mengalami peningkatan setiap bulannya, sedangkan resource komputer kamu sudah mendekati batas maksimal, maka kamu dapat dengan mudah melakukan scaling layanan baik itu disisi penyimpanan, prosessor, RAM ataupun mesin inti komputer (core) sesuai dengan kebutuhan.

Riswan

Seorang professional pada dunia digital, memiliki keahlian pada pengembangan teknologi. Aktif memagikan konten edukatif dan informatif pada bidang blockchain, website dan digital marketing.

Tinggalkan komentar